Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Bearish dan Bullish Divergence, Dua Indikator Menguntungkan saat Trading

Indikator dalam dunia perdagangan aset keuangan atau trading adalah sebuah alat yang sangat dibutuhkan akibat dapat membantu mengambil keputusan.

Indikator tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan dan mengatur risiko untuk meminimalisir kerugian.

Walau banyak indikator yang ada di pasar keuangan, terutama di dunia crypto, indikator volume transaksi umumnya sering digunakan.

Hal ini disebabkan volume transaksi dapat memberikan arah yang cukup jelas terkait pergerakan harga.

Selain itu inidkator ini dapat memberi pertanda lain saat trading dengan cara pembacaan lain yaitu dengan mencari divergence.

Apa Itu Divergence?

Saat melakukan analisis terutama analisis teknikal di dunia trading, umumnya trader akan menggunakan grafik harga.

Selain grafik harga trader umumnya juga menggunakan indikator volume seperti Relative Strength Index atau RSI untuk melihat banyaknya transaksi jual atau beli.

Saat melihat indikator volume ini, umumnya terdapat sebuah divergence yang dapat digunakan untuk konfirmasi sebelum membuka posisi.

Divergence berarti perbedaan arah dan dalam dunia trading, divergence ini berarti perbedaan arah pergerakan antara harga dan indikator volume seperti RSI.

Perbedaan harga ini umumnya dijadikan konfirmasi sebelum harga mulai membentuk tren atau arah pergerakan baru.

Pertanda ini dapat digunakan dalam analisis aset keuangan apa pun, mulai dari emas, crypto, saham, hingga kontrak derivatif aset riil seperti minyak dan gandum.

Divergence memiliki beberapa jenis mulai dari yang menunjukkan potensi kenaikan harga dan penurunan harga dengan konfirmasi yang kuat dan yang lemah.

Jenis-Jenis Divergence

Umumnya divergence memiliki dua jenis yaitu Bullish Divergence dan Bearish Divergence yang memiliki dua informasi berbeda.

Bullish Divergence

Pertama adalah Bullish Divergence yang merupakan cara untuk mendapatkan konfirmasi untuk memprediksi perubahan tren atau pergerakan harga dari turun menjadi naik.

Indikator ini umumnya terjadi saat suatu harga sudah melewati tekanan jual yang cukup kuat atau saat sedang berada di batas bawah harga atau support.

Umumnya kondisi ini ditambah dengan volume jual yang mulai melemah serta beberapa sentimen positif dari sisi berita.

Umumnya indikator ini akan digunakan bersama dengan analisis dari indikator lain seperti indikator harga contohnya moving average.

Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk memasang posisi long atau beli saat ingin mencari keuntungan di pasar crypto atau aset keuangan lain.

Selain itu analisis ini juga dapat disandingkan dengan beberapa konfirmasi lain seperti pola candlestick yang positif.

Bearish Divergence

Kedua adalah Bearish Divergence yang merupakan pertanda yang memberikan informasi potensi perubahan arah tren dari pergerakan naik menjadi pergerakan turun.

Indikator ini umumnya akan memberikan informasi tersebut saat harga sedang berada di batas atas harga atau resistance.

Selain itu informasi ini kemungkinan besar akan muncul saat telah terjadi pergerakan naik yang cukup signifikan akibat adanya FOMO yang cukup besar.

Informasi ini umumnya dapat dimanfaatkan untuk mulai menjual atau memasang posisi short di pasar derivatif.

Namun di luar dua jenis tersebut hanya memberikan informasi mengenai arah. Divergence sendiri memiliki tiga jenis bentuk yang memberikan informasi berbeda.

Tiga jenis divergence ini adalah Hidden Divergence, Regular Divergence, dan Exaggerated Divergence yang berlaku untuk informasi bullish atau bearish.

Regular Divergence

Regular Bullish divergence adalah kondisi saat harga berada di daerah lower low dan indikator volume berada dalam posisi higher low.

Sedangkan untuk bearish divergence, kondisi tersebut terjadi saat harga pada grafik berada di daerah higher high dan indikator berada pada posisi lower high. 

Hidden Divergence

Hidden Bullish Divergence terjadi saat harga berada di daerah higher low dan indikator berada dalam posisi lower low.

Sedangkan untuk Hidden Bearish Divergence terjadi saat harga berada di posisi lower high dan indikator berada dalam posisi higher high. 

Exaggerated Divergence

Exaggerated Bullish Divergence adalah kondisi dimana harga sedang berada di posisi double bottom atau sejajar dengan harga terendah sebelumnya dan indikator sedang berada di higher low

Exaggerated Bearish Divergence adalah kondisi dimana harga sedang berada di posisi double top atau sejajar dengan harga tertinggi sebelumnya dan indikator sedang berada di lower high.

Kondisi tersebut juga dapat berlaku sebaliknya dimana yang membentuk lowe low high dan higher low adalah harga dan indikator membuat pergerakan sejajar atau rata.

Cara Memanfaatkan Divergence untuk Keuntungan

Untuk memanfaatkan divergence ini merupakan sebuah cara yang mudah dan hampir selalu tepat untuk memprediksi pergerakan selanjutnya.

Contohnya adalah pada Ethereum dan pergerakannya pada grafik mingguan terhadap harga Dolar Amerika.

Grafik Mingguan ETHUSD

Dapat dilihat bahwa Ethereum mengalami koreksi yang cukup signifikan setelah bergerak naik cukup signifikan di Tahun 2017.

Koreksi tersebut terjadi setelah adanya tanda Regular Bearish Divergence yang dibantu dengan konfirmasi dari pola candlestick Bearish Engulfing.

Bagi trader dan investor yang membuka posisi short, mereka telah mendapatkan keuntungan sebesar 70% hingga 90% dalam waktu beberapa bulan.

Namun contoh ini juga memperlihatkan bahwa divergence hanya dapat menjadi indikator untuk membantuk konfirmasi dan keputusan.

Divergence sendiri tidak dapat dijadikan acuan untuk menentukan target mengambil keuntungan atau memotong kerugian.

Jadi analisis dengan divergence perlu ditambah dengan indikator atau teknik analisis lainnya untuk melengkapi pandangan sebelum membuka posisi.

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin