Whitelist NFT dan Cara Mendapatkannya

Ketenaran NFT saat ini memunculkan banyak istilah baru yang seringkali membuat bingung para pemula. Salah satu istilah populer dalam non fungible token adalahh whitelist NFT.

Apa itu dan bagaimana cara mengikutinya? Simak pejelasannya berikut ini.

Whitelist NFT

Istilah Whitelist atau daftar putih dikenal di dunia teknologi informasi dan keamanan siber, yang berarti daftar yang diizinkan atau aman.

Artinya alamat yang terdaftar di whitelist adalah alamat aman yang bisa mendapatkan akses tertentu dan dizinkan oleh penyedia whitelist.

Dalam dunia NFT, whitelist mengacu pada wallet address yang dizinkan untuk melakukan minting NFT saat NFT pertama kali diluncurkan.

Address yang masuk ke whitelist tergantung pada blockchain tempat proyek diluncurkan.

Karena saat ini banyak proyek NFT yang diluncurkan di Ethereum, maka address yang digunakan adalah alamat Ethereum yang kamu cantumkan.

Tidak semua orang bisa masuk whitelist, umumnya untuk masuk ke daftar putih ini pengguna harus mengikuti ketentuan yang diberikan proyek.

Manfaat Whitelist NFT

Hak Istimewa Komunitas

Apabila kamu masuk ke whitelist, artinya kamu akan mendapatkan hak istimewa yang menjamin pengguna untuk bisa minting NFT lebih awal.

Ini juga bisa menjadi bentuk penghargaan dari proyek NFT kepada para pendukung tahap awal proyek, karena mereka ini telah berjasa melakukan promosi ke audiens yang lebih luas.

Menghindari Gas War

Minting NFT menggunakan gas fee, ketika banyak orang yang mencetak NFT bersamaan akan menyebabkan penuhnya jaringan, membuat harga gas menjadi mahal, dan pasokan NFT terbatas. Situasi tersebut dikenal dengan nama gas war.

Dengan masuk ke daftar putih, kamu tidak perlu mengalami hal tersebut, biasanya proyek NFT akan memasukkan anggota whitelist untuk bisa minting NFT secara bertahap sebelum tanggal peluncuran resminya. Biasanya dengan jeda waktu 24-48 jam setelah tanggal yang ditentukan.

Baca juga: Apa itu Gas Fee NFT? Kegunaan dan Tarifnya

Cara Mendapatkan Whitelist NFT

Temukan proyek NFT

Kamu perlu menemukan proyek NFT yang belum diluncurkan, karena whitelist sering dibuka sebelum proyek resmi dirilis.

Untuk menemukannya, kamu bisa mencarinya di akun media sosial atau beberapa situs web, misalnya Rarity.

Bergabung di Komunitas

Pengguna NFT umumnya berkumpul di discord, karena itu setelah menemukan proyek pre launch ada baiknya kamu langsung bergabung di discord mereka. Sehingga kamu tidak akan tertinggal jika ada info baru terkait whitelist yang diincar.

Ikuti Instruksi

Untuk bisa mendapatkan whitelist, kamu harus mengikuti beberapa aturan yang diberikan. Aturannya sangat beragam tergantung dengan keputusan penyedia whitelist.

Kamu bisa saja diwajibkan untuk mengisi google form, mengajak teman, follow akun media sosial, dan lain sebagainya.

Setiap whitelist bisa memiliki aturan yang berbeda, pastikan kamu mengetahuinya dengan jelas dan melakukan riset lebih lanjut untuk menjalankan aturan yang diberikan.

Pastikan aturan yang dijalankan tidak akan merugikan, dan sebaiknya gunakan wallet terpisah untuk menghindari NFT scam.

Itu dia penjelasan tentang whitelist NFT dan cara mendapatkannya. Jangan lupa untuk riset secara detail tentang whitelist dari NFT yang kamu incar dan pahami risiko serta keuntungan yang didapatkan.

Baca juga: Ini Dia Cara Mendapatkan NFT Gratis!

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin