Berita Regulasi · 8 min read

FUD Lagi! Bank Sentral China Tegaskan Bitcoin Tidak Bernilai


Pemerintah China secara berkala terus mengingatkan masyarakatnya tentang risiko penggunaan cryptocurrency.

Selama briefing media pada 27 Agustus, wakil direktur Biro Perlindungan Hak Konsumen Keuangan Bank Rakyat China (PBoc), Yin Youping, menegaskan bahwa aset digital itu tidak memilii nilai dan hanyalah sebuah spekulasi investasi. 

Baca juga: Sederet Platform Mining Ini Ditutup Akibat Tindakan Keras Cina

Yin Youping juga memperingati para investor lokal untuk menjauhi transaksi yang berkaitan dengan kripto dan meningkatkan kesadaran mereka akan risiko yang terkait dengan investasi digital semacam itu.

“Kami mengingatkan orang-orang sekali lagi bahwa mata uang virtual seperti Bitcoin bukanlah alat pembayaran yang sah dan tidak memiliki dukungan nilai yang sebenarnya,” kata Yin Youping dilansir dari Cryptopotato.

PBoC Bekerja Keras untuk Menghentikan Perdagangan Kripto

Youping juga mengungkapkan, PBoC akan bekerjasama dengan regulator TOP untuk mendeteksi bursa luar negeri dan pedagang domestik. Mereka juga akan menindak setiap situs web perdagangan, aplikasi, bahkan saluran perusahaan.

Bank sentral sendiri telah memperkenalkan sistem yang menormalkan tindakan keras pada semua operasi yang berkaitan dengan kripto. Pihak bank menghimbau kepada masyarakat umum untuk segera melaporkan kegiatan semacam itu.

China Memaksakan Tindakan Keras Secara Nasional terhadap Crypto

Dalam beberapa bulan terakhir ini pemerintah China sudah mengintensifkan tindakan kerasnya terhadap industri kripto.

Melanjutkan sejarah FUD yang panjang, Bank Sentral China sudah menegaskan kepada semua perusahaan perbankan dan jasa keuangan di sana. Salah satunya adalah berhenti melayani klien kripto individu dan institusi, atau berisiko dicabut lisensinya.

Migrasi Pertambangan Besar China

Dunia kripto juga kembali menerima pukulan besar ketika negara terpadat di dunia itu memutuskan untuk menargetkan penambang BTC di dalam perbatasannya. China juga memaksa mereka untuk menghentikan operasi mereka.

Baca juga: China Siapkan Infrastruktur NFT, Ini yang Perlu Diperhatikan

Blockchain BTC mengalami penyesuaian penambangan yang negatif selama empat kali berturut-turut. Ini adalah kali pertamanya dalam waktu sekitar sepuluh tahun terakhir.

China, yang pernah menjadi rumah bagi lebih dari setengah komunitas penambangan BTC dunia, sangat disayangkan justru mendorong para penambang untuk pindah ke negara lain yang ramah kripto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.