Berita Bitcoin · 5 min read

BIS: Bitcoin Harus Angkat Kaki Dari Proof-of-Work

Masalah Bitcoin (BTC) hanya dapat dipecahkan dengan memisahkannya dari sistem proof-of-work (PoW), menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Bank for International Settlement (BIS) pada 21 Januari.

Menurut laporan tersebut, di masa depan Bitcoin block reward akan jatuh sampai nol — memberikan hanya jumlah yang terbatas dari Bitcoin baru yang akan diciptakan — biaya transaksi sendiri tidak akan dapat menopang biaya penambangan. Argumen yang tersirat bahwa jaringan Bitcoin akan menjadi lelet dan itu hampir tidak dapat digunakan, menyatakan:

“Kalkulasi yang mudah menyarankan bahwa sekali block reward adalah nol, ini dapat memakan waktu berbulan-bulan sebelum pembayaran Bitcoin terakhir, kecuali teknologi baru disebarkan untuk mempercepat finalitas pembayaran.”

Baca juga: Jepang Setujui Regulasi Bitcoin Sidechain Untuk Exchange

Studi lanjut mencatat bahwa sementara solusi layer kedua seperti Lightning Network dapat menolong, “satu-satunya solusi mendasar adalah dengan pisah dari proof-of-work.” Seperti pemberangkatan, menurut laporan, akan “mungkin memerlukan bentuk koordinasi sosial atau institusional.”

Konklusi keseluruhan dokumen, menurut para peneliti, “dalam era digital juga, uang yang baik cenderung tetap menjadi konstruksi sosial daripada yang murni teknologi.”

BIS yang berbasis di Swiss adalah organisasi yang terdiri dari 60 bank sentral, yang dilaporkan menyumbang 95 persen dari GDP global.

Seperti yang Cointelegraph laporkan, laporan BIS lain yang dipublikasikan pada 8 Januari menemukan bahwa 70 persen dari bank sentral di seluruh dunia terlibat penelitian dalam penerbitan mata uang digital bank sentral.

Laporan lainnya yang dipublikasikan oleh BIS pada September tahun lalu menemukan korelasi yang kuat diantara harga crypto dan berita tentang intervensi regulasi secara global.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.