Apa itu Floor Price NFT? Panduan untuk Pemula

Setelah kemarin membahas mengenai whitelelist NFT, kini ada lagi istilah NFT yang perlu kamu ketahui, yakni floor Price NFT.

Apa itu dan bagaimana cara menentukan floor price yang tepat? Simak artikel berikut ini lebih lanjut.

Floor Price NFT adalah harga terendah NFT atau harga termurah untuk membeli NFT. Harga terendah ini ditentukan dalam proses transaksi NFT di platform marketplace. Di OpenSea floor price akan diperbarui sesuai dengan harga terendah terbaru yang didapatkan.

Manfaat Floor Price NFT

Bagi investor, floor price bisa menjadi acuan untuk mengeluarkan penawaran saat ingin membeli NFT.

Harga acuan ini juga bisa digunakan untuk melihat seberapa populer karya yang dibeli dan bisa membantu untuk memperkirakan potensi harganya di masa depan.

Selain floor price, sebagai investor masih ada metrik lain yang harus diperhatikan yakni volume perdagangan, jumlah item, dan pemiliki aset.

Baca juga: NFT Musik, Potensi Baru yang Bisa Dimanfaatkan Musisi

Cara Menentukan Floor Price

Permintaan menjadi salah satu faktor dalam menentuklan floor price, semakin banyak permintaan, maka floor price akan lebih cepat berubah dan semakin mahal dari harga sebelumnya.

Namun menentukan floor price bukan hanya dengan hukum permintaan dan penawaran saja, masih ada beberapa faktor lain yang digunakan untuk menentukan harga ini, yaitu:

Keunikan produk

Semakin unik sebuah proyek NFT maka harga floor price semakin tinggi. Keunikan merupakan hal yang sering diperhatikan para investor sebelum membeli NFT.

Kegunan NFT

Selain unik, kegunaan atau fungsi NFT juga menjadi faktor lain untuk menentukan harga NFT. Sebab, aset yang baik adalah aset yang memiliki manfaat dan keuntungan bagi pemilikinya.

Baca juga: Apa itu Utilitas dan Pentingnya untuk Aset Crypto

Contoh NFT dengan kegunaan adalah Bored Ape Yacth Club, setiap pemilik BAYC memiliki akses ke pesta kapal pesiar yang akan memperluas koneksi.

Popularitas Pencipta

Kreator NFT yang populer umumnya sudah memiliki penggemar lebih dulu, sehingga ketika ia menjual NFT penggemar itu akan bersikap loyal dan membeli NFT tersebut.

Mereka pun akan mempromosikan NFT itu agar semakin laku terjual dan mendorong floor price ke harga yang lebih tinggi dari awal penjualan.

Dibuat oleh Beragam Kreator

Kreator yang beragam akan menciptakan karya yang bisa jadi lebih variatif, selain itu bisa mendorong penggemar kreator tersebut untuk membeli NFT yang dirilis.

Mengejutkan Bagi Pasar NFT

Faktor kejutan juga bisa menjadi faktor untuk floor price NFT, semakin tak terduga perilisannya, penggemar akan semakin antusias dan segera membeli aset digital itu, yang pada akhirnya bisa mendorong harga floor price NFT.

Cara Mengubah Floor Price

Contoh floor price. Sumber: OpenSea.

Karena harga minimum NFT adalah cara umum untuk memperkirakan dan melacak nilai NFT, banyak kreator mencari cara untuk mengubah harga minimum NFT.

Pertama, cara menaikkan floor price. Kamu bisa menjual sendiri NFT ke wallet kamu sendiri dengan harga yang lebih tinggi, ini secara otomatis akan meningkatkan harga dasar NFT yang kamu pasarkan

Kedua, menurunkan harga dasar. Misalnya, kamu memiliki beberapa NFT bernilai tinggi tetapi kamu ingin memiliki NFT dalam jumlah banyak tetapi murah.

Baca juga: Cara Membuat dan Menjual NFT di Opensea

Maka kamu bisa menjual NFT yang lebih mahal dengan tujuan membuat para pemilik NFT sejenis FOMO dan ikut menjual asetnya. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga floor price yang rendah.

Cara ini sebetulnya bukan hal yang aneh dilakukan, tetapi jika terlalu sering ini akan terdeteksi sebagai manipulasi harga, dan efeknya tidak akan baik untuk popularitas akun atau karya NFT yang kamu terbitkan.

Cara Menghindari Manipulasi Floor Price

Floor price NFT ditentukan dari transaksi yang dilakukan, namun penentuan ini juga tak lepas dari manipulasi harga.

Sebab, bisa saja para pemilik NFT tersebut sengaja membentuk floor price tertentu dengan melakukan wash trading. Karena itu penting bagi investor untuk mengetahui cara menghindari manipulasi harga di harga terendah NFT ini.

Untuk menghindarinya, lihat floor price, kemudian lihat koleksi NFT yang ditawarkan dan lihat apakah harganya berada pada kisaran yang sama. Kamu juga perlu memeriksa volume yang diperdagangkan untuk melihat seberapa sering proyek NFT yang diberikan diperdagangkan.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin