The Fed Resmi Menaikkan Suku Bunga, Gimana Kondisi Crypto?

Rossetti Syarief

17th March, 2022

Bank sentral Amerika Serikat hari ini resmi menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2018. The Federal Reserve atau yang kerap dikenal The Fed, lembaga yang diberi mandat oleh Kongres untuk membantu menjaga stabilitas harga dan lapangan kerja maksimum, menetapkan kenaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Namun persentase yang dimuat hari ini belum bulat. Pemungutan suara terkini masih 8-1, dengan presiden Federal Reserve Bank of St. Louis mendukung kenaikan 50 basis poin.

Badan pengatur The Fed juga memperbarui proyeksinya untuk tingkat dana federal tahun ini, dari proyeksi Desember dengan persentase 0,9% menjadi 1,9%.

Sementara dalam konferensi pers setelah pengumuman tersebut, Ketua The Federal Reserve, Jerome Powell, mencatat bahwa Komite kemungkinan akan terus menaikkan suku bunga di pertemuan mendatang serta mengurangi aset di neraca dalam pertemuan mendatang.

Dia kembali menekankan bahwa, ekonomi yang kuat, dikombinasikan dengan pengangguran yang rendah dan inflasi yang meningkat, membuat kenaikan suku bunga federal fund adalah konsep yang sesuai.

Bagaimana Crypto Bereaksi Terhadap Keputusan The Fed?

Kapitalisasi pasar crypto secara total serta Bitcoin dan Ethereum, tetap mencatat kenaikkan ketika mengawali hari ini. Namun setelah keputusan The Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga dirilis, harganya mencatat sedikit penurunan.

Selain mengalami volatilitas mengikuti ekspektasi untuk The Federal Reserve yang cenderung pro pasar, implikasi dari perang Rusia-Ukraina juga berperan meningkatkan inflasi di Amerika Serikat dan mengotak-atik pergerakan harga.


Total kapitalisasi pasar crypto pada grafik harian | Source: TradingView.com

Meski begitu, para analis mengungkapkan selama sesi Fox Bussiness Live bahwa keputusan menaikkan suku bunga sebenarnya telah ketinggalan jaman dan langkah ini tidak akan mempengaruhi perekonomian.

Mereka menambahkan, The Federal Reserve justru memberi investor arah yang jelas untuk berinvestasi pada saham dengan tidak mengkhawatirkan ekonomi Amerika Serikat.

Demikian pula, kenaikan bunga secara ringan ini justru terlihat positif untuk Bitcoin dan akibatnya untuk aset kripto lainnya juga.

Baca Juga: The Fed Jabarkan Roadmap 2022, Tren Bitcoin Diprediksi Berubah!

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.