Berita Mining · 6 min read

Regulator Uni Eropa Didesak Larang Mining Bitcoin

Regulator Uni Eropa Didesak Larang Mining Bitcoin

Erik Thedeen, wakil ketua European Securities and Markets Authority (ESMA) yang baru diangkat, telah mendesak regulator di seluruh Uni Eropa untuk memberlakukan larangan menyeluruh terhadap penambangan proof-of-work (PoW) dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Financial Times.

Dia mengusulkan untuk memberikan keunggulan pada proof-of-stake (PoS), algoritme konsensus alternatif yang dianggap lebih hemat energi.

Thedeen memandang penambangan Bitcoin sebagai penghalang untuk memenuhi target perjanjian Iklim Paris.  

Mining Bitcoin yang boros energi telah menjadi perhatian di berbagai negara. Salah satunya adalah Cina yang melarang penambangan Bitcoin, keputusan negara tersebut sempat membuat harga Bitcoin dan crypto terpengaruh.

Walau begitu persoalan energi ini coba untuk diatasi dengan menggunakan pangsa energi terbarukan.

Berdasarkan survei dari Bitcoin Mining CouncilBMC), pangsa energi terbarukan yang digunakan untuk penambangan Bitcoin meningkat menjadi 58,5% pada kuartal keempat.

Sayangnya, hal tersebut belum membuat para kritikus tenang, Thedeen mengklaim bahwa Bitcoin sekarang memonopoli energi terbarukan di Swedia, negara asalnya, sehingga menjadi “isu nasional”.

Mining Bitcoin Mulai Dilarang di Eropa

Hal tersebut membuat negara tetangganya, Norwegia mempertimbangkan untuk ikut melarang mining Bitcoin.

Dalam konteks ini, mereka “melihat solusi yang diusulkan oleh regulator Swedia” dengan memperhatikan peraturan di seluruh Eropa.

Berbeda dengan Swedia dan Norwegia, Kosovo telah melarang penambangan cryptocurrency dalam upaya untuk mengekang konsumsi listrik karena negara itu menghadapi krisis energi terburuk dalam satu dekade karena pemadaman produksi.

“Semua lembaga penegak hukum akan menghentikan produksi kegiatan ini bekerja sama dengan lembaga terkait lainnya yang akan mengidentifikasi lokasi di mana ada produksi cryptocurrency,” kata Menteri Ekonomi dan Energi Artane Rizvanolli dalam sebuah pernyataan.

Karena harga listrik yang murah di Kosovo dalam beberapa tahun terakhir, banyak anak muda di Kosovo terlibat dalam penambangan kripto.

Menghadapi pemadaman pembangkit listrik tenaga batu bara dan harga impor yang tinggi, otoritas bulan lalu terpaksa melakukan pemadaman listrik.

Masalah Mining di AS

Konsumsi daya Bitcoin juga menjadi masalah yang semakin diperdebatkan di AS, yang baru-baru ini muncul sebagai pusat penambangan top dunia setelah China berbalik arah.

Subkomite Energi DPR AS untuk Pengawasan dan Investigasi akan mengadakan sidang tentang penambangan bukti kerja pada hari Kamis ini.

Memorandum yang diterbitkan oleh komite melukiskan gambaran industri yang agak negatif, menunjuk pada konsumsi energi yang berlebihan, emisi CO2 dan limbah elektronik. Ini juga memposisikan proof-of-stake sebagai alternatif yang lebih bersih.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.