Volume Beli NFT Axie Naik! Bagaimana Kabar Token AXS?

Naufal Muhammad

11th July, 2022

Ketertarikan terhadap permainan Axie Infinity terlihat mengalami peningkatan kembali setelah mengalami penurunan beberapa bulan terakhir. 

Peningkatan ini terlihat dari kenaikan dalam volume transaksi NFT Axie yang diperlukan untuk bermain Axie Infinity. 

Volume Beli Axie Meningkat 200% 

Dikabarkan bahwa peningkatan ketertarikan ini terlihat dari volume beli Axie yang mengalami peningkatan sebesar 205% dalam hanya tujuh hari terakhir. 

Data ini dipublikasi oleh Jeff Zirlin, salah satu pendiri dari Axie Infinity melalui Twitter pada 8 Juli 2022 dimana ia juga menyatakan bahwa proyeknya mulai pulih akibat ekosistem gamenya yang kembali bergerak normal.  

Menurut data dari CryptoSlam, Axie Infinity berhasil menghasilkan sekitar $1,3 Juta dari penjualan NFT Axie. 

Transaksi tersebut berasal dari 23.100 pembeli dan terjadi hanya dalam satu pekan terakhir, membuat peningkatan sebesar 205% sejak pekan terakhir dalam volume beli NFT. 

Kemungkinan besar salah satu penyebab yang membuat apresiasi ini terjadi adalah peluncuran fitur staking untuk NFT Land atau tanah virtual yang baru diluncurkan oleh Axie Infinity. 

Fitur staking ini membuat pemilik tanah dapat menghasilkan imbalan dalam bentuk token AXS. Hingga saat ini sekitar 91% dari pemilik tanah tersebut sudah melakukan staking yang mencerminkan antusiasme para pemain Axie Infinity. 

Axie Infinity juga baru saja meluncurkan pembaruan terhadap permainannya bernama Origin yang bertujuan untuk menghilangkan beberapa masalah teknis dari game. 

Hingga saat ini terdapat 600.000 pemain yang telah mendaftarkan diri pada versi pembaruan ini. Perlu diketahui bahwa versi Origin ini masih tersedia untuk pemain secara terbatas dan belum diluncurkan secara menyeluruh. 

Baca juga: Ronin Bridge Axie Infinity Dibuka Lagi, SKY Mavis Tetap Bayar Ganti Rugi 

Salah satu penyebab lain adalah Ronin Bridge yang kembali meluncur pada 28 Juni 2022 setelah mengalami peretasan sebesar $600 Juta pada Maret 2022. 

Ronin Bridge berguna untuk mempermudah transaksi pemain Axie Infinity, sehingga dengan dibukanya kembali aplikasi tersebut, maka pemain dapat transaksi dalam game secara lebih mudah. 

Volume Beli NFT Axie Naik! Bagaimana Kabar Token AXS?
Peringkat Volume Transaksi NFT dari Dappradar

Sayangnya walau mengalami apresiasi volume beli tersebut, dalam satu pekan terakhir, Axie Infinity masih menduduki peringkat 17 dalam peringkat jumlah volume beli NFT. 

Ikuti Event festival Industri Crypto terbesar di Asia

Bagaimana Nasib Token AXS?

Per 11 Juli 2022, sentimen positif ini belum berdampak pada harga AXS karena harga AXS masih terus bergerak turun. 

Kemungkinan besar kabar ini belum berpengaruh dan dirasa signifikan oleh mayoritas investor yang berkaca pada masa kejayaan Axie Infinity. 

Investor masih terlihat melakukan penjualan jika mengacu pada data Exchange Supply Ratio yang mengukur rasio antara jumlah AXS yang masih disimpan di wallet relatif terhadap jumlah persediaan AXS. 

Volume Beli NFT Axie Naik! Bagaimana Kabar Token AXS?
Data Exchange Supply Ratio AXS dari CryptoQuant

Dari data tersebut terlihat bahwa banyak yang melakukan penjualan AXS sehingga membuat harganya bergerak turun. 

Melihat pergerakan pada satu bulan terakhir, seperti tercermin pada gambar di atas, hingga saat ini belum ada yang melakukan pembelian signifikan kembali sejak 17 Juni 2022. 

Volume Beli NFT Axie Naik! Bagaimana Kabar Token AXS?
Data Netflow AXS dari CryptoQuant

Kabar baiknya, investor setia dari AXS masih terlihat menyimpan tokennya di cold wallet atau wallet di luar bursa. 

Pernyataan tersebut didasarkan oleh grafik di atas yang memperlihatkan data netflow atau inflow dikurangi outflow

Data tersebut menandakan bahwa saat ini lebih banyak investor yang mengirim AXS ke wallet pribadi di luar bursa untuk menyimpan atau outflow dibandingkan investor yang mengirimkan AXS ke bursa untuk dijual atau inflow. 

Sayangnya investor yang setia ini masih belum berhasil untuk membawa apresiasi harga karena mereka hanya menyimpan dan tidak membeli seperti yang terlihat pada Indikator RSI di bawah yang masih memperlihatkan investor relatif menjual. 

Volume Beli NFT Axie Naik! Bagaimana Kabar Token AXS?
Grafik Harian AXSUSD

Saat artikel ini dipublikasikan, kemungkinan besar AXS masih akan mengalami koreksi terutama dari sisi teknikal grafik harian yang memperlihatkan pergerakan keluar dari zona segitiga simetris. 

Kemungkinan besar AXS masih akan bertahan di batas bawah kuatnya pada $12.8 jika tidak ada volume beli yang bisa memulihkan harga AXS.

Kabar baiknya, Axie infinity masih akan terus berinovasi dengan membuat proyek besar berdasarkan pernyataan pada 9 Juli 2022 dimana tim menyatakan bahwa Axie Infinity akan sukses seperti Star Wars. 


*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.