Aset Kripto · 8 min read

8 Prediksi Kripto dan Harga Bitcoin 2023 dari Para Analis!

prediksi kripto dan bitcoin oleh para analis

Sebagian besar bank besar dan manajer investasi memprediksi pasar kripto akan meningkat pada tahun 2023 dan Bitcoin bisa mengalami kenaikan.

Merujuk pada laporan reuters ada beberapa prediksi dari bank dan manajer investasi terkait potensi Bitcoin dan proyek-proyek kripto lainnya yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan di tahun 2023. Berikut ini prediksi para analis.

Marion Laboure, Analis Penelitian dari Deutsche Bank

Marion berpendapat kondisi crypto winter menjadi sebuah peluang positif karena dari keruntuhannya bursa kripto FTX justru akan membuat ekosistem kripto ke sektor keuangan yang lebih baik lagi. 

“Meskipun investor telah menderita kerugian yang signifikan, kami percaya crypto winter kedua ini akan menjadi positif karena keruntuhan FTX akan mendorong ekosistem kripto lebih dekat ke sektor keuangan yang sudah mapan,”  kata Marion Laboure.

Baca juga: Ada Apa dengan FTX? Ini Kronologi dari Awal Hingga Akhir!

Seperti yang diketahui, keruntuhan FTX menyoroti masalah struktural terkenal di ekosistem kripto: cadangan yang tidak mencukupi, konflik kepentingan, kurangnya regulasi, transparansi, dan data yang tidak dapat diandalkan.

J.P Morgan

Selain prediksi crypto winter, perusahan investasi AS JP Morgan percaya bahwa hadirnya proyek kripto seperti Ethereum membawa faktor yang besar untuk meningkatkan penggunaan blockchain.

“Kami percaya bahwa Penggabungan Ethereum dan benar-benar Surge Ethereum dapat menjadi faktor besar dalam hal meningkatkan kasus penggunaan blockchain ke area baru, termasuk layanan keuangan,” kata analis.

BOFA

Bank of America, sebuah asosiasi perbankan nasional memprediksikan bahwa kemungkinan peningkatan regulasi dalam keterlibatan institusional akan lebih besar lagi.

“Peningkatan urgensi regulasi dapat memungkinkan keterlibatan institusional yang lebih besar, dan pergeseran fokus dan modal dari perdagangan spekulatif ke proyek dengan fungsionalitas dunia nyata, dan perusahaan dengan peta jalan menuju profitabilitas dapat mempercepat kematangan industri,” jelas analis.

Goldman Sachs

Perusahaan investasi terbesar mengatakan bahwa dengan adanya peristiwa bencana dari FTX akan membawa pengawasan ketat dari regulator.

“Krisis FTX terhadap jatuhnya pasar kripto saat ini menjadi peluang besar untuk potensi pengawasan ketat dari regulator dalam beberapa bulan mendatang,” ungkap keterangan tersebut. 

UBS

Seperti kebanyakan bank lainya, dalam prediksinya perusahaan perbankan investasi, UBS juga pesimis tentang masa depan jangka pendek pada Bitcoin dan Ethereum.

“Volume berjangka BTC dan ETH sekarang tampaknya menjadi stabil. Ini bertepatan dengan volatilitas tersirat yang turun kembali sejalan dengan realisasi. Diikuti juga bahwa  arus keluar dari bursa terpusat telah mereda dan wrapped Bitcoin (wBTC) sebagian besar telah dikembalikan setelah melebar sebanyak 1,5%, ” kata ahli strategi sebuah catatan.

Matthew Sigel, Kepala Penelitian Aset Digital, Vaneck

Laporan baru-baru ini, analisis dari Vaneck memprediksikan Bitcoin kemungkinan bisa mengalami kenaikan ke $30.000 dan bisa juga berpotensi turun ke $10.000 hingga $12.000.

Selain itu, ada prediksi dari Sigel di masa mendatang, seperti prediksi harga Bitcoin, potensi minat yang besar terhadap teknologi blockchain, dan adopsi kripto dan stablecoin.

“Diperkirakan pada masa mendatang, lembaga akan menggunakan blockchain untuk menyederhanakan penyimpanan dan penyelesaian, sekaligus mengurangi biaya bagi pelanggan. Sementara itu, dengan inflasi yang terus-menerus Amerika Latin melihat adopsi kripto dan stablecoin tercepat di dunia,” kata analisisnya.

Eric Robertsen, Kepala Penelitian Global, Standard Chartered

Bersumber dari reuters, kemungkinan terdapat skenario besar untuk tahun 2023 mendatang. Standard Chartered memperkirakan Bitcoin jatuh ke $5.000 karena gelombang kebangkrutan yang juga berimbas dari penurunan saham teknologi. 

“Diiringi dengan penurunan saham teknologi, penjualan Bitcoin memungkinkan dapat melambat,” dalam keterangannya Eric Robertsen. 

Baca juga: 5 Perusahaan Kripto yang Bangkrut di 2022

Tom Norwood, Co-Founder dan CEO, Loop Markets

Tom Norwood memperkirakan bahwa permintaan bitcoin akan tumbuh dan mengharapkan pasar kripto meningkat dalam waktu sekitar enam bulan.

“Permintaan Bitcoin harus terus tumbuh terlepas dari kondisi pasar karena masih lebih baik daripada sebagian besar mata uang karena setidaknya memiliki peluang bagus untuk naik. Sedangkan sebagian besar mata uang hanya akan terdepresiasi dari waktu ke waktu. Selain itu, saya pikir kripto adopsi kripto akan berkembang nantinya,” dalam keterangannya. 

Itu dia delapan prediksi dari para analis mengenai kondisi pasar kripto, peluang proyek kripto, hingga prediksi harga Bitcoin di 2023.

Baca Juga: Cara Membuat Trading Plan Untuk Investasi 2023

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.