Harga Tanah di Metaverse, Mana yang Paling Mahal?

Anisa Giovanny

17th April, 2022

Properti di metaverse terus menggeliat dengan berbagai harga yang ditawarkan, investor yang membeli properti di metaverse dianggap tidak jauh beda dengan di dunia nyata, harganya sama-sama mahal dan bisa jadi peluang investasi menjanjikan di masa depan. Salah satu properti yang laris di metaverse adalah tanah atau land.

Dilansir dari Forbes, harga land rata-rata bernilai $5.300, harga ini meningkat rata-rata $100 per tanah pada Januari 2021 menjadi $15.000 pada Desember 2021, setelah The Sandbox versi Alpha diluncurkan.

Rekor tanah termahal di metaverse dimiliki oleh perusahaan bernama Republic Realm yang mengembangkan real estate di metaverse dan telah membayar $4,3 juta (Rp 61,6 miliar) untuk tanah virtual di Sandbox, menjadikannya penjualan real-estate virtual terbesar yang telah dipublikasikan sejauh ini.

Selain di The Sandbox, masih ada beberapa proyek metaverse yang bisa kamu beli tanahnya.

Berikut ini adalah beberapa harga tanah di metaverse yang bisa kamu jadikan refrensi sebelum membeli land di dunia virtual tersebut, dikutip dari situs NFT NOW.

Treeverse

Ilustrasi game Treeverse

Biaya: 1,44 ETH (~$4.200) melalui koleksi Treeverse Plots

Treeverse adaalah proyek crypto yang mengusung konsep MMORPG, di mana pengguna dapat melakukan berbagai misi untuk mendapatkan keuntungan.

Treeverse dibagi menjadi beberapa koleksi NFT, salah satuny adalah Founders Plot yang mirip dengan land atau tanah. Di sana pemilik bisa membuat atau menyewakan rumah, dan hal menarik lainnya.

Cryptovexels

Cryptovexels

Biaya: 1,7 ETH (~$4,900) melalui koleksi Cryptovoxels

Cryptovoxels adalah dunia virtual yang terdiri dari “Origin City”. Di dalam kota tersebut terdapat jalan-jalan yang dimiliki oleh The Corporation dan persil yang dimiliki pengguna individu.

Land di Cryptovexels bisa disebut sebagaia parsel, dengan memliki parsel pengguna bisa menambah atau menghapus blok dan fitur.

Pemilik juga memiliki opsi untuk menjadikan “sandbox parcel”, yang membuatnya bebas untuk dibangun oleh siapa saja.

Worldwide Webb Land

Worldwide Webb Land

Biaya: 2,44 ETH (~$7,100) melalui koleksi Worldwide Webb Land

Worldwide Webb adalah game metaverse MMORPG pixel art yang dapat dioperasikan yang memberikan utilitas untuk proyek NFT populer. Gim ini menggunakan NFT untuk avatar dalam gim, hewan peliharaan, real estat virtual, item, dan pencarian.

Tanah virtual di Worldwide Webb adalah ruang yang dimiliki dan dikendalikan oleh pengguna dan dapat digunakan untuk menampung acara sosial, hewan peliharaan, avatar, dan permainan.

Mereka bahkan dapat memberdayakan pengguna untuk memasukkan kontrak pintar khusus dan menjual karya seni mereka sendiri.

Decentraland

Decentraland

Biaya: 4,6 ETH (~$13.500) melalui koleksi Decentraland

Decentraland adalah dunia virtual 3D di mana pengguna dapat menjelajahi ruang digital yang luas dan membeli sebidang tanah virtual.

Gim ini dapat diakses dengan atau tanpa dompet kripto, tetapi harus menggunakan perangkat yang sesuai untuk digunakan di dalam game.

Setelah tanah dimiliki, pengguna dapat mengembangkan tanah menggunakan Decentraland atau mengimpor model 3D dari perangkat lunak eksternal.

Baca juga: Apa itu Decentraland? Panduan untuk Pemula

Axie Infinity

Game axie infinity
Game axie infinity

Biaya: $5.499 – $466,142

Game NFT populer juga memiliki land yang bisa diperjual belikan. Land ini merupakan bagian dari semesta Axie. Gameplay tanah virtual ini dikenal  sebagai Lunacia. Lunacia terdiri dari banyak bidang tanah bernama Terra.

Diperkirakan Gameplay Land “Axie Infinity” akan dirilis pada paruh pertama tahun 2022. Namun, “Axie Infinity” menyatakan bahwa 25% dari Axie Land telah terjual.

Sisa Axie Land akan dijual ke publik setelah dirilis. Untuk memeriksa harga land Axie pemain bisa mengunjungi situs marketplace Axie dan pilih menu land.

Baca juga: Cara Memulai Game Axie Infinity Tanpa Modal Awal

Apakah Investasi Tanah di Metaverse Menguntungkan?

Tanah virtual masih termasuk baru dan terus dikembangkan. Layak atau tidaknya ia menjadi investasi akan terjawab dengan waktu dan seberapa jauh proyek tanah di metaverse yang dibeli melakukan perbaikan dari waktu ke waktu.

Perlu diingat juga, beli land di metaverse sama dengan investasi lainnya bisa memiliki keuntungan dan risikonya.

Karena itu sebelum memutuskan beli  tanah di dunia digital, kamu harus melakukan riset dan menggunakan manajemen risiko.

Jangan pernah berinvestasi lebih dari nilai yang mampu kamu hilangkan.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency