Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 7 min read

Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Web3

pekerjaan web3

Teknologi Web3 telah memperlihatkan perkembangan yang pesat beberapa tahun belakangan ini. Semua sektor digadang-gadang akan mengadaptasi Web3 demi keberlangsungan yang lebih efektif. 

Mulai banyak perusahaan yang berinvestasi maupun ikut serta ekspansi ke industri Web3. Misalnya saja, Starbucks yang memperkenalkan program loyalty berbasis NFT bernama Starbucks Odyssey, lalu ada Nike yang meluncurkan sepatu berbasis Web3 untuk pertama kalinya.

Perubahan ini membuat peluang tenaga kerja baru muncul dan dicari di Web3, khususnya perusahaan yang beroperasi di bidang blockchain, cryptocurrency, DeFi, metaverse, VR, dan AR. Berikut ini 5 pekerjaan yang paling banyak dicari di industri Web3.

Developers

Developers menjadi pilihan karir di Web3, misalnya dalam ranah developers game Web3 atau developers perangkat lunak perusahaan untuk membangun blockchainnya sendiri. 

Terdapat prospek luas bagi pekerjaan developers game Web3, karena industri game terus berkembang pesat di tahun-tahun mendatang. Begitu juga dengan developers perusahaan yang ingin membangun aplikasi blockchain mereka sendiri. 

Developers sendiri diharuskan untuk memiliki keterampilan matematika yang kuat dan mengerti banyak bahasa pemrograman seperti Python, Java, Solidity, dan lainnya. 

Blockchain Architects

Blockchain menjadi inti dari Web3, dan profesi sebagai blockchain architects sangat diperlukan untuk merancang keamanan dan arsitektur berbagai sistem blockchain dan mengimplementasikannya dalam proyek Web3. 

blockchain architects juga bertanggung jawab untuk meneliti dan menguji berbagai teknologi blockchain, desain protokol dan token inti, dan juga untuk komponen yang mengintegrasikan berbagai sistem blockchain. 

Selain itu, pekerjaan ini juga harus meninjau kualitas teknis dan membuat sebagian besar keputusan tingkat proyek. Blockchain architects harus mengetahui semua pola arsitektur blockchain terbaru dan memahami konsep seperti fungsi hash dan konsensus.

Developer Relations

Developer Relations menjadi pilihan pekerjaan yang dicari di Web3, secara efektif developer relations berfungsi sebagai penghubung antara komunitas yang lebih besar dan berbagai tim produk internal.

Developer Relations bertanggung jawab atas pengalaman developer pada platform. Hal ini akan membantu developer membangun produk atau aplikasi yang lebih baik yang lebih baik.

Komunitas developer Web3 sangat penting untuk pengembangan ekosistemnya, karena itu suara mereka perlu diwakili di setiap level dalam pemain ekosistem utama yang berbeda.

Kepala developer Relations akan melakukan hal itu dan memastikan bahwa semua upaya yang dilakukan terhadap developer dan komunitas developer dikoordinasikan dengan tujuan berbagai startup yang aktif di domain. 

Karena banyak startup Web3 berfokus pada pengembang, peran tersebut juga dapat menambah nilai dan membantu menciptakan budaya developer yang berbeda dalam komunitas Web3.

Community Manager

Community manager menjadi opsi alternatif pekerjaan lainnya yang dicari di Web3. Community manager umumnya bertanggung jawab dalam mengelola media sosial.

Misalnya Discord, Community manager berperan penting untuk memoderasi komentar, dan menyediakan layanan pelanggan kepada orang yang menggunakan produk atau layanan mereka. 

Selain itu, community manager juga memastikan bahwa semua upaya yang dilakukan terhadap developers dan komunitas developers dikoordinasikan dengan baik. 

Community manager juga bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengembangkan komunitas Web3 yang berbeda dan semua anggotanya, mempromosikan proyek baru, dan menangani berbagai masalah, dan lainnya.

Marketers

Marketers menjadi pekerjaan tren terbaru di bidang Web3, sebab harus mampu berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, dan mengerjakan strategi pemasaran di media sosial, blog, situs web, dan sebagainya.

Selain itu, marketers juga mampu membuat kampanye pemasaran demi meningkatkan pengalaman pengguna di bidang Web3.

Business Development

Mengingat bahwa industri Web3 terus berkembang, pekerjaan business development sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin mengembangkan kemitraan dalam ekosistem DeFi, cryptocurrency, dan NFT.

Business development bertanggung jawab penuh untuk membantu organisasi menciptakan pengenalan merek dan pertumbuhan Web3 yang lebih baik. Pekerjaan ini juga diharuskan mampu menciptakan inisiatif pasar baru dan menjalankan strategi kemitraan.

Social Media Managers

Demi meningkatkan efisiensi dari perkembangan Web3, pekerjaan social media managers sangat dibutuhkan. Profesi ini membutuhkan seseorang yang mengerti tentang seputar teknologi crypto. 

Biasanya social media managers bertanggung jawab untuk mengelola dan menumbuhkan keterlibatan pada platform seperti Twitter, Reddit, LinkedIn, Discord, dan lainnya, sambil menunjukkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam teknologi crypto dan blockchain, NFT, DeFi, game, dan sebagainya. 

Content Writer

Selanjutnya content writer, pekerjaan yang sangat dicari, khususnya bagi mereka yang mempunyai keahlian dibidang menulis, untuk  menghasilkan konten tentang topik blockchain dan Web3.

Selain itu, content writer juga dapat mempromosikan produk atau layanan perusahaan mereka di berbagai platform, sambil juga mengedukasi komunitas tentang ekosistem crypto, DeFi, dan Blockchain.

Cybersecurity Analysts

Semakin berkembangnya ekosistem Web3, pastinya semakin besar juga kerentanan keamanan atau ancaman yang datang di jaringan. Maka dari itu, dibutuhkannya cybersecurity analysts untuk menangani hal tersebut. 

Peran mereka terutama difokuskan untuk mendeteksi dan melindungi jaringan komputer dari serangan siber. Sementara, Analis keamanan siber juga harus memahami sepenuhnya serangan siber, malware, dan perilaku penjahat siber, dan secara aktif berupaya mengantisipasi dan mencegah serangan tersebut.

Baca Juga: Rekap Industri Kripto Indonesia 2022, dari NFT Sampai CBDC

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.