Penjualan Seluruh NFT Cetak Rekor Bulan Ini! Berikut Hasilnya

Naufal Muhammad

27th August, 2021

Penjualan mayoritas Non Fungible Token (NFT) terlihat telah mencapai nilai tertinggi sepanjang masanya pada Bulan Agustus 2021 ini.

Dengan fenomena NFT yang terus meroket, banyak investor dan juga pelaku pasar yang mendalami sektor ini, sehingga terlihat mendorong volumenya

Penjualan NFT Cetak Rekor Baru Bulan Ini

Tercatat bahwa sebagian besar rekor tersebut terekam pada CryptoPunks yang memiliki volume sebesar $400 Juta atau Rp5,77 Triliun.

Volume tersebut tercapai hanya dalam kurang dari 30 hari terakhir di Agustus 2021, yang menyumbang hampir 50% dari seluruh penjualan NFT bulan ini.

Secara menyeluruh, dikabarkan penjualan NFT telah mencapai angka sekitar $900 Juta atau sekitar Rp12,9 Triliun hanya kurang dari 30 hari.

Data tersebut diambil dari situs pelacak pencatatan data penjualan NFT bernama Nonfungible dan masih terlihat terus bergerak naik.

Angka ini adalah hasil pertumbuhan sekitar tiga kali lipat dari bulan terbaik sebelumnya yaitu pada Bulan Mei 2021.  

Pertumbuhan ini dikabarkan dipimpin oleh CryptoPunks dan juga Axie Infinity dimana kedua proyek tersebt bergerak pada Blockchain Ethereum

Hasilnya sejak banyaknya pertumbuhan NFT di sektor seni rupa dan juga gaming atau permainan, banyak pihak yang tertarik untuk berpartisipasi.

Partisipasi ini juga terlihat pada biaya transaksi Blockchain Ethereum yang juga kembali naik akibat tingginya akitivitas pada blockchainnya.

Biaya transaksi atau Gas Fees akibat pertumbuhan NFT ini membuat angkanya berada di angka tertinggi sejak tiga bulan terakhir.

Namun dengan teknologi baru Ethereum yang memiliki mekanisme burn, semakin banyak transaksi, maka semakin banyak juga Ethereum yang dihilangkan.

Sehingga saat ini Ethereum terlihat semakin langka akibat walau berbeda tipis, masih lebih banyak Ethereum yang hilang daripada yang muncul.

CryptoPunks Pendorong Utama

Menurut data dari Cryptoslam, sekitar 44% penjualan seluruh sektor NFT pada bulan ini berasal dari penjualan CryptoPunks.

Dikabarkan bahwa harga rata-rata dari penjualan CryptoPunks berada di harga $214 ribu atau Rp3,1 Miliar pada saat ini.

Salah satu CryptoPunks termahal yang pernah terjual hingga saat ini adalah CryptoPunk nomor 7532 dengan harga sekitar $11,5 Juta atau Rp165,94 Miliar di Bulan Juni 2021.

Namun dorongan terhadap CryptoPunks kembali muncul setelah adanya pembelian oleh Visa, salah satu perusahaan keuangan terbesar di dunia.

Dikabarkan bahwa Visa telah membeli CryptoPunks seharga 49,5 Ethereum atau senilai dengan Rp2,16 Miliar.

Selain itu beberapa investor dan perusahaan di Cina juga terlihat masuk dalam fenomena NFT dengan pembelian dalam volume tinggi.

Salah satunya adalah pendiri dari Meitu yang dikabarkan membeli CryptoPunk nomor 8236 dengan harga 125 ETH atau Rp5,6 Miliar.

Meitu sendiri merupakan salah satu perusahaan yang menjadi pendukung awal crypto di Cina, sehingga kabar ini tidak mengejutkan.

Selain Ethereum, saat ini nampaknya Tezos (XTZ) juga terlihat mulai mengadopsi  NFT dengan memberikan biaya transaksi yang lebih rendah.

Beberapa blockchain lain juga telah membentuk bursa NFT sendiri sehingga saat ini dengan pertumbuhan NFT yang meningkat, persaingan juga meningkat.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.