Bitcoin Koreksi Lagi Saat Ethereum Pemulihan Harga, Ini Kata Analis!

Rossetti Syarief

6th December, 2021

Minggu lalu, Bitcoin dominance hampir menyentuh level terendah sepanjang masa dan turun menjadi 38,32%, diikuti dengan harga Ethereum yang alami pemulihan.

TradingView kemudian mencatat Bitcoin dominance alami sedikit peningkatkan dan menempatkanya di persentase 41% terhitung sejak Sabtu.

Sementara 5 Desember kemarin, Bitcoin mulai menunjukan perbaikan harga dengan mendekati $50.000. Dan hari ini, harga Bitcoin berada dalam kisaran $49.777.

Namun, pergerakan raja aset crypto tersebut masih terlihat stagnan dan dalam proses konsolidasi.

BTC/USD 1-hour candle chart (Bitstamp)

Pada saat penulisan, seluruh kapitalisasi pasar crypto mencapai $2,4 triliun, sementara kapitalisasi pasar Bitcoin hanya $924 miliar. Padahal bulan lalu, jumlahnya lebih dari $1 triliun.

Kata Analis Soal Koreksi Harga

Analis Rekt Capital telah mengamati indikator EMA (Exponential Moving Average) dengan periode 200.

Ia kemudian mengungkapkan jika Bitcoin mencoba bertahan di garis support sejak Agustus, namun hal ini nampaknya sulit dilakukan karena Bitcoin alami koreksi berangsur, dan puncak koreksi terjadi di awal Desember ini.

Akhir September, ketika Bitcoin diperdagangkan pada level rendah $42.000, Rekt Capital mencatat bahwa tingkat ‘keparahan’ penurunan harga saat ini masih bisa membuat investor bernafas, dibandingkan dengan yang sebelumnya.

“Investor sepertinya selamat dari -84,5% BTC Bear Market. Dan juga selamat dari -63% BTC crash pada Maret 2020. Serta selamat dari -53% BTC crash pada Mei 2021. Kemungkinan, Anda juga akan selamat dari crash ini,”  Ungkapnya.

Baca Juga: Bitcoin Gagal Penuhi Target Akhir Tahun? Ini Jawaban Analis

Faktor Koreksi Harga

Aksi jual sebenarnya telah dipengaruhi dari banyak faktor, namun faktor utamanya adalah The Fed yang mempercepat tapering dan mengakibatkan kekhawatiran investor, serta FOMO atas tren ‘token COVID-19’ bernama Omicron.

Sementara Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan tersebut memang alami kemerosotan dalam beberapa hari terakhir, namun hanya dari segi harga. 

Sedangkan persentase Ethereum dominance membaik dan alami pemulihan karena banyak investor yang menjual Bitcoin mereka. Angka terbaru dari CoinGecko menunjukkan Ethereum dominance adalah 20% pada saat penulisan. 

Meski begitu, pada saat penulisan kapitalisasi pasarnya 46% lebih rendah dari Bitcoin, sekitar $491 miliar.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.