Hash Rate Bitcoin Raih Level Tertinggi Baru Sepanjang masa

Anisa Giovanny

13th February, 2022

Jaringan Bitcoin (BTC) telah mencatat tingkat hash tertinggi sepanjang masa sebesar 248,11 juta TH/dtk pada 12 Februari 2022.

Ini adalah kenaikan 31,69% dari hash sebelumnya yang berada di angka 188,40 EH/dtk. Hash rate atau tingkat hash ini berkorelasi dengan daya komputasi yang dibutuhkan oleh peralatan komputer penambang untuk mengonfirmasi transaksi.  

Hashrate mengacu pada jumlah daya komputasi yang digunakan oleh penambang yang didedikasikan untuk pencetakan bitcoin baru dan verifikasi transaksi baru di jaringan Bitcoin. Jutaan perhitungan diselesaikan setiap detik untuk “memenangkan” blok baru, dalam proses yang secara luas disebut penambangan.

Baca juga: Apa itu Hashrate? Panduan Lengkap untuk Pemula

Tingkat hash Bitcoin selama setahun terakhir. Sumber: YCharts
Tingkat hash Bitcoin selama setahun terakhir. Sumber: YCharts

Seperti yang dibuktikan oleh dari tangkapan layar di atas , tingkat hash jaringan melonjak 31,69% dari 188,40 EH/dtk menjadi 248,11 EH/dtk hanya dalam satu hari. Selain itu, tingkat hash rate jaringan Bitcoin naik 54,33% selama setahun terakhir.

Sebelumnya dikutip dari Cointelegraph, hash rate mining Bitcoin sempat turun menyusul larangan mining dan perdagangan crypto di China.

Hal ini sempat menyebabkan penurunan harga dan kekhawatiran tentang keamanan Bitcoin. Sebab, China berkontribusi sebesar 34,25% dari total hash rate penambangan Bitcoin hingga Juni 2021.

Dengan para penambang yang menemukan tempat mining di negara-negara ramah kripto lainnya, jaringan Bitcoin pun mengalami pemulihan yang tajam dan akhirnya melampaui level tertinggi sepanjang masa sebelumnya.

Persebaran hashrate Bitcoin
Persebaran hashrate Bitcoin. Sumber: ccaf.io

Saat ini, para penambang yang berada di Amerika Serikat memberikan kontribusi tertinggi dalam hal tingkat hash global jaringan Bitcoin sebesar 35,4%.

Michael Levitt, salah satu pendiri dan CEO Core Scientific, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa ia mengantisipasi tingkat hash global BTC untuk terus tumbuh dengan kecepatan yang agresif. Namun, dia menyebutkan bahwa pertumbuhan ini bergantung pada pergerakan harga Bitcoin, seiring dengan keberhasilan infrastruktur yang sedang dibangun.

Baca juga: CEO Konfirmasi Sistem Penambangan di Block, Hashrate Bitcoin Tembus ATH!

Hubungan Hash Rate Bitcoin dengan Harga

Hubungan antara hashrate dan harga bitcoin juga berbanding lurus. Karena semakin banyak orang membeli dan menjual bitcoin di jaringan, perlu ada lebih banyak likuiditas aset dalam hal ini adalah bitcoin.

Penambangan memperkenalkan lebih banyak koin, dan aktivitasnya meningkat ketika lebih banyak orang membeli dan menjual bitcoin.

Orang biasanya cenderung membeli atau menjual aset saat harga aset meningkat, sehingga harga bitcoin yang tinggi cenderung menghasilkan hashrate yang lebih tinggi.

Untuk penambang, harga bitcoin yang tinggi berarti imbalan yang lebih tinggi dari biaya transaksi di jaringan. Jadi, ketika harga bitcoin naik, biasanya mengundang lebih banyak penambang di jaringan yang membuatnya menjadi lebih aman.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency