Peningkatan Utang AS, Kebangkitan Bitcoin?

Rossetti Syarief

12th October, 2021

Meningkatnya utang AS, ternyata memberikan untung pada aset kripto raksasa, Bitcoin (BTC). Karenanya, Bitcoin mungkin memasuki fase kenaikan harga yang unik untuk kuartal keempat, berdasarkan data pasar pada pasokan cryptocurrency. 

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh kepala strategi komoditas Bloomberg Intelligence, Mike McGlon.

McGlone membagikan pemikirannya tentang Bitcoin yang akan meroket di kuartal keempat tahun 2021 ini, pada hari Senin 11 Oktober, melalui akun Twitter-nya.

Menurutnya, harga cryptocurrency unggulan dunia akan meningkat secara substansial pada kuartal terakhir tahun 2021, setelah sebelumnya memperkirakan harga $100.000 awal tahun ini.

“Sehubungan dengan meningkatnya utang AS dan ketegangan atas potensi default, #Bitcoin mungkin memasuki fase unik untuk kenaikan harga 4Q karena pasar mendapatkan kepercayaan pada pengkodean yang menentukan pasokan kripto. Drama plafon utang dapat bekerja melawan manajer yang menghindari alokasi ke Bitcoin.” Cuitan McGlone di laman Twitternya.

Menariknya, selain apa yang diisyaratkan oleh data di atas, The Economist juga mengungkap jika manajer yang menghindari alokasi Bitcoin mungkin akan dirugikan karena krisis plafon utang.

Bitcoin siap untuk mencapai $ 100.000

McGlone secara khusus mengungkapkan jika pasokan Bitcoin yang terbatas dan hanya berjumlah 21 juta koin di seluruh dunia, merupakan faktor lain yang akan mendorong harga Bitcoin hingga $100.000. 

Dan secara historis, kesulitan penambangan Bitcoin telah meningkat, nilai jumlah koin pun saat ini ikut meningkat. Jadi bisa dikatakan, fitur inilah yang bisa mendukung pernyataan bahwa Bitcoin adalah pelindung nilai inflasi terbesar.

Terlebih lagi, Bitcoin dan aset crypto lainnya juga terdampak dari meningkatnya tindakan regulasi di Tiongkok, yang menyebabkan nilai aset pun turun hampir 50%.

Ahli strategi komoditas mengatakan pada saat itu, bahwa Bitcoin tetap bisa bertahan terhadap tindakan keras dan akan membuktikan kredibilitasnya sebagai penekan nilai revolusioner.

Sebaliknya, di Amerika Serikat, analis Bloomberg mempertimbangkan kemungkinan regulasi cryptocurrency oleh AS yang kemungkinan besar memberi dukungan penuh pada Bitcoin dan Ethereum.

Sejauh ini, dia telah terbukti benar karena Bitcoin diperdagangkan kira-kira $8.000 di bawah level tertinggi sepanjang masa seperti pada hari Senin, saat ini diperdagangkan di atas $57.285.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik