Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

7 Tips Hindari FOMO, Musuh Besar Para Trader Crypto

Fear Of Missing Out (FOMO) adalah istilah yang umum digunakan di dunia cryptocurrency.

Istilah FOMO adalah ketakutan bahwa trader akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan kenaikan kritis dalam harga cryptocurrency. Dengan fluktuasi yang cukup besar dalam harga mata uang kripto, trader mungkin akan merasa terlambat dan ketinggalan informasi jika melihat indikator harga positif dari koin tertentu yang bergerak secara signifkan.

Akibatnya akan ada ketakutan bahwa harga akan terus naik dan memicu trader untuk menjual koin dengan harga lebih rendah untuk membeli koin yang sedang naik daun karena takut kehilangan keuntungan yang lebih besar. FOMO seringkali jadi faktor naik dan turunnya harga sebuah aset crypto.

Apakah FOMO bisa dihindari? Tentu saja bisa! Berikut adalah tips untuk menghindari FOMO agar kamu tidak terjebak dalam fluktuasi harga crypto.

Cara Hindari FOMO

Jangan Sering Buka Internet dan Market

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan atau mengurangi FOMO. Ketika kamu merasa mulai cemas dan gegabah mengambil tindakan karena serangkaian berita crypto di luar sana, ada baiknya kamu putuskan internet, tidak berselancar di dunia maya, jangan membuka media sosial dan jangan berfokus kepada market.

Coba alihkan fokus ke hal lain, misalnya olahraga, baca buku, menonton film dan sebagainya.  Mengalihkan fokus ini bisa membuat kondisi emosional dan rasa cemas mu mereda dari kepanikan dan ketakutan ketinggalan sesuatu.

Tidak Selamanya Kamu Untung

Perlu diingat dalam investasi apapun ada yang namanya untung dan rugi. Kamu tidak mungkin untuk terus atau sebaliknya. Jadi bersikaplah realistis dan menerima kerugian jika memang kamu salah dalam melakukan entri market yang sangat volatil. Cara untuk mengindari kerugian dan membuatmu tetap tenang dalam perdagangan adalah membuat strategi dan tetap berpegang pada hal tersebut.

Lihat Statistik untuk Mendapatkan Gambaran Nyata

Kisah BTC dan ETH membangkitkan imajinasi banyak pedagang dan investor yang tidak berpengalaman. Oleh karena itu, setiap koin yang memasarkan dirinya sendiri sebagai “Bitcoin baru” terlihat seperti peluang unik untuk menciptakan kekayaan.

Agar kamu tidak FOMO dan tergiur iming-iming “Bitcoin Baru” ada baiknya kamu lihat beberapa statistik untuk menyadari bahwa untuk di antara BTC atau ETH, ada ratusan shitcoin. Masing-masing berpura-pura menjadi revolusioner atau inovatif untuk menarik investor yang digerakkan oleh FOMO. 

Jangan Berpatokan Pada Intuisi

Banyak pemula cenderung mendengarkan nyali dan intuisi mereka dibandingkan dengan logika dalam hal menghasilkan uang. Jika kamu memiliki “perasaan” tentang beberapa koin, tahan keinginan untuk segera membelinya. Terkadang alam bawah sadar kita yang bermaksud baik  telah mengaburkan realitas kita dan memaksa kita untuk membuat keputusan yang buruk.

Baca Tentang Penipuan Berbasis FOMO

Salah satu jenis penipuan terkenal yang dimainkan di FOMO adalah skema pump-and-dump. Singkat cerita, kelompok di balik skema membuat harga beberapa shitcoin naik tajam. Ini menarik banyak pedagang FOMO yang percaya bahwa mereka telah melihat “hal besar berikutnya”. Ketika harga mencapai tanda tertentu, penipu menjual koin mereka dan mendapatkan banyak keuntungan, dengan mengorbankan pemain lain.

Sayangnya, penipu menggunakan banyak trik untuk menipu orang agar tidak mendapatkan uang. Dalam banyak kasus, mereka mengeksploitasi rasa takut ketinggalan untuk mencapai tujuan ini. Menyadari fakta ini membantu menghindari banyak perangkap tersebut.

Analisis Kesalahan yang Dibuat Karena FOMO

Setiap orang yang berdagang crypto memiliki riwayat kegagalan akibat FOMO. Karena itu ada baiknya kamu mengevaluasi kesalahan yang kamu lakukan karena FOMO. 

Kamu bisa melihat seberapa dana yang kamu hilangkan, apa tindakan yang kamu lakukan saat FOMO dan bisa kamu hindari atau lain sebagainya. Evaluasi menjadi bagian penting untuk memperbaiki kondisi emosi dan logika dalam menghadapi FOMO crypto yang sering terjadi.


Terakhir, FOMO bisa dihindari jika kamu memiliki pengetahuan yang memadai mengenai aset crypto, karena itu selain melakukan tips di atas sebaiknya kamu terus belajar mengenai dunia crypto yang senantiasa berubah dengan cepat.

Semoga 7 tips mengatasi FOMO ini bisa akan membantu kamu, ya.

Pertanyaan penting

Apa itu FOMO?

Singkatan dari Fear Of Missing Out yang berarti ketakutan bahwa trader akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan kenaikan kritis dalam harga cryptocurrency

Apa langkah pertama untuk mengantisipasi FOMO?

Jangan terlalu sering membuka internet dan berfokus kepada market

Apakah dalam investasi cryptocurrency kita akan selalu untung?

Tidak, karena market cryptocurrency yang volatil menyebabkan harga bisa naik dan turun dengan cepat

Apa yang harus dilakukan apabila sudah FOMO?

Analisis kesalahan, lihat statistik coin, dan jangan berpatokan terhadap intuisi

Apa hal paling penting dalam menghindari FOMO?

FOMO bisa dihindari jika kamu memiliki pengetahuan yang memadai mengenai aset crypto

Kosa Kata

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

3 minggu ago

Hash Rate