Berita Altcoins · 6 min read

Dogecoin Naik 90% Bersama Drama Saham GME

Drama antara WallStreetBets, Komunitas dari Reddit, dan beberapa perusahaan investasi dan hedge fund terlihat telah menyebar ke pasar crypto terutama DOGE.

Akibat dari kabar ini, salah satu koin di pasar crypto yaitu DOGE mengalami apresiasi sekitar 90% membentuk harga tertinggi barunya.

Baca juga: Gara-gara Video TikTok Viral, Dogecoin Naik 20%!

Koin dari Dogecoin ini terjadi akibat juga banyaknya sentimen positif seperti video yang tenar di TikTok dan Tweet dari Elon Musk yang nampaknya jika terjadi lagi akan terus mendorong DOGE naik lebih tinggi.

WallStreetBets dan GameStop

WallStreetBets telah terlihat di pasar beberapa hari terakhir ini akibat beberapa pihaknya yang mendorong harga saham GameStop (GME).

Kabar ini mengejutkan akibat sejak akhir 2013 hingga pertengahan 2020, saham ini telah bergerak turun bahkan hingga 93%.

Namun akibat dorongan dari beberapa pihak di komunitas ini, GME telah naik sekitar 880% dalam satu pekan terakhir.

Baca juga: Mendalami Hubungan Pasar Future dan Spot Bitcoin

Sayangnya mayoritas perusahaan investasi dan hedge fund seperti Melvin Capital telah memasang posisi short di pasar derivatif.

Akibatnya dorongan beli satu pekan terakhir ini membuat perusahaan-perusahaan tersebut kehilangan miliaran Dolar Amerika. Hal ini terjadi akibat apresiasi yang mencairkan posisi short atau jual mereka yang terlihat besar.

Di saat yang bersamaan, akun Twitter bernama “WSB Chairman” membuat cuitan bertanya “Apakah ada yang memiliki Bitcoin?”. Akibatnya banyak penggemar crypto yang menanggapi kasus ini dan mencoba menirunya.

SatoshiStreetBets dan DOGE

Menurut data dari pasar crypto, mayoritas altcoins mencoba meniru pergerakan dari saham GME. Namun DOGE menjadi satu koin yang naik secara signifikan dalam apresiasi ini.

Hasilnya, DOGE naik sekitar 88% dalam hanya 90 menit. Jika melihat pergerakan volumenya, kemungkinan besar terdapat beberapa pemain yang melihat keramaian di sekitar Dogecoin dan ikut membeli.

Penemuan yang menarik juga dilihat dari dua trader bernama RookieXBT dan Coinmamba yang mempublikasi posisi belinya sebelum lompatan harga ini terjadi.

Baca juga: 7 Tips Hindari FOMO, Musuh Besar Para Trader Crypto

Setelah publikasi pernyataan tersebut, ditemukan juga bahwa komunitas yang bersifat mirip dengan WallStreetBets bernama SatoshiStreetBets adalah salah satu alasan lompatan harga ini terjadi.

Dalam komunitas tersebut terjadi diskusi yang menggiring opini anggotanya untuk mendorong harga DOGE naik. Sehingga kemungkinan besar komunitas ini juga bertanggung jawab atas dorongan beli yang terjadi.  

Pergerakan ini nampaknya terjadi akibat sebuah komunitas yang meniru satu komunitas lainnya. Hal ini disebabkan yang SatoshiStreetBets lakukan pada DOGE adalah apa yang WallStreetBets lakukan pada GME.

Dogecoin Masih Memiliki Potensi Naik

Dengan Elon Musk yang nampaknya sudah ikut serta bahkan sebelum dorongan bersama SatoshiStreetBets dan WallStreetBets, kemungkinan potensi apresiasi masih ada.

Jika Elon Musk membuat ciutan baru mengenai apresiasi ini, kemungkinan besar DOGE dapat naik terus lebih tinggi dari harganya saat ini.

Jika cuitan ini benar dibuat, kemungkinan, koreksi akibat pengambilan keuntungan saat ini akan berhenti dan DOGE akan bergerak naik lebih tinggi.

Beberapa target yang perlu diperhatikan untuk DOGE berada di $0.0159 dan $0,0183 yang menurut AMBCrypto akan menjadi tujuan apresiasi selanjutnya jika cuitan Elon Musk terjadi.

Namun saat ini, jika $0,0118 berhasil ditembus, kemungkinan tujuan selanjutnya berada kembali di $0,0137 yang kemudian berpotensi naik menuju $0,016000.

Beberapa koin lain seperti Uniswap (UNI) dan Elrond (EGLD) juga terlihat masih memilliki potensi apresiasi yang kuat. Sehingga nampaknya sentimen di sekitar sektor DeFi terlihat masih kuat yang juga dapat mendorong DOGE naik.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.