Cara Beli Tanah di Metaverse dalam 5 Langkah

Tahun ini istilah populer yang turut meramaikan jagat crypto dan teknologi secara umum adalah metaverse. Nama metaverse merujuk kepada perpaduan dunia fisik dan virtual.

Pendukung metaverse berpendapat, bahwa masa depan seperti itu tidak dapat dihindari dan suatu hari manusia akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di sana.

Di dalam metaverse digambarkan, manusia bisa membangun kehidupan virtual mereka dari bekerja, bermain, hingga membangun hunian virtual.

Baca juga: Mengenal Metaverse dari Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Meski belum ada gambaran pasti bagaimana “bentuk” metaverse ini, namun aset-aset terkait metaverse sudah ramai dipromosikan dan terjual.

Salah satu komponen terkenal di metaverse adalah land atau tanah virtual. Beberapa platform yang menjual land di antaranya adalah Treeverse, Cryptovexeld, The Sandbox, Decentraland, Worldwide Web dan Somnium Space.

Harga land di metaverse ini pun bervariasi  misalnya di Sandbox , ukuran tanah terkecil dijual seharga 3,7 Ethereum , kurang lebih setara dengan  US$ 11.717 atau setara Rp 167,5 juta.

Kemudian di Decentraland dijual seharga 3,46 Ethereum atau sekitar US$ 10.957 setara Rp 156,6 juta.

Melihat harga land yang cukup mahal, bagi sebagian orang tentu berinvestasi di tanah virtual bisa jadi sama menguntungkannya dengan beli tanah di dunia nyata, dan karena ini teknologi baru masih sangat mungkin untuk berkembang dan membuat harganya naik bekali-kali lipat di masa depan.

Nah, apakah kamu tertarik beli tanah di metaverse?

Pilih platform metaverse

Langkah pertama adalah pilih properti metaverse mana yang akan dibeli.

Di artikel ini tanah yang akan dibeli berada di semesta The Sandbox, apabila kamu ingin melihat platform lainnya, kamu dapat memeriksanya di situs metaverse properties.

The Sandbox
The Sandbox

Siapkan Wallet

Langkah kedua untuk beli tanah di metaverse, adalah menyiapaka wallet, kamu bisa menggunakan metamask. Jika kamu belum memiliki metamasak, kamu dapat memasangnya terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Memasang MetaMask

Pastikan di wallet juga terdapat aset crypto yang cukup untuk membeli land di metaverse The Sandbox, umumnya menggunakan Sand atau ETH.

Masuk Ke Menu Map

Tampilan map di The Sandbox
Tampilan map di The Sandbox. Sumber: The Sandbox

Kamu bisa masuk ke menu map di situs, selanjutnya akan tersedia tampilan tanah yang tersedia untuk dibeli. Beberapa di antaranya bisa langsung dibeli di The Sandbox atau melalui OpenSea.

Hubungkan Wallet

Jika sudah memilih tanah yang akan dibeli, hubungkan wallet. Pada map The Sandbox, klik sign in di pojok kanan atas. Pastikan dompet juga disetel ke blockchain yang benar sebagai proyek, dalam hal ini, Ethereum.

Selanjutnya klik metamask, tampilan wallet tersebut akan muncul kemudian klik next dan connect. Sandbox sekarang akan meminta untuk menambahkan alamat email dan membuat nama panggilan. Klik next untuk menyelesaikan pengaturan akun.

Kamu juga dapat memberikan kata sandi secara sukarela jika ingin menggunakan editor SandBox. Terakhir, klik Sign pada signature MetaMask untuk melengkapi akun.  Setelah berhasil terhubung, tampilan saldo akun dan gambar profil akan muncul di sisi kanan situs.

Pilih Tanah

Setelah semua terhubung maka kamu bisa mulai membeli land di metaverse The Sandbox, di sini kamu bisa memfilternya sesuai dengan pilihan yang ada.

Setelah menemukan tanah yang ingin dibeli, kamu dapat mengklik tombol [Bid] untuk mengajukan penawaran atau membelinya dengan harga tetap dengan mengklik jumlah ETH. Mari kita lihat membuat penawaran dengan mengklik [Bid].

Mulai beli tanah di metaverse.
Mulai beli tanah di metaverse. Sumber: Binance Academy.

Kamu akan melihat pop-up yang memungkinkan untuk  membuat penawaran. Masukkan jumlah tawaran dan klik place bid.

Jika penjual menolaj tawaran atau penjualan berakhir, kripto akan dikembalikan ke dompet. Jika penjual menerima tawaran, selamat artinya kamu sudah berhasil beli land di metaverse.

Jika mengklik harga tetap, kamu akan dibawa ke OpenSea untuk menyelesaikan transaksi.

Di sini kamu harus menghubungkan dompet  lagi ke OpenSea pasar sebelum dapat membeli tanah. Ikuti instruksi selanjutnya di OpenSea agar proses beli tanah di metaverse bisa diproses.

Baca juga: Cara Membuat dan Menjual NFT di Opensea Paling Mudah dan Murah

Itu dia cara beli tanah di metaverse, ekosiste real estat di dunia digital telah menjadi populer. Cara membelinya pun relatif mudah dan praktis.

Sama seperti investasi lainnya, kamu harus melakukan riset lebih lanjut soal keuntungan dan risiko beli land di metaverse.

Selanjutnya pastikan kamu membeli di situs resmi dengan proyek yang memiliki visi, misi, dan tim yang berpengalaman.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin