Berita Bitcoin · 6 min read

Bank di Meksiko Rencana Adopsi Bitcoin, Ini Kejelasannya

Setelah beredar rumor bahwa Meksiko akan mengadopsi Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran resminya, sebuah kejelasan mulai muncul dan beredar.

Kejelasan tersebut adalah kabar bahwa salah satu bank komersil di Meksiko akan resmi mengadopsi Bitcoin.

Walau kabar ini memastikan bahwa adopsi belum akan dilakukan oleh satu negara, namun kabar ini membawa Meksiko lebih dekat dalam adopsi Bitcoin secara besar.

Bank di Meksiko Rencana Adopsi Bitcoin

Saat ini tahap adopsi tersebut masih dalam rencana namun sudah menjadi salah satu pertanda bahwa adopsi crypto di Meksiko terus meluas.

Adopsi tersebut akan dilakukan melalui salah satu bank yang dimiliki Ricardo Salinas Pliego, orang terkaya ketiga di Meksiko.

Pada 27 Juni 2021, Pliego membuat cuitan di Twitter yang membahas mengenai adopsi Bitcoin secara meluas di dunia.

Ia juga menyatakan bahwa saat ini bank yang ia miliki adalah bank pertama yang akan mengadopsi Bitcoin di Meksiko.

Ia juga meneruskan publikasinya dengan menyatakan bahwa menurutnya untuk menganggap Bticoin sebagai “emas baru” adalah pernyataan yang benar.

Pernyataan yang ia keluarkan melalui Twitter adalah pernyataan yang dibentuk melalui balasannya terhadap cuitan oleh Michael Saylor, CEO MicroStrategy.

Dalam cuitan tersebut, Michael Saylor, CEO dari salah satu perusahaan dengan pemilik Bitcoin terbanyak, menyatakan dukungannya terhadap Bitcoin.

Dukungan tersebut ditanggapi positif oleh mayoritas pasar dan juga oleh Ricardo Salinas Pliego yang turut meramaikan cuitan di Twitter tersebut.

Pliego merupakan seorang konglomerat yang memiliki banyak bisnis mulai dari dunia hiburan, dunia olahraga, hingga dunia keuangan.

Bank yang akan ia gerakkan untuk mengadopsi Bitcoin adalah Bank Banco Azteca yang memiliki kantor di Meksiko, Panama, Guatemala, Honduras, dan Peru.

Bukan Adopsi Kecil

Banco Azteca sendiri memiliki pendapatan per tahun sebesar $2,54 Miliar atau Rp36,7 Triliun menurut data pendapatan bank di Tahun 2020.

Kabar yang beredar juga menambahkan bahwa Ricardo Salinas Pliego juga telah menginvestasikan 10% dari dana investasi likuidnya ke pada Bitcoin pada tahun lalu.

Melihat dana yang dimilikinya yaitu sebesar $15,8 Miliar atau Rp228,7 Triliun angka tersebut dapat menjadi pertanda besarnya dana yang masuk ke Bitcoin.

Ia juga telah menyatakan dukungannya terhadap Bitcoin dan crypto melalui wawancara publik yang juga telah beredar di Twitter.

Kabar rencana adopsi ini menjadi salah satu pertanda bahwa adopsi oleh institusi keuangan terhadap crypto sudah mulai meluas.

Dari sebelumnya hanya terpusat di Amerika Serikat, saat ini adopsi tersebut juga mulai meluas ke beberapa negara.

Kabar ini juga terus menjadi pertanda bahwa walau crypto memiliki banyak halangan, dukungan terhadapnya juga masih akan terus kuat.

Melihat kondisi saat ini dan perubahan dalam budaya keuangan, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan Bitcoin bersama crypto juga masih akan terus berkembang.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.