Enevti: Inovasi Redeemable NFT dan CreaFi Pertama di Dunia!

Anisa Giovanny

21st October, 2021

Tahun ini pasar Non-Fungible Token atau NFT meledak. Salah satu NFT yang berhasil terjual dengan harga mengesankan adalah gambar digital dari Beeple yang terjual dengan harga 69 Juta Dollar.

Selain itu, Cryptopunk dengan nomor #7804 juga terjual dengan harga 7.5 Juta Dollar. Banyak selebriti dan public figure yang mulai bereksperimen di NFT, misalnya  Luna Maya, Gary Vaynerchuck, dan lainnya.

Mayoritas penerapan NFT saat ini berfokus pada seni digital dan barang koleksi digital. Karakteristiknya yang otentik dan unik berhasil menyelesaikan sejumlah masalah pada dunia seni digital. Tapi apakah inovasi NFT berhenti sampai disini?

Sepertinya tidak, namun yang perlu menjadi perhatian adalah kepemilikan tanpa disertai utilitas nyata membuat NFT menjadi aset yang spekulatif, harganya sangat mahal walau berbentuk gambar online saja.  

Di masa depan dalam jangka panjang, NFT harus memberikan utilitas nyata yang memberi dampak besar untuk pemiliknya.

Untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut, hadirlah Enevti adalah Social Media berbasis NFT yang membantu fans mendapatkan hubungan otentik dengan idola favoritnya.

Enevti dibuat sebagai blockchain native, disertai token native, dengan tiga inovasi, di antaranya.

Redeemable NFT

Bayangkan NFT bisa di redeem! Enevti mewujudkan NFT yang lebih berharga dengan memberikan fungsi utilitas eksklusif bagi pemegangnya.

Misalnya, pemegang NFT bisa melakukan video call eksklusif, bisa mendapatkan hadiah eksklusif, sampai bisa mendapatkan layanan ekslusif dari creator NFT. Mulai sekarang, NFT bukan cuma sekedar Seni dan Koleksi!

Creator Finance

Bayangkan, nge-like konten bisa dapet cuan. Creator Finance adalah kombinasi dari DeFi, NFT, dan Creator Economy! Fans dapat mendukung kreatornya dengan cara melakukan ‘staking’, kemudian Fans akan mendapatkan rewards token serta mendapatkan pembagian royalty dari NFT kreator yang terjual.

Self-Sustaining Governance

Bayangkan, kamu bisa didanai untuk menginisiasi program komunitas! Enevti menerapkan mekanisme treasury yang uangnya datang dari ‘pajak’ block reward.

Token yang terkumpul akan disalurkan ke program komunitas dengan terlebih dahulu di voting oleh semua orang. Proyek ini menjunjung tinggi demokrasi komunitas creator, yang dilaksanakan dari komunitas, oleh komunitas, dan untuk komunitas Enevti itu sendiri.

Enevti adalah project NFT dari Indonesia, di pimpin oleh Aldo Suhartono Putra, sebagai CEO, serta Bayu Wahyuadi sebagai COO. Enevti juga didukung oleh Advisor kelas dunia dari berbagai latar belakang, diantaranya, Ardian Perdana Putra, Sekretaris Eksekutif MIKTI, Muhammad Faisal, Data Analyst di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Jurre Machielsen, Founder dari Moosty dan Lisk Center Utrecht.

Proyek ini juga dengan bangga mengumumkan, menjadi salah satu dari dua startup seluruh dunia yang menerima pendanaan Lisk Grant Program untuk wave pertama.

Program ini diselenggarakan oleh Lisk Foundation, untuk mengakselerasi pengembangan aplikasi blockchain yang inovatif dan solutif dari seluruh dunia.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency