Vitalik Buterin Berpendapat Tentang Dogecoin, Terbuka Membantu Peningkatan Kualitasnya

Naufal Muhammad

9th June, 2021

Bos Ethereum, Vitalik Buterin, dikabarkan baru saja memberikan pandangannya terhadap Dogecoin (DOGE) setelah memberikan komentarnya kepada Elon Musk.

Sebelumnya, Buterin baru saja membuat komentar kepada rencana Elon Musk untuk memperbaiki sistem Blockchain Dogecoin.

Namun ternyata komentar tersebut masih ada tambahan yang membuat mayoritas pasar terkejut dan mulai  memandang Dogecoin berbeda.

Vitalik Buterin Beri Pandangan Terhadap Dogecoin

Buterin baru saja membuat komentar terhadap Dogecoin yang sekaligus juga memberikan pengalaman investasi terhadap crypto tersebut.

Sebelumnya ia baru saja membuat komentar terhadap pernyataan Elon Musk untuk memperbarui jaringan Dogecoin. Ia menyatakan,

Meningkatkan kualitas Dogecoin akan cukup sulit. Idealnya diperlukan kecepatan block yang naik 10 kali lipat, diperlukan peningkatan ukuran block 10 kali lipat, dan menurunkan biaya 100 kali lipat. Jika hanya meningkatkan parameter pada blokchain tersebut, maka kesulitan validasi pasti akan meningkat yang justru membuatnya tesentralisasi.”

Elon Musk nampaknya menganggap pernyataan tersebut sebagai kritik untuk merendahkan DOGE, namun Buterin memperjelas bahwa ia menyukai DOGE.

Dalam menyatakan dukungannya, ia menceritakan beberapa hal, pertama adalah ia bercerita bahwa ia pernah bertemu dengan anjing asli di balik logo DOGE.

Selain itu, ia juga menyatakan dukungannya melalui pernyataan bahwa konferensi developer atau DevCon Ethereum juga menerima DOGE sebagai alat pembayaran.

Buterin juga melanjutkan ceritanya dengan menyatakan bahwa ia pernah membeli DOGE dan masih memiliki beberapa yang belum ia jual.

Ia menceritakan bahwa di 2016 ia membeli DOGE senilai $25.000 atau Rp356,6 Juta dan mendapatkan keuntungan lebih dari $4 Juta atau Rp57,05 Miliar

Pada saat itu ia menyatakan bahwa pembelian dilakukan hanya untuk “senang-senang” dan “nekat” sebagai anak muda.

Ia juga menceritakan bahwa walau sebelumnya hanya berspekulasi tanpa awal yang baik, investasi tersebut menjadi salah satu investasi terbaiknya.

Terbuka untuk Memperbaiki Kualitas Blockchain DOGE

Dalam pernyataannya kepada publik, Buterin juga menjelaskan bahwa komentarnya terhadap Elon Musk hanya ingin membantu menggarisbawahi hal yang bisa dikembangkan.

Buterin juga menyatakan bahwa ia terbuka terhadap kesempatan untuk memperbaiki bahkan memperbarui jaringan Blockchain Dogecoin.

Selain itu, ia juga membuka kemungkinan untuk adanya integrasi antara Blockchain Dogecoin dengan Ethereum.

Jika benar terjadi, menurutnya hal tersebut akan terjadi setelah Ethereum pindah versi ke Ethereum 2.0, untuk memberikan efisiensi yang lebih tinggi.

Namun yang pasti jika hal tersebut terjadi, maka integrasi akan dilakukan melalui Wrapped DOGE akibat kedua pihak belum memiliki fitur operasional lintas blockchain. Ia menyatakan,

Saya rasa jika kita bisa mendapatkan jembatan yang aman antara DOGE dan Ethereum hal tersebut akan menggemparkan pasar. Jika masalah skalabilitas dari Ethereum sudah selesai, maka investor dapat menikmati perdagangan Wrapped DOGE di Blockchain Ethereum dengan biaya yang rendah serta kecepatan yang tinggi.”

Tapi, Buterin mengakui bahwa konsep tersebut masih perlu perencanaan yang cukup mendalam terutama dari sisi interoperabilitas.

Hal tersebut dipersulit dengan DOGE yang belum pindah dari sistem Proof of Work ke Proof of Stake seperti Ethereum.

Sehingga untuk saat ini nampaknya rencana tersebut masih cukup jauh dalam segi realisasi. Tapi dukungan Vitalik Buterin menjadi satu hal yang dapat mendorong sentimen positif terhadap DOGE.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.