4

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini
REKOMENDASI MINING BITCOIN MENGUNTUNGKAN

Dapatkan rekomendasi situs dan aplikasi untuk mining Bitcoin & crypto

Mau dapat rekomendasi Mining Bitcoin?

Klik Disini

Apa itu Hashrate? Panduan Lengkap untuk Pemula

Baru-baru ini, Bitcoin telah mencapai atau mencapai rekor tingkat hash yang tinggi.  Tapi apa itu hashrate Bitcoin dan kenapa hal tersebut penting?

Apa itu Hash

Sebelum kita berbicara mengenai hashrate ada baiknya kita memahami soal hash.

Hash adalah kode alfanumerik dengan panjang tetap yang digunakan untuk mewakili kata, pesan, dan data dengan panjang berapa pun.

Proyek Crypto menggunakan berbagai algoritma hashing yang berbeda untuk membuat berbagai jenis kode hash.

Anggap saja seperti generator kata acak di mana setiap algoritma adalah sistem yang berbeda untuk menghasilkan kata-kata acak.

Karena setiap hash yang dibuat bersifat acak dan tidak mungkin untuk diprediksi.

Diperlukan jutaan tebakan atau hash sebelum target terpenuhi dan seorang penambang memenangkan hak untuk mengisi blok berikutnya dan menambahkannya ke blockchain.

Setiap kali itu terjadi, hadiah blok dari koin yang baru dicetak diberikan kepada penambang yang berhasil bersama dengan pembayaran biaya apa pun yang melekat pada transaksi yang mereka simpan di blok baru.

Hash Rate Bitcoin

“Hashrate” mengacu pada total kekuatan komputasi gabungan yang digunakan untuk menambang dan memproses transaksi pada blockchain Proof-of-Work, seperti Bitcoin dan Ethereum, sebelum peningkatan ke Ethereum 2.0.

Hashrate adalah ukuran daya komputasi per detik yang digunakan saat menambang.

Lebih sederhana, ini adalah kecepatan penambangan. Ini diukur dalam satuan hash/detik, yang berarti berapa banyak perhitungan per detik yang dapat dilakukan. Misalnya, 1 Mhash/s menunjukkan 1 juta perhitungan hash dilakukan setiap detik.

Tingkat hash Bitcoin mengacu pada jumlah komputasi dan kekuatan proses yang disumbangkan ke jaringan melalui penambangan.

Penambangan Bitcoin adalah proses vital yang menjaga jaringan mata uang digital tetap terjaga.

Ini terjadi melalui jaringan global mesin pertambangan raksasa (komputer canggih yang dibuat untuk tugas ini).

Mesin ini menambang bitcoin dengan menyelesaikan perhitungan matematis kompleks yang memverifikasi transaksi Bitcoin.

Penambang Bitcoin mengonsumsi sekitar 129 Terawatt-jam energi, yaitu sekitar 0,6% dari total dunia, menurut indeks konsumsi listrik Bitcoin Universitas Cambridge.

Mengukur Tingkat Hashrate Bitcoin

Tingkat hash Bitcoin dinyatakan sebagai hash per detik (h/s). Jaringan Bitcoin besar dan kuat, dan sebagai hasilnya, dapat menghitung triliunan hash setiap detik.

Sebagai referensi, satu triliun adalah satu juta juta juta, atau 1.000.000.000.000.000.000.000.

Fluktuasi kekuatan penambangan harian Bitcoin bisa menjadi signifikan. Kenaikan atau penurunan 10% atau lebih setiap hari adalah hal biasa. Tetapi fluktuasi ini tidak selalu berarti bahwa ribuan penambang bergabung atau meninggalkan jaringan setiap hari.

Perhitungan tingkat hash rata-rata Bitcoin tidak pernah tepat walaupun banyak sekali mesin yang berjalan di dunia.

Karena ini analis pada akhirnya hanya dapat melihat aktivitas pasar terkini untuk membuat perkiraan tingkat hash saat ini.

Hubungan Hashrate dan Mining Difficulty

Hashrate memiliki kaitan erat dengan kesulitan menambang, semakin banyak hashing yang dihasilkan, artinya akan semakin mudah untuk menebak hashing yang benar dengan cepat.

Blok umumnya ditargetkan untuk ditemukan miner setiap 10 menit, jika penambang memecahkan blok dan menemukan daripada rata-rata setiap 10 menit, kesulitannya meningkat.

Jika penambang menemukan bitcoin lebih jarang dari rata-rata setiap 10 menit, kesulitannya berkurang.

Mining difficulty diatur setiap 2.016 blok sekali, kurang lebih dua minggu sekali.

Mining difficulty juga bisa berubah jika semakin banyak miner yang online dan hashrate mining meningkat. Sedangkan apabila miner yang online sedikit, maka hashrate akan menurun, begitu pun mining difficulty.

Mining difficulty ini juga berhubungan dengan biaya listrik dan harga aset crypto, semakin sulit hashing dilakukan, maka semakin besar biaya listrik yang harus dibayar para miner.

Dengan adanya kesulitan mining ini, Bitcoin akan terus bisa berjalan meski pun miner berkurang.

Mengapa Tingkat Hash Penting bagi Penambang

Setiap cryptocurrency ditambang dengan mesin yang berbeda, dan tidak semuanya memiliki tingkat hash yang sama karena penambangan membutuhkan jumlah daya, memori, dan bandwidth pemrosesan yang berbeda.

Untuk penambang individu, menghitung tingkat hash dapat membantu mereka memprediksi profitabilitas mereka.

Salah satunya adalah dalam memilih alat mining dengan memilih alat mining yang tepat dan menjangkau tingkat hashrate, proses mining para Bitcoin miner bisa sangat terbantu.

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu hash?

Hash adalah kode alfanumerik dengan panjang tetap yang digunakan untuk mewakili kata, pesan, dan data dengan panjang berapa pun.

Apa itu hashrate?

Hashrate adalah ukuran daya komputasi per detik yang digunakan saat menambang.

Bagaimana mengukur tingkat hashrate?

Tingkat hash Bitcoin dinyatakan sebagai hash per detik (h/s)

Berapa lama blok bisa ditemukan miner?

Blok umumnya ditargetkan untuk ditemukan miner setiap 10 menit.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin