5 Dampak Positif Metaverse yang Perlu Kamu Tahu!

Anisa Giovanny

1st May, 2022

Metaverse mengacu pada lingkungan virtual yang menggabungkan berbagai fungsi dan layanan internet, seperti bersosialisasi, bermain game, dan lain-lain.

Masih banyak perdebatan mengenai dampak metaverse kepada kehidupan, baik itu dampak positif atau negatif.

Di artikel ini akan diulas dampak positif metaverse yang bisa dinikmati umat manusia dalam kehidupan sehari-harinya.

Menghubungkan Dunia dan Meniadakan Jarak Fisik

Keuntungan paling menonjol dari metaverse adalah fakta bahwa itu sepenuhnya membuat hambatan geografis tidak relevan. Setelah kamu  berada di dunia maya, lokasi fisik  tidak penting lagi.

Metaverse akan bertindak sebagai ruang netral di mana setiap orang dapat bertemu secara setara sampai batas tertentu.

Selain itu, menemukan dan bertemu orang-orang dengan minat dan ide yang sama akan lebih mudah, otentik, dan memungkinkan penggunannya merasa lebih nyaman bertemu teman baru dengan avatar yang ditampilkan.

Produktivitas Bekerja

Ilustrasi metaverse. Sumber: techarena24

Selama pandemi hampir semua kegiatan berlangsung online, salah satunya dalam bekerja.

Tidak sedikit yang merasa bahwa bekerja secara online lebih produktif daripada datang langsung ke kantor.

Dengan metaverse, kegiatan bekerja bisa jadi lebih atraktif secara online dan meningkatkan produkvitas bagi pekerja yang memang cocok bekerja secara online.

Metaverse juga bisa jadi tempat belajar yang terasa nyata, karena berbagai hal terasa bisa disentuh dan dilihat dengan jelas.

Informasi yang disajikan pun akan lebih interaktif. Kita juga dapat memutuskan untuk bepergian ke mana saja dan kapan saja untuk mempelajari berbagai hal.

Baca juga: Mengenal Metaverse, Karakteristik, Cara Kerja, dan Ragam Kegiatannya

Peluang Bisnis Baru

Dengan cara yang mirip dengan bagaimana media sosial telah membantu menciptakan banyak peluang bisnis dan melahirkan bentuk pemasaran dan periklanan baru di platformnya, dampak positif metaverse kemungkinan akan memberikan peluang yang lebih besar lagi.

Peluang bisnis ini pun telah ditangkap oleh para perusahaan besar, seperti Samsung, Adidas, Nike, JPMorgan, hingga HSBC yang mulai masuk ke metaverse.

Perusahaan itu diketahui membeli lahan atau bekerja sama dengan perusahaan teknologi blockchain yang erat kaitannya dunia virtual ini.

Baca juga: Sukses Besar! Metaverse Samsung ‘My House’ Tembus 4 Juta Kunjungan

Adopsi Blockchain Semakin Luas

Dampak positif metaverse lainnya adalah meningkatkan kemampuan dan adopsi blockchain dalam skala yang lebih luas lagi.

Blockchain akan digunakan ke berbagai proyek metaverse karena sistemnya yang mampu menyimpan database terdistribusi dan terdesentralisasi.

Selain itu dalam dunia metaverse kita akan sangat akrab dengan NFT untuk menandakan kepemilikan, kemudian ada crypto yang dijadikan alat transaksi dalam metaverse.

Baca juga: Yuk! Mengenal Apa itu NFT

Sebagai ruang virtual, metaverse dapat memberikan dasar yang tepat untuk kemajuan inovatif dalam aplikasi blockchain.

Perkembangan Ekonomi Virtual

Ketika dunia virtual terus berkembang di metaverse, salah satu keuntungan metaverse yang menonjol adalah fokus pada penciptaan ekonomi virtual.

Ekonomi metaverse dapat berfungsi sebagai platform ideal untuk pertukaran aset digital dengan nilai ekonomi nyata.

Selain itu, metaverse juga memiliki kemampuan yang diinginkan untuk mendorong pengenalan aktivitas ekonomi yang baru dan membuka lapangan pekerjaan yang beragam di dunia virtual, yang hasilnya juga bisa digunakan di dunia nyata.

Baca juga: Ini 5 Pekerjaan di Metaverse Teratas


Itu dia lima dampak positif yang bisa dihadirkan metaverse. Berbagai dampak positif ini tentu masih perkiraan karena metaverse belum sepenuhnya beroperasi.

Seluruh hal-hal baik tersebut pun baru bisa terjadi ketika ada komitmen dan kerja sama yang kuat antara masyarakat, pembuat teknologi, dan pemerintah.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency