Creative Director Dagelan Raih Puluhan Juta dari Jual NFT

Anisa Giovanny

27th January, 2022

Setelah Ghozali viral dengan penjualan NFT yang tembus ratusan juta rupiah, banyak orang yang berusaha mengikuti jejaknya dan berusaha kaya instan dengan NFT.

Namun pada praktiknya hal itu tidak mudah, dan kejadian seperti Ghozali belum tentu terjadi dua kali.

Setidaknya hal itu lah yang coba diingatkan oleh Septa Denata atau SDNT, creative director dari Dagelan yang berhasil menjual karya NFT melalui Holaplex, marketplace NFT yang menggunakan blockchain Solana.

SDNT, telah berkecimpung di dunia NFT sejak November tahun lalu dan sudah meluncurkan beberapa karya NFT yang memiliki berbagai tema di antaranya tentang reinkarnasi dan moksa.

NFT yang ia jual berhasil dibeli dengan harga sekitar $586 setara dengan Rp8,4 juta, nilai tersebut hampir dua kali lipat dari UMR Jakarta.

Ia juga berhasil menjual karya NFT nya yang berjudul 3 wise monke pada 26 Januari, dengan nilai 25,74 Sol atau $2.460 setara dengan Rp40,8 juta.

Berbeda dengan NFT yang sembarangan dibuat untuk untuk mengikuti trend semata, Danet menaruh perhatian lebih terhadap karyanya, utamanya soal emosi yang coba ia salurkan,

“ Saya membuat karya dari emosi, misalnya karya pertama tentang reinkarnasi dan inspirasi ini dari anak, Saya selalu ingin ada emosi yang terlihat dari gesture yang ada di gambar saya,” kata SDNT saat dihubungi Coinvestasi via media sosial beberapa waktu lalu.

NFT SDNT ini dibeli oleh akun bernama @n_y_p_a_m yang ia kenal melalui platform media sosial. Menurunya dengan semakin banyak koneksi, kemungkinan NFT terjual akan semakin besar.

“ Menurut saya koneksi itu penting dan kalau ada yang follow kita di media sosial ada baiknya disapa,” katanya.

Berencana Terbitkan Banyak NFT

SDNT pun berencana untuk lebih serius menekuni dunia NFT namun tetap melakukan pekerjaannya sehari-hari di Dagelan.

Berkecimpung di NFT juga memiliki keuntungan, salah satunya bisa dilakukan kapan saja dan bisa berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai belahan dunia.

“ Saya berencana akan konsisten menerbitan 15-20 art, setelah itu akan buat project yang ada konsep brandnya. Karena saya melihat koleksi atau collectable itu bisa reach out ke market lebih cepat, saat ini bangun reputasi, koneksi, dan branding,” jelasnya.

NFT pada akhirnya bisa menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan dan wadah untuk para seniman menjual serta mempromosikan karyanya.

Baca juga: Cara Membuat dan Menjual NFT di Opensea Paling Mudah dan Murah

Namun yang perlu jadi perhatian sama seperti proses mendapatkan uang lainnya, proses menjual NFT ini tidak instan, tetap dibutuhkan konsistensi dan promosi.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency