Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Industri · 7 min read

Starbucks Luncurkan Hadiah NFT di Jaringan Polygon

NFT Starbucks

Starbucks telah meluncurkan proyek Web3 bernama Starbucks Odyssey, yaitu program loyalitas untuk pelanggan dengan mengumpulkan koleksi Non Fungible Token (NFT).

Program ini bermanfaat bagi anggota yang ingin mendapatkan dan membeli NFT yang dicetak di blockchain Polygon (MATIC).

Starbucks berkerja sama dengan blockchain Polygon. Sumber: Polygon
Starbucks berkerja sama dengan blockchain Polygon. Sumber: Polygon

Sebelumnya perusahaan raksasa waralaba toko kopi global asal AS ini telah merencanakan untuk memperluas aktivitasnya dengan masuk ke industri Web3 dan sektor NFT.

Maka dari itu, pada 8 Desember 2022, Starbucks mengumumkan proyek bernama “Starbucks Odyssey” yang merupakan bagian dari Starbucks Rewards, didukung oleh teknologi Web3, untuk membuka akses ke manfaat baru yang menarik dan pengalaman bagi anggotanya.

Program tersebut memungkinkan anggota untuk berpartisipasi dalam serangkaian aktivitas interaktif dan menghibur yang disebut ‘Journeys’.  Di mana program tersebut mengiklankan merek Starbucks dan mengedukasi klien tentang kopi dan sejarah perusahaan, juga mencakup berbagai aktivitas seperti bermain teka-teki, menonton video, atau mengikuti kuis.

Kemudian, setelah perjalanan selesai, anggota akan mendapatkan koleksi NFT ‘Journey Stamps’ dan Odyssey Points yang dapat dikoleksi yang akan membuka akses ke manfaat baru dan pengalaman kopi imersif yang tidak dapat mereka dapatkan di tempat lain. 

Starbucks Bagikan Pengalaman Menarik Dunia Kopi di Sektor Web3

Sebagai salah satu perusahaan pertama yang mengintegrasikan teknologi Web3 dan NFT dengan program loyalitas terkemuka di industri dalam skala besar, dan mendasarkan pengalaman pada kopi, koneksi, dan komunitas, Starbucks memasuki ruang Web3 secara berbeda dari merek lain.

Dengan kehadirannya Starbucks Odyssey, memberikan pengalaman unik bagi pecinta kopi, karena dikelilingi oleh komunitas digital, tempat para anggota dapat berkumpul, berinteraksi, dan berbagi kecintaan mereka terhadap kopi. 

Starbucks menggunakan pencapaian terpenting dari teknologi Web3 untuk memberikan penghargaan kepada anggotanya, seperti Stempel Kolektibilitas Digital berupa NFT yang memiliki fungsi sebagai akses masuk ke dunia kopi.

“Setelah masuk, anggota diharuskan untuk mengikuti “Journeys” yang mencakup serangkaian aktivitas interaktif untuk diselesaikan. Kegiatan ini bervariasi dan berkisar dari tur virtual pertanian Hacienda Alsacia Starbucks di Kosta Rika, hingga informasi eksklusif tentang warisan merek, dan permainan juga disediakan. Setelah perjalanan selesai, maka anggota akan berhak mendapatkan hadiah barang koleksi dalam bentuk NFT berdasarkan blockchain Polygon,” dalam keterangan Starbucks, dilansir dari situs resmi, Senin (12/12/22).

Cara Kerja Starbucks Odyssey

Aktivitas Starbucks Odyssey. Sumber: Medium/Adrianna Lakatos
Aktivitas Starbucks Odyssey. Sumber: Medium/Adrianna Lakatos

Pelanggan Starbucks diwajibkan untuk menyelesaikan aktivitas seperti bermain game, (Starbucks For Life), menjawab pertanyaan, dan melakukan pembelian. Kemudian, nantinya pengguna mendapatkan “poin” dan “perangko perjalanan” berupa digital, yang merupakan NFT di blockchain Polygon.

Koleksi Stamps yang sudah diraih oleh pengguna.
Koleksi Stamps yang sudah diraih oleh pengguna.

Namun untuk berpartisipasi dalam program Starbucks Odyssey, pengguna harus bergabung dengan Program Starbucks Rewards yang sudah ada, lalu bergabung dalam daftar tunggu (waitlist)  Starbucks Odyssey Experience.

Untuk saat ini program hanya terbuka untuk para anggota yang berbasis di AS, dan kemungkinan Starbucks berencana untuk meluncurkannya secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: Starbucks Dikonfirmasi Bergabung dengan Bisnis Metaverse

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.