7 Perubahan Besar dari Adopsi Massal Metaverse

Kontributor Coinvestasi

4th October, 2022

Metaverse sering dianggap sebagai perpanjangan dari teknologi internet, kehadirannya diprediksi bisa memberikan inovasi dan nuansa baru untuk merasakan kehidupan di dunia virtual semakin nyata.

Dunia virtual ini pun hingga sekarang masih terus dikembangkan untuk diwujudkan dan diadopsi secara massal, sejak November 2021 kurang lebih telah ada 500 perusahaan di seluruh dunia telah masuk ke metaverse seperti Google, Microsoft, Meta, dan lain sebagainya.

Ketika metaverse memasuki adopsi massal atau 50% penduduk dunia telah menggunakannya, diprediksi akan ada perubahan besar yang akan terjadi.  Menurut tim riset Meta Space dari Nusameta,  WIR Group akan ada 7 perubahan besar dari mass adoption metaverse. Apa saja itu? Simak artikel lengkapnya berikut ini.  

Kehidupan Kedua

Orang akan mempunyai kehidupan dan diri baru di metaverse. Kita akan dapat mengekspresikan apa yang sebelumnya sulit untuk diekspresikan.

Avatar atau digital self akan memiliki peran penting dalam membangun aktualisasi diri seseorang. Fenomena dimana kepribadian di kehidupan nyata dan kehidupan maya terhubung, disebut dengan proteus effect.

Baca juga: 5 Dampak Positif Metaverse yang Perlu Kamu Tahu!

Relasi Sosial

Avatar akan mewakili penampilan luar kita, sehingga kita akan memiliki standar baru dalam bersosialisasi sehingga orang akan memiliki standar baru dalam bersosialisasi. Selain dari dekorasi luar diri, dekorasi dalam diri akan menjadi aspek penting, yaitu nilai, hobi, hingga karakter seseorang.

Peluang Bisnis dan Karir Tanpa Batas

Berbagai peluang baru akan muncul, bisa dikatakan tanpa batas, karena akan ada penambahan nilai baru untuk setiap bisnis di metaverse, dan kebutuhan baru. Dalam waktu dekat, kita akan menemukan karir baru seperti meta arsitek, meta fashion designer, 3D asset consultant, hingga AI model dan celebrity.

Bekerja Dari Mana Saja

Ketika pandemi memperkenalkan kita dengan Work From Home (WFH) dan Work From Bali (WFB), melalui metaverse, adopsi dari Work From Anywhere (WFA) akan semakin luas dimana orang dapat bekerja dari mana saja dan menjadi kebutuhan dari generasi muda dalam beberapa tahun mendatang.

Ekonomi Baru

Sebuah ekonomi baru yang akan bermunculan hingga ekonomi yang terhubung antar ekosistem di dunia maya dan dunia nyata. Kita akan memanfaatkan aset digital yang terhubung dengan aset nyata yang kita miliki.

Baca juga: 5 Dampak Negatif Metaverse

Pengalaman Baru

Pengalaman baru di berbagai sektor dari properti, travel, edukasi, entertainment, fashion, hingga level negara. Bayangkan saja nantinya kita melakukan aktivitas seperti berkuliah di kampus metaverse, jalan-jalan dengan teman di mall metaverse, hingga mengunjungi negara lain dan berhubungan dengan orang di negara tersebut secara langsung melalui metaverse.

Kehidupan Campuran 

Metaverse akan menciptakan kehidupan campuran bagi manusia menuju ke frameless future melalui alat bantu seperti kacamata VR, kacamata AR hingga kontak lens AR. Secara perlahan kita akan meninggalkan perangkat bantu teknologi dan hidup berdampingan dengan teknologi tersebut. 

Itu adalah 7 perubahan besar yang dapat terjadi dari mass adoption metaverse. Kira-kira perubahan mana yang paling kamu nantikan?

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang di Metaverse

Tentang Kontributor

Joshua Budiman, Captain Meta Space at Nusameta & Nevers Studio

Joshua dikenal sebagai individu yang kreatif dan inovatif. Joshua telah membantu lebih dari 200 brand selama pengalaman kerjanya di brand consultancy dan bersama dengan WIR Group.

Joshua aktif sebagai kontributor di Greatmind, komunitas Web3, mentor bagi generasi muda, dan berbagi nilai hidup melalui Spotify Podcast: Untuk Apa Hidup Unscripted.

Kontributor Coinvestasi

Kontributor Coinvestasi adalah wadah bagi para pengamat hingga analis untuk memberikan edukasi dan informasi seputar crypto dan blockchain. Seluruh artikel kontributor yang tayang di Coinvestasi telah melalui kurasi dan proses seleksi oleh tim.

Kontributor Coinvestasi adalah wadah bagi para pengamat hingga analis untuk memberikan edukasi dan informasi seputar crypto dan blockchain. Seluruh artikel kontributor yang tayang di Coinvestasi telah melalui kurasi dan proses seleksi oleh tim.