Berita Bitcoin · 8 min read

El Salvador Serok Bitcoin, Harga Diprediksi Naik

El Salvador telah membeli 21 Bitcoin untuk menandai acara khusus abad ke-21. Pernyataan tersebut diumumkan langsung oleh Nayib Bukele selaku presiden negara setempat pada hari ini.

Aksi serok Bitcoin tersebut tidak dilakukan tanpa sebab. Itu merupakan sebuah simbolis yang negara lakukan untuk menandai hari ke-21 di tahun ke-21 di abad ke-21.

Namun untuk aksi beli semacam ini, El Salvador telah melakukannya beberapa kali di masa lalu. 21 Bitcoin yang kurang lebih bernilai $1 juta itu, hanyalah ukuran kecil untuk pemerintah setempat. 

Pada Oktober lalu, El Salvador bahkan pernah membeli 420 BTC ketika market sedang koreksi. Harga Bitcoin pun berdampak naik secara beransur setelah aksinya.

Lantas, akankah 21 Bitcoin yang mereka beli juga berdampak pada kenaikan harga pasar?

Dampak dari El Salvador Serok Bitcoin

Pembelian 21 Bitcoin kemarin, sebenarnya tidak terlalu menambah jumlah yang signifikan ke pundi-pundi negara. 

Namun, itu berhasil menunjukkan seberapa besar dedikasi pemerintahan setempat, terutama Presiden Bukele yang telah menerima pujian sekaligus kritik setelah keputusan kontroversinya mengizinkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Sementara untuk aksi serok Bitcoin yang kerap kali dilakukan El Salvador, ternyata telah meningkatkan volume adopsi dari aset raksasa crypto tersebut dan berhasil mendorong harganya.

El Salvador kini mulai memperluas jangkauannya dengan mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan infrastruktur disana.

Seperti yang diketahui sebelumnya, El Salvador telah memiliki lebih dari 200 ATM Bitcoin yang beroperasi secara aktif dan dalam waktu dekat berniat untuk menambah jumah tersebut.

Selain itu, ada juga dompet Chivo yang telah melampaui dua juta pengguna terhitung hingga bulan ini.

Terlepas dari protes besar terhadap implementasi Bitcoin dan masalah teknologi yang dihadapi oleh dompet Chivo, para pendukung crypto berpendapat bahwa eksperimen besar di negara tersebut bisa menjadi gambaran dunia di masa depan.

Baca Juga: Rekomendasi Mining Bitcoin Ala Presiden El Salvador

Pada tahun 2022, El Salvador akan menerbitkan obligasi yang didukung Bitcoin senilai $ 1 miliar dalam kemitraan dengan Blockstream.

Para kritikus kemudian mengaitkan langkah itu dengan ketidakmampuan pemerintah untuk mendapatkan pinjaman dana sebesar $1,3 miliar dari International Monetary Fund (IMF).

IMF sendiri secara terbuka telah terkenal skeptis terhadap taruhan Bitcoin yang berani di negara tropis itu.

Analis berpendapat bahwa obligasi Bitcoin dapat mempersulit negara-negara lain untuk mengamankan uang dari intuisi tradisional karena kelayakan kredit yang rendah. Namun pernyataan tersebut masih sebuah rencana.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.