Standard Chartered: Bitcoin Bisa Sentuh $5.000 Pada 2023

Nabiila Putri Caesari

6th December, 2022

Kepala Riset Global Standard Chartered, Eric Robertsen mengatakan Bitcoin (BTC) bisa turun 70% dan harganya bisa menyentuh ke level $5.000.

Tren Potensi Bitcoin Tahun 2023

Menurut laporan dari Bloomberg, Robertson berpendapat bahwa tahun 2023 pasar kripto dapat mengalami penurunan yang dalam, khususnya BTC. Dia memperkirakan harga aset bisa jatuh ke $5.000, atau menurun hingga 70% dibandingkan dengan penilaian saat ini.

Selain itu, Robertsen juga memperkirakan penurunan saham teknologi pada tahun 2023 dapat mengakibatkan gelombang kebangkrutan.

Misalnya, mirip dengan gelombang perusahaan kripto yang gagal bayar setelah runtuhnya Three Arrows Capital, FTX, dan perusahaan kripto lain yang bangkrut pada tahun ini. Tak hanya itu, efek lainnya juga diikuti dengan penurunan harga minyak dan penurunan harga pangan.

Baca Juga: 5 Perusahaan Kripto yang Bangkrut di 2022

“Diiringi dengan penurunan saham teknologi, penjualan Bitcoin memungkinkan dapat melambat,” dalam keterangannya Eric Robertsen. 

Sementara, Bitcoin telah kehilangan sebagian besar nilainya selama pasar bearish yang sedang berlangsung. Padahal nilainya diperdagangkan sekitar $47.000 pada awal tahun 2022, sedangkan pada saat penulisan BTC hanya diperdagangkan di sekitar $17.000. 

Investasi Emas Bisa Ungguli Kripto

Jika lebih banyak perusahaan kripto dan exchange yang mengalami kebangkrutan, dapat menyebabkan kepercayaan investor menghilang terhadap aset kripto, dan membuat investor untuk beralih investasi aman, misalnya emas atau logam mulia.

Berlawanan dengan Bitcoin, analis Standard Chartered justru memperkirakan bahwa emas dapat menjadi salah satu pemenang besar tahun depan, melonjak menjadi $2.250 per ons. Ekspansi harga bisa mengalami peningkatan 30% dibandingkan dengan level saat ini dan tertinggi dari sepanjang masa untuk logam mulia.

“Sementara emas dapat lebih unggul dari kripto di tahun 2023, karena penurunan kepercayaan yang terjadi pada ekosistem kripto,” kata Nicholas Frappell, kepala pasar institusional global ABC Refinery di Sydney, melansir dari Bloomberg.

Prediksi Harga Bitcoin Lainnya di 2023

Sementara itu, bertentangan dengan analisis Standard Chartered, para pendukung kripto telah memberikan pandangan yang kontras untuk Bitcoin di 2023. 

Misalnya saja, pendapat dari Kapitalis Venture terkenal dan investor blockchain, Tim Draper telah menggembar-gemborkan Bitcoin mencapai $250.000 tahun depan, karena keyakinannya bahwa kegagalan FTX akan mengarah pada desentralisasi yang lebih besar pada adopsi BTC, dan peningkatan self-custody oleh pengguna.

Contoh lainnya, analis pasar makro, Henrik Zeberg juga berpendapat potensi lonjakan pada nilai BTC bersama aset berisiko bisa mencapai level di atas $100.000.

Lebih lagi, manajer dana lindung nilai, Mark Yusko juga menggembar-gemborkan potensi dimulainya kenaikan besar Bitcoin berikutnya pada kuartal kedua tahun 2023 karena ekosistem mulai mengakumulasi BTC untuk mengantisipasi acara pengurangan hadiah berikutnya.

Baca Juga: Harga Bitcoin Diprediksi Reli ke $32.000 di 2023

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.