Marketplace dan Kreator NFT Indonesia

Tren NFT di Indonesia mulai meledak ketika Ghozali Everyday menghasilkan penjualan NFT ratusan juta.

Dari sini masyarakat berbondong-bondong untuk mengenal NFT dan mencoba peruntungan menjual karya miliknya di marketplace NFT.

Minat yang meningkat pesat ini membuat industri NFT Indonesia mulai bergeliat untuk membentuk ekosistem yang bisa menyediakan kebutuhan akan transaksi NFT ini.

Hal ini terlihat dengan kehadiran marketplace NFT asli Indonesia dan kreator dalam negeri yang meramaikan penjualan aset digital ini.

Marketplace NFT Indonesia

TokoMall

Pertama adalah TokoMall, marketplace NFT buatan bursa kripto Tokocrypto. Marketplace ini menyediakan dibangung di Binance Smart Chain dan menyediakan layanan minting, jual, dan beli NFT.

Platform memiliki misi untuk menjadi jembatan dunia digital dan dunia nyata, Tokomall pun terus menggencarkan promosi untuk mengenalkan platformnya.

Baru-baru ini tempat jual beli NFT ini pun meluncrukan AZNVerse yakni proyek NFT Collectibles yang diinisiasi oleh Tokocrypto dengan menghadirkan misi untuk mendorong budaya komunitas Asia dan menggunakan NFT sebagai perantaranya.

Baca juga: AZNVerse Luncurkan 10.000 Koleksi NFT Pertama dari Tokocrypto

Paras.id

Selanjutnya adalah Paras.id, platform ini menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai alat transaksi.

Sebagai marketplace NFT, Paras berhasil mendapatkan pendanaan awal hingga 7,18 miliar.

Beberapa investor terlibat adalah  Black Dragon Capital, Dragonfly Capital, Moonwhale Capital, Digital Renaissance, GFS Ventures, Global Coin Research, OKEx Blocdream Ventures, dan lain-lain.

Kolektibel

Mengikuti kesukses marketplace NFT NBA Top Shot, IBL atau liga baskes Indonesia pun tidak ingin ketinggalan. IBL meluncrukan platform jual beli NFT yang menghadirkan dokumentasi aksi-aksi terbaik pemain basket IBL selama menjalani kompetisi di musim 2021.

Setiap NFT memiliki keunikan dan karakteristiks sendiri yang membuatnya spesial dan bisa menjadi koleksi berharga bagi para fans berat IBL.

Enevti

Enevti adalah project NFT dari Indonesia, di pimpin oleh Aldo Suhartono Putra, sebagai CEO, serta Bayu Wahyuadi sebagai COO.

Proyek ini juga dengan bangga mengumumkan, menjadi salah satu dari dua startup seluruh dunia yang menerima pendanaan Lisk Grant Program untuk wave pertama.

Platform ini menyediakan NFT yang bisa ditebus dengan protokol pembiyaan kreator, dengan adanya Enevti fans bisa lebih dekat dengan kreator bahkan di dunia nyata sekali pun.

Baliola

Platform ini menyediakan NFT dari produk seniman Bali. Bailola ini didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar, nantinya platform ini tidak hanya dikhususkan untuk seniman saja tetapi semua orang bisa menggunakan layanan ini untuk mengenalkan karyanya.

Setelah mengetahui marketplace NFT Indonesia, kini tak ada salahnya kita juga berkenalan dengan kreator dalam negeri yang berhasil menjual aset digitalnya di marketplace NFT.

Kreator NFT Indonesia

Ghozali

Jika menyebut siapa kreator NFT Indonesia paling populer rasanya nama Ghozali tidak bisa dilewatkan dalam daftar.

Sebab, karyanya yang bertajuk Ghozali Everyday meledak di pasaran dan membuat namanya tenar hingga media internasional.

NFT Ghozali ini menampilkan foto dirinya dengan ekspresi wajah yang sama dan memasarkannya di marketplace OpenSea.

Karafuru

Selanjutnya adalah karafuru yang digagas oleh Museum of Toys dan seniman Indonesia Willy. Ia merupakan seniman ilustrasi yang populer di komunitas NFT. NFT Karafuru ini pernah terjual hingga 200 juta, NFT karafuru bisa ditemukan di marketplace OpenSea.

Danet

Septa Denata atau SDNT adalah kreator NFT Indonesia yang juga bekerja sebagai kepala tim kreatif di Dagelan.

SDNT berhasil menjual karyanya yang bertema reinkarnasi dan moksa di Holaplex, marketplace yang menggunakan blockchain Solana. Ia telah berkecimpung di NFT sejak November 2021, karyanya terjual seharga $586 atau Rp8,4 juta.

Baca juga: Creative Director Dagelan Raih Puluhan Juta dari Jual NFT

Syahrini

Ya, kamu tidak salah membacanya penyanyi Syahrini telah terjun ke dunia NFT setelah menjual 17.800 NFT yang masuk ke dalam koleksi berjudul Syahrini’s Metaverse. Ia menjual NFT yang menampilkan dirinya di Binance seharga 20 BNB peer NFT.

Baca juga: Topik Crypto dan NFT Naik 242% di Twitter

Denny Januar Ali

Penulis buku kenamaan Deny Janur Ali juga sempat maraimakan jagat NFT Indonesia. Ia menjual lukisan bertajuk “A Portrait of Denny JA – 40 Years in the World of Ideas” pada 16 April 2021 lalu.

Bukan hanya sekadar karya digital, lukisan ini dirancang oleh Galam Zulkfifli dengan 102 sampul buku karya Denny. NFT tersebut dijual di OpenSea dna berhasil dibeli oleh AlanLoe-JR dengan harga 27,5 WETH atau sekitar Rp 1 miliar.


Melihat berbagai marketplace dan kreator NFT asli Indonesia yang meramaikan industri karya digital ini bisa menjadi pertanda bahwa Indonesia memiliki masa depan industri besar di masa depan.

Namun, untuk mengetahui kesuksesannya tentu membutuhkan waktu dan dukungan dari berbagai pihak, baik dari segi akses informasim, teknologi, fasilitas, dan tentunya regulasi pemerintah.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin