Mengenal Smooth Love Potion (SLP), Token Pemain Axie Infinity

Axie Infinity merupakan salah satu permainan yang relatif ramai bersama kedua tokennya yaitu SLP dan AXS, sejak Tahun 2021.

Keramaian ini disebabkan oleh keuntungan yang diberikan dan kuatnya komunitas pemain.

Hingga saat ini, Axie Infinity masih memiliki kedudukan yang tinggi dalam volume transaksi yang terjadi dalam permainannya.

Pada 4 Maret 2022, volume transaksi pada permainan Axie Infinity telah mencapai $4,16 Miliar yang diwujudkan oleh 1,94 Juta pemain.

Walau sudah berdiri cukup lama, masih banyak yang belum mengetahui bahwa Axie Infinity adalah sebuah proyek dengan dua token yaitu Axie Infinity Shards (AXS) dan Smooth Love Potion (SLP).

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai salah satu token yang memiliki kegunaan tinggi dalam mekanisme permainan Axie Infinity yaitu Smooth Love Potion (SLP).

Mengenal Smooth Love Potion

Smooth Love Potion atau SLP adalah salah satu token yang ada pada ekosistem Axie Infinity yang berfungsi sebagai imbalan untuk para pemain.

Seperti yang sudah diketahui, dalam Axie Infinity, dengan bermain, pemain dapat menghasilkan uang secara nyata.

Baca juga: Mengenal Game Axie Infinity yang Mendatangkan Cuan

Uang tersebut diberikan dalam bentuk Smooth Love Potion yang kemudian dapat diubah oleh para pemain kepada uang fiat.

Token tersebut juga dapat digunakan untuk transaksi pada permainan Axie Infinity untuk mengembangbiakkan Axie yang dimiliki.

Smooth Love Potion sendiri dibangun pada Blockchain Ethereum yang membuatnya masuk ke dalam kategori Token ERC-20.

Sekarang token ini juga sudah tersedia untuk masuk ke Blockchain Solana melalui Wormhole atau jembatan dari Blockchain Solana ke Blockchain Ethereum.

Pendiri dari SLP sendiri murni langsung datang dari pencipta permainan Axie Infinity, yaitu Trung Nguyen.

Ia memiliki motivasi membuat Smooth Love Potion akibat merasa perlu adanya dua token yang terlibat dalam ekosistem Axie Infinity.

Hal ini untuk menjaga agar fungsi token tidak tercampur aduk antara governance dan untuk imbalan para pemain.

Baca juga: Cara Memulai Game Axie Infinity Tanpa Modal Awal

Selain itu, Trung Nguyen juga menyatakan bahwa token ini dibentuk untuk memudahkan pengguna yang telah paham permainan berbasis blockchain contohnya CryptoKitties.

Keunikan Smooth Love Potion

Keunikan dari Smooth Love Potion tidak jauh berbeda dengan token imbalan pada permainan berbasis blockchain lainnya yang ada saat ini.

Namun, keunikan yang paling terlihat dari token ini adalah ketangguhannya di beberapa bursa yang memperdagangkannya.

Token SLP sendiri adalah salah satu token game blockchain pertama yang terdaftar pada bursa besar seperti Binance.

Melihat banyaknya token imbalan yang sudah dihapus atau delisting dari bursa, SLP dapat dikatakan sebagai salah satu token imbalan yang kuat.

Selain itu, keunikan dari token ini adalah kegunaannya dimana pemain diberikan pilihan untuk menggunakan SLP tersebut.

Pilihan itu adalah untuk mencairkannya menjadi uang fiat atau menggunakannya untuk investasi kembali kepada pemain agar keuntungan lebih besar.

Maksud dari investasikan kembali adalah Smooth Love Potion dapat digunakan sebagai token untuk mengembangbikkan Axie monster yang dimiliki.

Jika belum mengetahui, Axie yang dimiliki pemain dapat dikembangbiakkan sebanyak tujuh kali sehingga dapat menghasilkan lebih banyak lagi tanpa membeli.

Namun pengembangbiakan tersebut membutuhkan SLP dimana biayanya terus meningkat tiap pengembangbiakan.

Tujuan dari pengembangbiakan ini juga bukan hanya untuk menguntungkan pemain, tapi untuk menguntungkan Axie Infinity.

Dengan semakin banyaknya Axie, pemain dapat menjual Axie yang tidak digunakan sehingga perputaran uang terus berjalan.

Selain itu, dengan adanya biaya pengembangbiakan Axie, persediaan SLP akan terus terjaga sehingga tidak terjadi inflasi berlebihan akibat terus berputar.

Jadi secara menyeluruh, Smooth Love Potion adalah token yang menjaga Axie Infinity secara tidak langsung, yang membuatnya unik dan berharga.

Inovasi Token dan Respon Komunitas SLP

Kabar baiknya untuk menjaga inflasi berlebihan, saat ini Smooth Love Potion akan memiliki sistem baru dimana akan ada mekanisme burn.

Mekanisme burn atau penghapusan token akan dilakukan terhadap 56% persediaan SLP yang ada saat ini.

Nampaknya langkah ini dilakukan akibat tim proyek yang melihat koreksi harga signifikan dari token ini dan mencari cara untuk menyelamatkannya.

Hal ini disebabkan dengan berkurangnya persediaan SLP melalui burn, maka token tersebut akan semakin langka.

Jika permintaannya naik tapi harganya semakin langka maka ada kemungkinan besar harganya juga akan naik.

Baca juga: Pasokan Token Smooth Love Potion Dikurangi, Harga SLP Naik 40%

Perubahan mekanisme ini juga akan membawa perubahan dalam sistem imbalan terhadap permainan Axie Infinity.

Dikabarkan bahwa imbalan berupa Smooth Love Potion akan dihapus dari beberapa fitur permainan seperti adventure dan daily quests.

Tapi untuk fitur Arena pemain masih bisa mendapatkan SLP seperti mekanisme permainan sebelumnya.

Kabarnya untuk tetap menjaga insentif bermain, imbalan tambahan akan diberikan kepada 300.000 pemain teratas setiap harinya dalam bentuk token AXS, token kedua dari ekosistem Axie Infinity.

Bersama kabar kelangkaan ini komunitas Axie Infinity nampaknya merespon positif dan token ini berhasil naik hingga 300% di Bulan Februari 2022.

Membedah Token SLP

Dari segi token economics, saat ini jumlah SLP berada di angka sekitar 5,13 Miliar. Jumlah ini berubah dengan cepat mengingat kegunaannya di Axie Infinity.

Jumlah ini akan terus bertambah akibat persediaannya dibentuk untuk terus tidak terbatats agar bisa mengakomodir para pemain.

Untuk alokasinya sendiri, hampir seluruh token tersedia di pasar dan tidak ada penguncian sehingga manipulasi oleh tim menjadi sangat kecil.

Secara keseluruhan token ini masih murni lebih baik digunakan untuk imbalan atau investasi kembali kepada permainan.

Hal ini disebabkan kegunaannya, dimana jika ingin mendukung proyek Axie Infinity, langkah yang lebih baik adalah investasi jangka panjang ke AXS.

AXS memiliki fungsi governance dimana pemilik dapat membantu memutuskan untuk menyetujui atau menolak pembaruan yang terjadi dalam permainan.

Namun untuk investor SLP sendiri ada kemungkinan dengan perubahan mekanisme, harganya akan terus naik dan kelangkaannya bisa terjaga.

Sehingga kesimpulannya Smooth Love Potion masih berada di kondisi high risk high reward atau memiliki potensi keuntungan dan risiko yang tinggi.

Cara Mendapatkan Token SLP

Terdapat tiga cara untuk memiliki Token SLP. Dua cara mewajibkan untuk memiliki modal tapi satu cara tidak membutuhkan modal.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Game Axie Infinity

Pertama adalah dengan bermain Axie Infinity di bagian Arena dimana imbalannya masih dalam bentuk SLP.

Perlu diingat bahwa untuk menjadi pemain, modal harus dikeluarkan untuk membeli tiga Axie sehingga perlu dipertimbangkan terkait modal dan cara bermain yang efektif.

Kedua adalah dengan melakukan staking AXS karena terdapat beberapa platform yang menyediakan staking AXS untuk mendapatkan SLP.

Perlu diketahui juga imbalan staking bergantung pada modal yang dikeluarkan sehingga semakin tinggi modal semakin tinggi imbalan.

Ketiga adalah dengan mengikuti acara, perlombaan, atau pembagian gratis dari beberapa platform terutama bursa yang membagikan SLP secara gratis.

Sering kali sebuah bursa membagikan SLP secara gratis untuk mempromosikan bursanya sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapat SLP oleh investor.

Ketiga cara tersebut dapat dilakukan namun cara termudah adalah membeli SLP di beberapa bursa karena saat ini sudah tersedia untuk diperdagangkan.

Secara keseluruhan dengan membaca artikel ini, investor dapat mengetahui apakah SLP menjadi investasi yang layak atau tidak sesuai preferensi masing-masing.

Top exchange
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin