Perbedaan Metaverse dan NFT yang Penting Dipahami

Metaverse dan NFT menjadi istilah dalam dunia teknologi yang ramai diperbincangkan karena dianggap memiliki potensi menjanjikan di masa depan.

Keduanya seringkali dianggap mirip dan saling terkait, karena dalam metaverse, NFT umum digunakan sebagai bentuk identitas dan alat transaksi. Meski memiliki keterkaitan, penting untuk memahami beberapa perbedaan mendasar antara NFT dan Metaverse. Berikut ini ulasannya. 

Pengertian NFT dan Metaverse

Non-Fungible Token (NFT) adalah aset digital berupa token yang tidak dapat dipertukarkan di dalam jaringan blockchain. NFT dapat barang-barang dunia nyata seperti karya seni dan real estat. NFT pada dasarnya adalah representasi aset pada jaringan blockchain.

Misalnya, kamu dapat membuat karya seni digital yang unik dan mengubahnya menjadi NFT. Karya seni akan tetap berada di jaringan blockchain dengan hak akses yang ditentukan oleh pemiliknya. 

Sementara, Metaverse dapat didefinisikan sebagai lingkungan digital simulasi yang menggunakan Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan blockchain, bersama dengan konsep dari media sosial, untuk menciptakan ruang bagi interaksi pengguna yang kaya yang meniru dunia nyata.  

Secara sederhana, metaverse adalah ruang digital berkemampuan 3D yang muncul yang menggunakan realitas virtual, realitas tertambah, dan teknologi internet dan semikonduktor canggih lainnya.

Baca juga: Apa itu Metaverse? Karakteristik, Cara Kerja, dan Mas Depannya

Keunikan NFT dan Metaverse

NFT sendiri unik karena sebagai sertifikat kepemilikan yang ada di blockchain. Mereka dibuat ketika file digital (biasanya gambar, video atau GIF) dicetak.

Ini berarti bahwa sertifikat kepemilikan dan orisinalitas dihasilkan melalui aset kripto (biasanya Ethereum) dan dijual/diberikan kepada pemilik baru.

Sementara, metaverse dapat meniru dunia nyata menjadi dunia virtual dengan menggunakan teknologi seperti virtual reality (VR), misalnya di dalam metaverse sesama pengguna dapat berinteraksi dan bertemu di dunia virtual meskipun tidak bertemu langsung. Bahkan, metaverse bisa menjadi sumber penghasilan.   

Kegunaan NFT dan Metaverse

Dari segi kegunaan keduanya memiliki perbedaan, di mana NFT berguna karena seni dan aset digital terkenal mudah dicuri dan disalin.

Meskipun NFT tidak dapat menghentikan seseorang untuk mencuri aset digital, NFT memberikan konfirmasi yang netral dan tidak memihak dari pemilik yang ditunjuk.

Jika kita pernah melihat NFT diintegrasikan ke dalam undang-undang hak cipta, mereka juga dapat berfungsi sebagai bukti terhadap penyalahgunaan barang digital.

Sementara, Metaverse dirancang untuk menjadi lingkungan paralel dengan kenyataan saat ini, di mana orang dapat berinteraksi, mengerjakan proyek, membuat jaringan bisnis, dan memperdagangkan barang.

Membangunnya berarti menciptakan ruang 3D bagi pengguna di mana mereka dapat menikmati permainan favorit mereka, bersosialisasi, memperdagangkan aset digital, dan mengunjungi agen real estat.

Baca juga: Yuk! Mengenal Apa itu NFT

Keuntungan NFT dan Metaverse

Menjadi versi digital dari aset langka, NFT membuka pintu bagi kolektor dan seniman untuk mencari penghasilan dengan menjual dan membeli atau bahkan memperdagangkan keuntungan seperti investasi kripto.

Keuntungan lain dari NFT sebagai aset digital mencakup biaya perawatan yang lebih sedikit dan keamanan aset yang lebih besar.

Hal ini memungkinkan investor dan kolektor untuk memperdagangkan NFT dengan biaya perolehan yang lebih rendah atau mungkin sepenuhnya merevolusi cara kami mengumpulkan koleksi langka di masa depan.

Sementara itu, keuntungan metaverse, dapat memungkinkan pengguna untuk membeli tanah, menyelenggarakan event langsung, bermain game, dan melakukan aktivitas di dalam dunia virtual, serta dapat menciptakan peluang kerja.

Baca juga: Cara Beli Tanah di Metaverse dalam 5 Langkah

Hubungan Metaverse dan NFT 

NFT berperan besar dalam kegunaan dan popularitas metaverse. NFT adalah jenis aset digital yang aman berdasarkan teknologi blockchain yang sama yang digunakan oleh cryptocurrency.

Alih-alih mata uang, NFT dapat mewakili karya seni, lagu, atau real estat digital. NFT memberi pemiliknya semacam akta digital atau bukti kepemilikan yang dapat dibeli atau dijual di metaverse.

Dengan demikian, memadukan NFT dan metaverse bersama-sama membuka kemungkinan dan peluang baru untuk pengembangan lebih lanjut dari konsep metaverse. Di satu sisi, NFT hanyalah komponen lain dari dunia metaverse. Namun di sisi lain, NFT dapat membawa konsep metaverse ke level selanjutnya.

Baca juga: 7 Perubahan Besar dari Adopsi Massal Metaverse

Pengaruh NFT di Metaverse

Berikut ini  hal yang membuat NFT membawa pengaruh di metaverse:

NFT dapat digunakan dalam game blockchain

Game metaverse seperti The Sandbox dan Axie Infinity bergantung pada blockchain untuk beroperasi. Game seperti yang disebutkan di atas sangat bergantung pada fakta bahwa NFT ada di blockchain untuk memberikan token dan hadiah kepada penggunanya. 

Bangun sosialisasi dalam metaverse 

Avatar NFT memainkan peran penting dalam identitas pengguna, pengalaman sosial, dan komunitas di metaverse. Avatar tersebut dapat mewakili diri nyata atau imajinasi pengguna.

Avatar NFT juga dapat digunakan sebagai kunci untuk memasuki lokasi berbeda dalam metaverse dan berfungsi sebagai token akses. Memiliki avatar NFT semacam itu dapat memberikan akses ke banyak sekali pengalaman eksklusif di metaverse dan bahkan di dunia fisik. 

Kepemilikan properti virtual

Dengan NFT, pengguna dapat mengklaim kepemilikan penuh atas rumah, tanah, dan ruang virtual mereka di metaverse. Berkat teknologi blockchain, pengguna dapat mencatat kepemilikan mereka atas suatu aset dan mengembangkan tanah mereka sesuai keinginan.

Ini termasuk menjual tanah untuk mendapatkan keuntungan, menyewakan tanah untuk pendapatan pasif, membangun toko online di tanah itu, dan bahkan menyewakan tanah untuk berbagai acara seperti pesta, konferensi, atau peluncuran produk. 

Bermain untuk mendapatkan penghasilan 

NFT dapat digunakan dalam game play-to-earn di metaverse. Pengguna dapat berinvestasi dalam game dengan menggunakan NFT untuk membeli tanah atau aset virtual. Aset di dunia virtual itu kemudian dapat diperdagangkan di berbagai platform pertukaran dan bisa digunakan untuk menghasilkan pendapatan pasif bagi pemiliknya. 

Membuat acara di dunia virtual

Acara yang diadakan di Metaverse seperti acara langsung atau acara musik online memanfaatkan NFT untuk memberikan tiket kepada penonton yang diinginkannya. 


Itu dia beberapa perbedaan mendasar soal NFT dan Metaverse, utamanya dalam hal pengertian, keunikan, keuntungan, dan kegunaan. Walau memiliki beberapa perbedaan, keduanya memiliki hubungan satu sama lain, di mana NFT menjadi cara cara untuk mewakili aset digital dan nyata dengan cara yang dapat mengubah ekonomi global dan pengalaman di metaverae.

Top exchange
Lihat semua

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin