Presiden Rusia Nyatakan Perang Terhadap Ukraina, Bitcoin Ambles Hingga $35 Ribu

Rossetti Syarief

24th February, 2022

Harga Bitcoin alami penurunan tajam setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan secara terbuka bahwa Rusia akan melakukan operasi militer khusus untuk menyelesaikan demiliterisasi di Ukraina.

Menurut laporan terakhir, pihak Rusia telah melakukan ledakan di beberapa kota Ukraina, dan tembakan di dekat bandara utama Boryspil di ibukota Kyiv.

Rusia Nyatakan Perang Beri Dampak Buruk di Sektor Ekonomi

Menurut data yang dilansir dari CoinMarketCap, total kapitalisasi pasar cryptocurrency telah kehilangan sekitar 5% dalam 24 jam terakhir, menjadikannya bernilai $1,6 triliun.

Banyak dari kerugian itu datang segera setelah invasi. Dalam waktu kurang dari setengah jam, Bitcoin anjlok dari $37.000 menjadi $35.500 pada saat penulisan.

Bitcoin Ambles Karena Rusia Nyatakan Perang Terhadap Ukraina
Bitcoin Ambles Karena Rusia Nyatakan Perang Terhadap Ukraina

Karena hal tersebut, bukan hanya pasar crypto yang alami penurunan harga, pasar saham Amerika Serikat juga terus berlanjut ke wilayah koreksi hari ini, dengan Dow Jones Industrial Average turun 1,38%.

Pasar Asia yang dibuka selama pengumuman Putin juga bereaksi penurunan. Nikkei catat penurunan 1%, dan Indeks Hang Seng China diperdagangkan 2% lebih rendah dari sebelumnya.

Ekonom Jason Furman, mantan penasihat Presiden Barack Obama menasehati, “Rusia sangat tidak penting dalam ekonomi global kecuali minyak dan gas. Ini pada dasarnya adalah sebuah pompa bensin besar.

Dengan rantai pasokan yang sudah menipis dan inflasi yang meningkat secara global, kekurangan energi yang bisa terjadi karena perang ini, hanya akan menambah kekhawatiran bisnis dan konsumen.

Meskipun Bitcoin sering disebut-sebut sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan kepastian ekonomi, namun aset crypto masih termasuk aset yang berisiko dan bukan pilihan utama ketika kondisi geopolitik global memanas.

Mayoritas masyarakat masih lebih memilih emas yang telah terbukti ketahanannya menghadapi perkembangan zaman. Harga emas pun tercatat naik saat ini.

Di kondisi ini akan banyak terjadi FUD, sehingga investor diharapkan untuk tetap tenang dan menyusun manajemen risiko yang tepat.

Baca Juga: Apa itu FUD dan Cara Menghindarinya

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.