Berita Bitcoin · 5 min read

Twitter Luncurkan Fitur Tip dengan Bitcoin

Salah satu platform media sosial terbesar di dunia, Twitter, baru saja meresmikan rencana mengenai pemberian tip untuk para pencipta konten.

Fitur pemberian tip atau Tip Jar ini dapat membuat pencipta konten di Twitter menghasilkan keuntungan.

Kabar spesialnya adalah Tip Jar ini akan memberikan kemudahan untuk memberi dan menerima tip dalam bentuk crypto yaitu Bitcoin.

Pengumuman ini baru saja diresmikan pada Kamis, 23 September 2021, melalui pernyataan resmi di blog Twitter.

Twitter Resmikan Fitur Tip Jar

Dalam beberapa bulan terakhir, Twitter telah mengujicoba fitur Tip Jar ini dan juga memberikan beberapa publikasi untuk menarik perhatian publik.

Pada Kamis, 23 September 2021, Twitter telah resmi mengumumkan bahwa fitur ini dapat resmi digunakan, namun baru untuk pengguna iOS.

Selain menggunakan Bitcoin, Twitter juga menyatakan bahwa fitur ini dapat dilakukan melalui uang fiat dengan bantuan sembilan perusahaan keuangan lain.

Perlu diketahui bahwa seluruh fitur ini tidak dijalankan oleh Twitter sendirian, karena ada kerja sama dengan jaringan dan beberapa perusahaan.

Untuk fitur tip dengan Bitcoin sendiri, Twitter melakukan kerja sama dengan Strike, sebuah perusahaan aplikasi wallet Bitcoin.

Strike bergerak pada Lightning Network, atau jaringan sampingan dari Blockchain Bitcoin, sehingga kecepatannya lebih tinggi dan biaya lebih rendah.

Salah satu alasan Twitter menggunakan Strike sebagai rekan dalam fitur tip ini adalah juga akibat luasnya penggunaan Strike di beberapa negara termasuk El Salvador.

Akibat kerja sama ini, nantinya jika ada donasi atau tip dengan Bitcoin, pengguna akan diberikan pemberitahuan melalui Strike.

Jadi selain adanya tombol yang mempermudah donasi atau tip, para pengguna atau pencipta konten Twitter juga dapat menuliskan alamat wallet Strike di halaman pribadi atau Bio.

Selain itu, nantinya Twitter juga akan membuat riwayat transaksi untuk penerima tip atau donasi.

Tujuannya adalah untuk mempermudah perekapan dan juga untuk mempermudah  penerima untuk mengucapkan terima kasih kepada pemberi tip atau donasi.

Terdapat Potensi Fitur NFT Baru

Selain adanya fitur Tip Jar ini, Twitter juga mengumumkan adanya potensi penambahan fitur terkait Non Fungible Token (NFT).

Dikabarkan bahwa Twitter akan meluncurkan fitur untuk mempermudah pengguna untuk melakukan publikasi NFT dan menjaga keasliannya.

Nantinya Twitter akan mempermudah penerapan fitur ini dengan menyambungkan akun Twitter pengguna dengan wallet crypto pribadi yang memiliki NFT tersebut. Juru bicara Twitter mengatakan,

“Autentikasi NFT akan diterapkan dalam bentuk logo atau lencana yang akan ditampilkan pada profil pengguna yang akan ditampilkan di foto profil, untuk menjaga keaslian NFT yang dipublikasi di Twitter.”

Hingga saat ini masih belum ada publikasi jelas apakah NFT yang dimaksud hanya untuk publikasi di foto profil atau di halaman cuitan atau tweet pribadi.

Namun nampaknya telah banyak pihak yang antusiasi mendengar kabar ini, akibat akan memiliki ruang publikasi untuk karyanya secara lebih luas dan tetap menjaga dari duplikasi.

Percakapan NFT ini nampaknya juga dimulai dari beberapa seniman yang berbincang di Twitter untuk mengajukan fitur baru.

Salah satu seniman tersebut adalah 3LAU yang merupakan seorang musisi. Ia membuat cuitan langsung kepada Jack Dorsey untuk mengadopsi NFT di Twitter.

Pada saat itu, 3LAU meminta Twitter untuk membentuk fitur yang dapat menjaga keaslian dari NFT yang dipublikasi penggunanya.

Kemudian pihak Twitter langsung menanggapi pernyataan tersebut dan kabar mulai beredar mengenai fitur baru NFT saat ini.

Untuk kepastiannya masih belum dapat diketahui, namun sudah dapat dipastikan bahwa Twitter mulai terbuka terhadap adopsi crypto secara luas.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.