Berita Altcoins · 6 min read

Dijadikan Lelucon, WallStreetBets Jadi Peringkat Satu di CoinMarketCap

Koin baru secara mendadak muncul di peringkat teratas CoinMarketCap. Koin tersebut bernama WallStreetBets, tapi apakah sebenarnya r/wallstreetbets benar datang ke dunia crypto?

WallStreetBets Peringkat Pertama di CoinMarketCap

Pengaruh dari komunitas Reddit bernama WallStreetBets nampaknya telah menyebar ke pasar crypto dari sebelumnya hanya fokus ke pasar saham Amerika.

Asumsi ini dibentuk atas masuknya koin baru ke peringkat pertama CoinMarketCap pada Jumat, 29 Januari 2021, bernama WallStreetBets.

Realitanya, WallStreetBets tertulis sebagai peringkat 0 di CoinMarketCap namun berada di atas peringkat pertama yaitu Bitcoin. Koin ini nampak tertulis naik sekitar 134% dalam 24 Jam dengan volume perdagangan $100 Juta.

Tapi koin tersebut nampaknya hanya lelucon dari CoinMarketCap, akibat jika di telusuri, akan keluar tulisan di CoinMarketCap yang menyatakan kata-kata lelucon yaitu,

“All UR MeMes R belong to us and Charmander-marth!!11. We seek alpha and master beta. Please note that this is a joke and no such asset exists. If you see similarly-named projects, please perform the requisite due diligence and do not ape in.”

Perkataan tersebut adalah lelucon yang mereferensikan pernyataan Chamath Palihapitiya, CEO dari Social Capital, yang dalam lelucon tersebut dikatakan sebagai Charmander-Marth.

Baca juga: Kontroversi Robinhood Memanas, Bitcoin dan Altcoin pun Terkena Imbas!

Ia baru saja diwawancara oleh CNBC mengenai kesuksesannya melakukan trading dengan saham GameStop di masa dorongan beli dari r/wallstreetbets.

Selain itu, pernyataan tersebut adalah penegas bahwa penempatan WallStreetBets di situs CoinMarketCap hanya bagian dari lelucon dan tidak ada aset yang menggunakan nama tersebut.

Penjelasan Lengkap di Situs CoinMarketCap

Laman WallStreetBets di CoinMarketCap juga memberikan penjelasan mengenai dorongan beli terhadap saham GameStop yang terjadi secara rinci dari awal mulainya.

Dalam penjelasan tersebut, CoinMarketCap juga menjelaskan secara rinci mengenai strategi dan juga dampaknya terhadap Robinhood, aplikasi perdagangan saham di Amerika.

Robinhood baru saja melakukan suspensi atau pemberhentian terhadap perdagangan beberapa saham seperti GameStop, AMC, Nokia, dan Blackberry.

Hal ini disebabkan komunitas WallStreetBets telah berhasil mendorong harga beberapa saham ini naik secara signifikan dan kemudian diturunkan kembali sehingga terlihat jelas seperti manipulasi.

Nampaknya saat ini pengaruh tersebut terlihat mulai berpindah ke pasar crypto akibat beberapa aset yang mulai bergerak volatil secara drastis dan mendadak.

Salah satu koin yang terlihat bergerak volatil secara signifikan adalah DOGE yang sempat masuk ke peringkat 10 terbesar kapitalisasi pasar akibat apresiasi sekitar 570%. Dikabarkan bahwa pergerakan ini direncanakan oleh WallStreetBets.

Baca juga: Dogecoin Naik 90% Bersama Drama Saham GME

Aset lain yang terkena dampak nampaknya adalah XRP yang sempat mengalami apresiasi sekitar 200% sebelum jatuh sekitar 122%. Dikabarkan juga pergerakan ini terjadi akibat WallStreetBets.

Dampak dari pemberhentian di beberapa platform seperti Robinhood, Webull, dan beberapa platform utama lainnya terlihat telah mendorong perpindahan dari saham ke crypto ini.

Sehingga walau saat ini dinyatakan bahwa musim altcoins, trader dan investor harus tetap berhati-hati akibat mayoritas koin yang dapat dimanipulasi ini adalah altcoins akibat kapitalisasinya yang relatif lebih kecil.

Artikel selengkapnya dapat dibaca di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.