Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini
REKOMENDASI MINING BITCOIN MENGUNTUNGKAN

Dapatkan rekomendasi situs dan aplikasi untuk mining Bitcoin & crypto

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini

Apa itu Penambangan Bitcoin atau Mining Bitcoin? Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara mendapatkan Bitcoin yang sering terdengar adalah membeli langsung dan menambang.

Membeli adalah cara termudah dan tercepat, tapi buat kamu yang suka tantangan ada mining Bitcoin atau menambang Bitcoin.

Apa sih menambang Bitcoin? apakah sama seperti menambang emas, batu bara atau perak?

Dapatkan ulasan lengkapnya di sini.

Apa itu Penambangan Bitcoin ? 

Apa itu Mining Bitcoin

Mining Bitcoin merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan Bitcoin yang merupakan mata uang digital paling populer saat ini.

Bedanya bukan menggunakan alat-alat berat pertambangan, namun menggunakan komputer.

Untuk memahami proses menambang Bitcoin, kita harus kembali lagi pada konsep dasar.

Teknologi di balik cryptocurrency adalah Blockchain, yang merupakan sebuah rantai blok berisi komponen kriptografi.

Singkatnya, pengguna harus menyelesaikan sebuah soal matematika untuk menerima Bitcoin sebagai reward.

Penambangan bitcoin dilakukan oleh komputer dengan daya komputasi tinggi.

Kemudian membutuhkan biaya listrik tinggi untuk memecahkan masalah matematika komputasi yang rumit (sangat rumit sehingga tidak bisa diselesaikan dengan tangan, dan memang cukup rumit untuk memajak bahkan komputer yang sangat kuat).

Tujuan utama dari penambangan Bitcoin  adalah untuk memungkinkan node Bitcoin mencapai konsensus yang aman dan tahan-gangguan.

Penambangan juga merupakan mekanisme yang digunakan untuk memperkenalkan Bitcoin ke dalam sistem: Penambang dibayar biaya transaksi  serta “subsidi” koin yang baru dibuat.

Kedua hal ini sesuai dengan tujuan untuk penyebaran koin baru dengan cara yang terdesentralisasi serta memotivasi orang untuk memberikan keamanan bagi sistem.

Cara kerja Menambang Bitcoin

Cara kerja menambang Bitcoin

Hasil dari “penambangan bitcoin” ada dua.

Pertama, ketika komputer memecahkan masalah matematika yang rumit ini di jaringan Bitcoin, mereka menghasilkan bitcoin baru, tidak seperti ketika operasi penambangan mengekstraksi emas dari tanah.

Kedua, dengan menyelesaikan masalah matematika komputasi. Penambang Bitcoin membuat jaringan pembayaran Bitcoin dapat dipercaya dan aman, dengan memverifikasi informasi transaksinya.

Alur mining Bitcoin dimulai dari verifikasi transaksi apakah valid atau tidak, kemudian mengumpulkan transaksi-transaksi tersebut dalam satu blok.

Untuk melengkapi blok baru tersebut, diperlukan hash dari header blok yang sebelumnya.

Kemudian harus menyelesaikan masalah Proof-of-Work, dan ketika solusinya sudah ditemukan, blok baru tersebut ditambahkan kedalam blockchain dan disebarkan ke jaringannya.

Karena prosesnya yang sangat rumit ini, maka tak mengherankan jika harga Bitcoin begitu tinggi. 

Proof-of-Work

Proof of Work

Untuk menambahkan blok transaksi ke blockchain, penambang harus menyelesaikan masalah matematika komputasi yang kompleks, juga disebut “bukti kerja.”

Apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah mencoba menghasilkan angka heksadesimal 64 digit, yang disebut “hash,” yang kurang dari atau sama dengan hash target.

Tingkat kesulitan blok saat ini adalah lebih dari 13 triliun. Artinya, peluang komputer menghasilkan hash di bawah target adalah 1 banding 13 triliun.

Untungnya, sistem komputer yang digunakan untuk menambang Bitcoin  mengeluarkan banyak kemungkinan hash lebih dari itu.

Meskipun demikian, penambangan bitcoin membutuhkan energi yang sangat besar dan rig komputasi yang canggih, tetapi lebih lanjut tentang itu juga.

Tingkat kesulitan disesuaikan setiap blok 2016, atau kira-kira setiap 2 minggu, dengan tujuan menjaga tingkat penambangan konstan.

Artinya, semakin banyak penambang yang bersaing untuk mendapatkan solusi, semakin sulit masalah yang akan terjadi.

Saat ini, penambangan bitcoin sangat kompetitif sehingga hanya dapat dilakukan secara menguntungkan dengan ASIC terbaru.

Saat menggunakan komputer desktop, GPU, atau model ASIC lama, biaya konsumsi energi sebenarnya melebihi pendapatan yang dihasilkan.

Bitcoin Cloud Mining

Bitcoin Cloud Mining

Cloud mining adalah proses pembelian CPU power dari data center yang menggunakan perlengkapan untuk melakukan aktivitas mining cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Keuntungan dari pendekatan ini adalah pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai hardware mining, ataupun membeli peralatan mahal dan tidak terjangkau.

Menyewa ‘hash power‘ (terkadang terukur dalam Gigahertz per detik atau GH/s) juga berarti tidak perlu berhubungan dengan panas dan bising dalam project mining DIY.

Kebanyakan dari perusahaan ini memiliki peralatan sendiri atau membuatnya dengan biaya rendah dan menempatkan data center mereka di negara seperti Islandia dan Tiongkok.

Negara tersebut diketahui memiliki biaya listrik lebih murah, yang berguna untuk mendapatkan  keuntungan dan penghematan pengguna.

Menambang Bitcoin adalah salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin. Untuk berhasil mendapatkannya tentu perlu tau bagaimana cara melakukannya dengan tepat.

Namun perlu diingat jika menambang Bitcoin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Karena itu jika belum ahli lebih baik menggunakan jasa dari penambang Bitcoin atau biasanya disebut miner yang lebih ahli untuk melakukannya.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency