Regulasi Crypto Eropa Ditetapkan, Bitcoin Tidak Dilarang

Rossetti Syarief

8th March, 2022

Pemungutan suara pada paket regulasi crypto di Uni Eropa seharusnya dilaksanakan pada bulan Februari lalu. 

Namun wacana itu sempat ditunda setelah draft regulasinya bocor dan menuai kritik karena memasukkan ketentuan yang membatasi penggunaan Bitcoin dan Ethereum di wilayah tersebut dengan alasan ‘masalah energi’.

Menurut ketentuan itu juga, perusahaan crypto tidak akan lagi dapat menyediakan layanan yang memerlukan penggunaan cryptocurrency berbasis proof-of-work mulai Januari 2025. Sementara baik Bitcoin maupun Ethereum saat ini mengandalkan proses komputasi tersebut.

Anggota parlemen yang bertanggung jawab sekaligus tokoh utama dibalik Markets in Crypto-Assets Directive (MiCA), Stefan Berger, akhirnya angkat bicara.

Baca Juga: Eropa Perketat Peraturan Aset Digital, Tapi Tidak Melarang Crypto

Update Perkembangan Regulasi Crypto di Eropa

Stefan Berger hari ini (08/03) mengumumkan bahwa regulasi crypto Uni Eropa akan dijadwalkan untuk dilakukan pemungutan suara pada 14 Maret oleh Komite Ekonomi Parlemen Eropa.

Meski awalnya salah satu tujuan utama MiCA adalah memastikan bahwa kerangka peraturan layanan keuangan UE ramah inovasi dan tidak menimbulkan hambatan untuk penerapan teknologi baru.

Pada akhirnya, seluruh draft regulasi crypto yang menyatakan akan membatasi penggunaan cryptocurrency dengan proses komputasi proof-of-work telah dihapus.

Bursa dan penyedia layanan yang berbasis di AS, bersama dengan beberapa politisi juga telah meminta pemerintah federal untuk membuat kerangka kerja crypto, agar sektor FinTech Amerika Serikat mengikuti jejak dengan membuat regulasi crypto menjadi kurang kompetitif.

Pada hari Senin (07/03), Bloomberg melaporkan bahwa Presiden AS Joe Biden akan menandatangani perintah eksekutif  yang akan mengarahkan agen federal seperti SEC untuk mengkoordinasikan peraturan crypto.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.