Berita Altcoins · 6 min read

Ronin Bridge Axie Infinity Dibuka Lagi, SKY Mavis Tetap Bayar Ganti Rugi 

Ronin Bridge Axie Infinity

Ronin Bridge Axie Infinity telah aktif kembali untuk melakukan deposit dan penarikan, setelah terkena peretasan besar pada Maret 2022. 

Ronin bridge adalah sidechain Ethereum yang dibuat untuk Axie Infinity, dan memungkinkan pengguna untuk mentransfer aset antara sidechain dan mainnet Ethereum.

Sebelumnya jaringan ditutup karena pada 29 Maret, 173.600 Ether (ETH) dan 25,5 juta USD Coin (USDC) dengan nilai lebih dari $620 juta di curi oleh peretas.

Menurut pengumuman 28 Juni dari tim Sky Mavis, Ronin bridge kembali online setelah tiga audit (satu internal, dua eksternal), desain baru dan kompensasi penuh atas aset curian pengguna.

“Semua wETH dan USDC yang dimiliki oleh pengguna Ronin Network sekarang didukung penuh 1:1 oleh ETH dan USDC di Ethereum, seperti yang dijanjikan, “ tulis pengumuman dari Ronin.

Pembaruan dari Ronin Bridge

Sebagai bagian dari pembukaan bridge kembali, Sky Mavis telah memperbarui perangkat lunak smart contract untuk memungkinkan validator menetapkan batas penarikan harian, dengan jumlah awal ditetapkan sebesar $50 juta pada tahap ini. 

Penarikan juga dibuat menjadi tiga tingkat di mana tingkat 1 adalah untuk penarikan kurang dari $1 juta, dan membutuhkan 70% validator untuk ditandatangani validator dan tingkat 2 adalah untuk jumlah yang lebih besar dari $1 juta dan membutuhkan 90% dari tanda tangan validator.

Tingkat 3 adalah untuk penarikan lebih besar dari $10 juta dan memerlukan 90% persetujuan validator, sedikit biaya transaksi, dan proses peninjauan tujuh hari.

Kemudian pembaruan juga memberikan The Ronin Circuit Breaker System. Dengan sistem tersebut ada ambang batas penarikan di sepanjangan tiga tingkatan yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan validasi. 

Segera setelah itu, Aleksander Leonard Larsen, chief operating officer pengembang Sky Mavis, mengatakan kepada media bahwa mereka berkomitmen memberikan ganti rugi kepada pengguna Axie Infinity yang terkena dampak dengan kasus peretasan tersebut. 

Saat ini, total kewajiban ganti rugi untuk Sky Mavis dan Axie Infinity mencapai 117.600 ETH dan 25,5 juta USDC.  Secara total, Sky Mavis kini telah mengganti 117.600 ETH dan 25,5 juta USDC dengan menyediakan likuiditas ETH untuk mendukung ETH (wETH) pengguna di jaringan Ronin. 

Pada bulan April, sekitar 46.000 dari ETH tersebut telah dikompensasikan setelah Binance menyediakan bridge  untuk pertukarannya sehingga pengguna dapat menukar WETH dengan ETH. 

Likuiditas bersumber dari saldo Axie Infinity dan dana pendiri untuk mendukung langkah tersebut. Binance juga memimpin putaran pendanaan $150 juta untuk membantu Sky Mavis membayar pengguna Axie Infinity.

Kemudian untuk sisa 56.000 ETH yang harus dibayar adalah milik Axie DAO Treasury dan akan tetap tanpa jaminan karena Sky Mavis “bekerja dengan penegak hukum untuk memulihkan dana tersebut.”

Baca juga: Mengenal Smooth Love Potion (SLP), Token Pemain Axie Infinity

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Jelajahi Berita Lainnya

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.