Pemerintah Ancam Bekukan Uang di Bank, Warga Kanada Beralih ke Bitcoin

Rossetti Syarief

21st February, 2022

Beberapa waktu lalu, warga Kanada melakukan aksi protes yang dimulai sebagai penentangan terhadap mandat vaksin bagi pengemudi truk yang memasuki Kanada.

Aksi ini pun telah menyebar dan berubah menjadi gerakan pembatasan anti-COVID yang lebih besar.

Protes ini membuat pemerintah Kanada meradang, Perdana Menteri, Justin Trudeu dan parlemen negara pun ambil sikap dan akan membekukan rekening bank bagi warga yang terlibat aksi protes.

Mengetahui ancaman tersebut warga Kanada pun menarik uang dalam jumlah banyak untuk menghindari kesulitan apabila akun mereka dibekukan.

Baca juga: Deputi Bank Sentral Kanada: Bull Bitcoin Hanya Spekulasi

Penarikan uang tersebut pun tak lepas dari pengamatan James Melville, seorang jurnalis ekonomi asal Inggris.

Pada cuitannya di Twitter, ia memposting grafik yang menunjukkan penarikan uang secara masif dari bank-bank Kanada.

Warga Kanada Beralih ke Bitcoin

Kanada memiliki ekonomi yang umumnya solid, dengan populasi yang tidak perlu menggunakan cryptocurrency untuk melindungi inflasi, seperti di Amerika Latin

Namun, dalam menghadapi blokade keuangan individu belakangan ini, banyak warga negara di benua Amerika itu menukar uang mereka menjadi Bitcoin, sebagai bentuk perlindungan.

Dengan kejadian ini, artinya Bitcoin pun menunjukan keunggulannya sebagai aset yang tidak dapat disita, karena pemerintah tidak memiliki andil terhadap kepemilikan aset ini.

Karena desain dan operasinya, Bitcoin dijadikan sebagai alat keuangan yang kuat dari kedaulatan ekonomi individu yang sebenarnya. Di mana tidak ada pemerintah, perusahaan, atau lembaga yang dapat mengontrol atau memusatkan operasinya.

Baca juga: Inflasi Tak Bisa Dihindari, Miliarder Beralih ke Bitcoin

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.