Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

10 Cara Menghasilkan Uang di Metaverse

Mungkin kamu pernah mendengar hal tentang metaverse? Sebuah istilah yang mengacu pada dunia virtual, semacam realitas dunia maya yang menggabungkan semua ruang digital menjadi satu tempat dimana pengguna dapat memperoleh aksesibilitas online dan melakukan aktivitas mereka. 

Di bawah teknologi metaverse, orang akan terhubung ke dunia digital lebih dari sekadar bermain video game atau menikmati hiburan.

Salah satu peluang yang hadir dalam metaverse adalah kemampuan pengguna untuk menjalankan berbagai aktivitas untuk menghasilkan uang di lingkungan digital yang disimulasikan seperti dunia fisik atau digital lainnya.

Dengan demikian, semakin banyak perusahaan dan individu yang berbondong-bondong ke ruang virtual baru ini, banyak permintaan yang meningkat untuk layanan di dalam metaverse. Berikut beberapa cara untuk menghasilkan uang dari metaverse. 

Bermain Game 

Bagi pecinta game, metaverse akan memberikan penggunanya kesempatan untuk mendapatkan hadiah crypto. Beberapa game memberikan peluang untuk mendapatkan cuan saat bermain.

Sederhananya pemain menghasilkan pendapatan dengan menjual NFT dalam game atau mendapatkan hadiah cryptocurrency, yang nantinya dapat ditukar ke dalam rupiah. Berbagai macam game seperti Crypto Dynasty, Crypto Kitties, Axie Infinity, dan lainnya.

Baca juga: My Neighbor Alice, Game NFT untuk Hasilkan Cuan

Menjual Karya Lewat NFT

Di metaverse kepemilikan aset digital ditandai oleh NFT, jika kamu  punya beberapa karya NFT di dunia virtual tersebut, kamu bisa coba menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. 

Pembayaran NFT biasanya dilakukan  dalam galeri virtual. Bedanya dijual secara virtual, bisnis NFT ini sangat menjanjikan, karena NFT harganya mahal apalagi jika NFT tersebut memiliki nilai seni yang tinggi dengan mata uang cryptocurrency, yang umumnya menggunakan Ethereum. 

Baca juga: Volume Beli NFT Axie Naik! Bagaimana Kabar Token AXS?

Jual Beli Tanah Virtual

Seperti membeli properti umumnya, dengan membeli tanah virtual dan kemudian menjualnya dengan untung. Dengan cara bekerja sama dengan penyedia tanah virtual untuk mempromosikan tanah tersebut di internet dan media sosial. Jika nanti tanah laku terjual, maka mendapatkan komisi atas transaksi tersebut. 

Mengadakan Konser dan Acara

Selain di dunia nyata, konser juga bisa diadakan di metaverse, sudah ada beberapa artis yang menyelenggarakan konser di sana. Misalnya saja Justin Bieber dan band asal Indonesia, Mocca.

Untuk menghadiri konser di metaverse, penonton juga membeli tiket yang berupa NFT, dari pembelian itu artis akan mendapatkan keuntungan. 

Layanan Tour Virtual

Berbagai peluang bisnis dapat terjadi di ruang virtual, seperti bisnis layanan tour untuk wisata di Metaverse. Kamu bisa menjadi tour guide dan mendapatkan imbalan dari tiket tur yang dibeli peserta dalam bentuk crypto atau NFT. 

Trading Token Metaverse

Jika kamu memilih untuk tidak mengambil risiko finansial dalam membeli properti virtual, tentu hal itu bukan jadi masalah. Dengan memperjualbelikan token yang digunakan oleh orang-orang dalam metaverse untuk melakukan transaksi digital. Token tersebut akan meningkat nilainya dari waktu ke waktu.

Baca juga: Pernikahan di Metaverse Jadi Trend Baru?

Arsitek dan Desainer 

Arsitek dapat membantu pemilik tanah dalam membangun struktur atau rancangan, membuat dan berkolaborasi dalam proyek maupun individu dari seluruh dunia. desainer juga memiliki peran penting dalam ekonomi digital yang akan datang. Arsitek juga dapat membangun aset digital seperti kota, bangunan, furniture, patung, awan titik, tekstur.

Pendidikan

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung transisi pendidikan yang memaksa sekolah ditutup dan jutaan siswa di seluruh dunia harus mengikuti kelas online, potensi sekolah virtual menjadi nyata. Dengan demikian, metaverse akan terus berkembang dan menjadi ruang yang efektif yang membuat penggunanya tertarik. 

Menjual Produk

Banyaknya produk yang mulai muncul di metaverse, yang dapat mengujinya di virtual. Dengan begitu banyak industri dan bisnis yang siap memasuki virtual, kemungkinan untuk bereksperimen dengan aset digital yang tidak terbatas.

Bekerja Secara Virtual

Agar terus berjalan metaverse,  berbagai macam pekerja virtual akan sangat dibutuhkan. Apa pun bidangnya, seperti desainer game 3d, product manager, Blockchain Engineer, NFT Strategist, dan sebagainya. Munculnya teknologi baru ini, pasti akan ada banyak lagi profesi dan tenaga kerja yang dibutuhkan.


Itu dia 10 cara mendaptkan uang di metaverse untuk bisa menambah penghasilan, namun perlu diingat pastikan untuk memahami risiko dan keuntungan yang ada di dunia virtual tersebut agar proses menghasilkan uang menjadi lebih aman dan nyaman.

Top exchange
Lihat semua

Nabila Putri

Nabiila Putri Caesari seorang penulis di berbagai macam topik sekaligus bercerita. Selalu antusias dengan hal baru dan senang belajar di bidang ekonomi.

Nabiila Putri Caesari seorang penulis di berbagai macam topik sekaligus bercerita. Selalu antusias dengan hal baru dan senang belajar di bidang ekonomi.

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin