Berita Altcoins · 8 min read

Mengenal Buff Doge Coin, Token Viral dengan Apresiasi 5000% dalam Sehari

Token viral berbasis kategori “meme” bernama Buff Doge Coin (DOGECOIN) mengalami apresiasi sekitar 5000% hanya dalam satu hari.

Token ini nampaknya mengalami ketenaran yang meningkat akibat komunitasnya yang kuat.

Walau kenaikan harganya menggiurkan, banyak investor dan trader yang FOMO dan tidak mengetahui apa sebenarnya kegunaan token tersebut.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa sebenarnya token ini dan mengapa harganya naik hingga 5000% dalam satu hari.

Mengenal Buff Doge Coin

Buff Doge Coin (DOGECOIN) merupakan salah satu crypto yang dibentuk dan dipublikasi pada Agustus 2021.

Token ini memiliki tujuan untuk menjadi token berbasis “meme” yang ingin menjadi versi yang lebih baik dari Dogecoin (DOGE).

Token ini bergerak pada Binance Smart Chain dan memiliki sifat deflasi akibat adanya mekanisme burn yang cukup tinggi.

Dikabarkan token burn akan dilakukan dengan jumlah dua kali lipat dari burn sebelumnya tanpa jadwal yang pasti.

Tapi terdapat tujuan akhir yang cukup tidak lazim dimana tim pencipta pada akhirnya akan menghapus 100% dari persediaan token.

Kemungkinan besar 100% yang dimaksud adalah token yang beredar. Sebab, jumlah beredar adalah 888 Triliun, tapi secara keseluruhan terdapat 1.000 Triliun persediaan.

Buff Doge Coin yang sudah dihilangkan atau mengalami burn saat ini berada pada sekitar 63 juta token.

Mekanisme burn terus dilakukan untuk membuat tokennya semakin langka dan mendorong harganya naik agar menguntungkan seluruh pihak.

Kegunaan dari token serta keuntungan token ini belum jelas, tapi terdapat tujuan yang cukup baik akibat adanya sisi donasi dari tim.

Tim dari token ini menyatakan salah satu tujuan dari token ini adalah untuk donasi melalui sebagian keuntungan tim.

Donasi ditujukan untuk perihal lingkungan dan binatang tepatnya kepada perawatan binatang yang ditelantarkan dan konservasi lingkungan.

Sebab, tim dari Buff Doge Coin percaya bahwa keuntungan tanpa memikirkan dunia dan sisi sosial adalah hal yang buruk sehingga dunia juga harus dijaga.

Kegunaan Tambahan

Walau masih terlihat sebagai token “meme” Buff Doge Coin memiliki tujuan tambahan dimana ia juga ingin menjadi alat tukar.

Dalam rencananya ke depan, ia ingin membuat bursa NFT sendiri yang nampaknya akan menggunakan Buff Doge Coin sebagai alat tukar.

Namun peluncuran bursa ini nampaknya masih akan terjadi dalam waktu yang cukup lama, sebab rencana ke depannya masih terlihat banyak.

Untuk saat ini Buff Doge Coin masih berada di fase kedua dimana fase pertama adalah perkenalan melalui media sosial.

Fase kedua ini adalah melantainya informasi terkait Buff Doge Coin di Coinmarketcap dan Coingecko serta memperkuat komunitasnya.

Untuk saat ini salah satu hal yang patut diapresiasi dari token ini adalah kekuatan komunitasnya yang terus berkembang dan berhasil meningkatkan ketertarikan.

Fase ketiga atau fase berikutnya adalah melantainya token ini di bursa-bursa yang lebih terkenal dan juga bursa tersentralisasi.

Baru di fase keempat nantinya Buff Doge Coin akan menerbitkan bursa NFT sendiri yang kemungkinan akan menggunakan tokennya sebagai alat tukar.

Fase terakhir adalah tahap pertumbuhan dan juga pemberian donasi kepada Tujuan awal yaitu penyelamatan lingkungan dan binatang.

Melihat rencana ini, banyak investor yang terus tertarik untuk menyimpan Buff Doge Coin yang dimilikinya. Namun pihak tim memberi insentif lain.

Insentif ini adalah mekanisme unik dimana setiap terjadinya transaksi Buff Doge Coin, 5% dari transaksi tersebut akan diberikan kepada investor atau holder tokennya.

Selain itu, 5% tambahan dari transaksi tersebut juga akan diambil untuk kegunaan likuiditas untuk menjaga volume transaksi.

Jadi setiap transaksi, 10% transaksi token ini akan diambil untuk dikembalikan pada investor atau holder dan juga untuk penguncian penjaga likuiditas.

Naik 5000% dalam Satu Hari

Pada 21 September 2021, ketenaran Buff Doge Coin ini mulai meningkat akibat adanya apresiasi yang signifikan sekitar 5000% hanya dalam satu hari.

Sebelumnya token ini juga sempat naik lebih tinggi, namun hal tersebut dianggap sebagai pergerakan buruk biasa oleh token “meme”.

Walau sebelumnya mayoritas pasar crypto meremehkannya, token ini membuktikan banyak pihak salah, akibat kenaikannya sekitar 5555%.

Setelah kenaikan tersebut token ini relatif koreksi dan bergerak sedikit di bawah harga tersebut, namun pada 10 Oktober 2021 hingga 11 Oktober 2021 harganya kembali naik.

Dikabarkan bahwa harganya naik sekitar 35% setelah adanya kabar kelanjutan dari fase kedua, yaitu melantainya informasi token ini di Coinmarketcap dan Coingecko.

Kabar ini berhasil mendorong harapan kembali kepada token ini yang juga membuat banyak investor FOMO mulai ramai membeli.

Melihat apresiasi ini perlu diingat bahwa FOMO akan sangat tinggi sehingga ada baiknya jika investor menganalisis secara pribadi sebelum membeli.

Sebab walau saat ini positif, ada kemungkinan koreksi yang cukup tinggi melihat harganya yang sudah naik cukup signifikan.

Secara keseluruhan walau sudah di audit oleh Dessert Finance, token ini memiliki kegunaan yang masih cukup kecil.

Sehingga masih terdapat potensi tertinggalnya token ini dibandingkan crypto-crypto lain yang lebih stabil, jika fokus untuk jangka panjang.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.