Paraguay Bimbang dalam Adopsi Bitcoin, Berikut Pernyataan Pemerintah

Naufal Muhammad

28th June, 2021

Akhir-akhir ini, beredar kabar bahwa Paraguay salah satu negara di Amerika Selatan, akan mengadopsi Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran.

Kabar ini beredar di publik dan telah menarik perhatian banyak pihak, terutama pelaku pasar crypto akibat maraknya adopsi Bitcoin oleh mayoritas negara saat ini.

Namun kabar tersebut masih beredar sebagai sebuah rumor, dan nampaknya mulai terlihat kabar baru mengenai rumor ini.

Kabar Rumor Paraguay Adopsi Bitcoin

Rumor tersebut beredar setelah salah satu pejabat pemerintah Paraguay membuat cuitan di Twitter mengenai potensi adopsi Bitcoin.

Cuitan tersebut terjadi pada 18 Juni 2021, yang terlihat menggemparkan dunia Twitter akibat muncul setelah kabar adopsi Bitcoin oleh El Salvador.

Dikabarkan bahwa sebelumnya, Carlos Rejala, berencana untuk membuat Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di Paraguay.

Dalam kabar tersebut, tercatat bahwa ia ingin melegalkan penggunaan Bitcoin sebagai salah satu alat tukar utama pada Juli 2021.

Kabar ini tidak hanya beredar di Twitter namun sudah beredar ke beberapa media resmi, walau media masih menyebutnya sebagai rumor.

Dalam beberapa berita yang beredar sebelumnya, terdapat pernyataan oleh Rejala yang menyatakan rencana adopsi Bitcoin yaitu,

β€œKami telah mengumumkan rencana kami untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sudah banyak perusahaan yang mulai ikut serta untuk membantu rencana adopsi ini yang membuat pemerintah cukup senang.”

Namun, saat ini terdapat kabar baru yang beredar yang terlihat memiliki pernyataan berlawanan dengan rumor yang tersebar sebelumnya.

Pernyataan Kejelasan Adopsi Bitcoin

Baru-baru ini, Rejala memperjelas maksud dari pernyataan adopsi tersebut dalam wawancaranya dengan Reuters.

Ia menyatakan bahwa Paraguay hanya ingin membuat crypto sebagai aset yang legal untuk diperjual belikan dan bukan membuatnya sebagai alat pembayaran utama seperti El Salvador.

Rejala juga tidak menyatakan secara spesifik bahwa Paragua akan membuat Bitcoin sebagai salah satu mata uang utama.

Sehingga walau adopsi ini besar, nampaknya adopsi tersebut tidak akan sebesar beberapa negara lain yang mengadopsinya sebagai alat tukar utama.

Namun walaupun begitu, langkah ini juga merupakan langkah yang besar karena dalam peresmiannya, pemerintah juga akan terus mendukung perkembangan Bitcoin dan crypto.

CEO dari Bitcoin.com.py menyatakan bahwa ia sedang melakukan kerja sama dengan Rejala untuk mendukung legalisasi ini.

Dikabarkan nantinya pemerintah juga akan mendorong adopsi melalui peningkatan investasi crypto di negaranya dan penyediaan energi ramah lingkungan untuk penambangnya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.