Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang NFT Button di Tezos

Anisa Giovanny

16th September, 2021

Salah satu pemenang Tezos DeFi Hackathon, Tim Buttonist meluncurkan NFT Button. Ini adalah marketplace NFT di Tezos yang bertujuan untuk menampilkan pasar sekunder lengkap untuk NFT di Tezos.

Pasar akan memfasilitasi penjualan NFT dengan cara tradisional dan eksperimental, yang terakhir dikenal sebagai lelang Buttonist.

Selain itu, seseorang akan bisa mendapatkan diskon untuk mempertaruhkan NFT. Mari kita periksa fitur-fitur itu secara lebih rinci.

NFT Tidak Berizin

Pasar tanpa izin memungkinkan siapa pun untuk membuat dan menjual NFT, seperti hic et nunc. Contoh pasar yang membutuhkan izin untuk membuat NFT adalah Kalamint yang mengharuskan pengguna untuk menjalani verifikasi dan mengisi aplikasi.

Pasar khusus memungkinkan seseorang untuk memperdagangkan jenis NFT tertentu seperti seni digital atau NFT dari proyek tertentu, dan pasar NFT yang tidak berizin memiliki tujuan untuk bisa digunakan semua jenis NFT.  

Contoh dari NFT tidak berizin adalah NFT Button yang berarti bahwa siapa pun dapat membuat NFT mereka di platform dan menjualnya terlepas dari apa yang diberi token melalui NFT tersebut: seni digital, objek dan karakter dalam game, nama domain, atau amal.

Jenis Pasar NFT

Pasar NFT sendiri memiliki dua jenis yakni untuk primer dan sekunder. Di jenis primer, menampilkan pembuat yang menjual token kepada pengguna, sedangkan yang kedua adalah tentang pengguna yang menjual kembali NFT mereka.

Kalamint dan hic et nunc hanya memungkinkan untuk memperdagangkan NFT yang dibuat di platform tersebut. Dengan demikian, pengguna tidak dapat melepaskan atau membeli NFT di hic et nunc lalu menjualnya di Kalamint dan sebaliknya.

Untuk alasan yang sama, pengguna tidak dapat menjual NFT berdasarkan proyek seperti Tezos Domains di pasar tersebut.

Di NFT Buttons, ada pasar sekunder lengkap untuk semua token NFT FA2. Untuk menjual NFT, pengguna hanya perlu menentukan alamat dan id smart contract NFT, memasukkan  detail item. NFT Buttons menerima token untuk dijual.

Pengguna juga dapat mengeluarkan token mereka melalui fungsi pencetakan NFT standar, yang antara lain mencakup royalti. Tetapi pengguna  tidak perlu mencetak NFT di NFT Buttons untuk menjualnya di pasar.

Empat Cara Menjual NFT

Cara tradisional untuk menjual NFT, bisa dilakukan dengan harga tetap dan melalui lelang bahasa Inggris, di mana pengguna bersaing untuk mendapatkan hak agar bisa memiliki NFT dengan menaikkan harga lelang. Kemudian ada empat jenis lot dalam NFT Button, yakni: fixed price, English auction, free drop, and Buttonist auction.

Free Drop

Sebuah Free Drop memungkinkan pengguna untuk menempatkan NFT untuk distribusi gratis. Siapa pun dapat mengklik Get dan mendapatkan satu NFT.

Hal ini bisa menguntungkan para pemilik NFT asli untuk mendapatkan royalti. Jika tidak ada royalti, bisa jadi promo campaign atau community reward.

Lelang Buttonist

Ini adalah jenis eksperimental dari lelang semua-bayar. Di sini, pengguna tidak dapat mengajukan tawaran kembali jika pengguna kalah lelang.

Dengan sistem ini kamu perlu membayar jumlah tetap untuk menjadi pemimpin dalam lelang. Jika ada orang yang mengajukan harga lebih tinggi, maka kamu turun peringkat dan kamu haru menawar lagi agar bisa unggul dalam proses lelang.

Lelang memiliki pengatur waktu dan ketika waktu habis,  posisi pertama dalam lelang akan mendapatkan NFT. Untuk menghindari tawaran saat-saat terakhir, setiap kali Tawaran diklik, waktu disetel ulang pada nilai yang lebih rendah daripada sebelumnya.

Semua pembayaran diakumulasikan dan masuk ke penjual NFT setelah lelang selesai. Penjual dapat menempatkan 0% hingga 100% dari dana yang terkumpul untuk dibagikan kepada pemenang di atas NFT. Lelang Buttonist dapat digunakan untuk tujuan komersial dan amal.

Dalam lelang Buttonist amal, semua orang dapat memberikan kontribusi mereka dengan mengklik Tawar dan menjadi pemimpin untuk saat ini.

Mandala Staking

Pasar NFT mengenakan biaya dari jumlah penjualan NFT, dan NFT Buttonis tidak terkecuali. Saat ini, biaya platform adalah 5%. Kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50% dengan mempertaruhkan NFT dari proyek lain oleh Buttonists, Tezos Mandala.

Satu mandala yang distake memberi pengguna diskon biaya 12,5%. staking empat memastikan diskon semaksimal mungkin. Namun, semakin banyak mandala yang distaking, semakin banyak NFT yang dapat buat selama 24 jam, dan semakin banyak NFT yang dapat dijual secara bersamaan.

“Proyek ini kami  awal dari perjalanan kami. Saat ini fitur eksperimental seperti penurunan royalti, lelang Buttonist, dan menggunakan NFT sebagai kartu diskon. Kami ingin tetap menjadi yang terdepan dan bereksperimen dengan ide-ide paling orisinal di NFT,” kata tim Buttonists.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency