Presiden El Salvador Respon Kritik IMF dan World Bank, Adopsi Bitcoin Jalan Terus!

Naufal Muhammad

25th June, 2021

Presiden El Salvador baru saja membuat tanggapan dari kritik mengenai adopsi negaranya terhadap Bitcoin sebagai alat pembayaran yang resmi.

Setelah mendapat kritik dari International Monetary Fund (IMF) dan World Bank, Presiden Bukele menyatakan bahwa adopsi masih akan terus berjalan.

Presiden El Salvador Lanjutkan Adopsi Bitcoin

Dalam salah satu wawancara, Presiden Bukele menyatakan bahwa tidak ada yang bisa menghentikan adopsi Bitcoin. Ia menyatakan,

“Saya tidak melihat ada hal yang bisa menghalangi adopsi Bitcoin di El Salvador. Saya tidak melihat bagaimana cara menghentikannya karena ini sudah tercatat secara hukum. Pemerintah juga terus mengembangkan sistemnya setiap hari. Adopsi ini akan resmi dalam 80 hari ke depan.”

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah negaranya mendapatkan kritik dari IMF dan World Bank yang menyatakan bahwa adopsi ini tidak akan terjadi.

Pihak-pihak tersebut menyatakan bahwa adopsi ini akan sulit untuk dilakukan dan akan merugikan El Salvador. Tapi Presiden Bukele punya pandangan lain.

Namun pihak pemerintah tetap merespon tanggapan negatif tersebut dengan baik, dengan menyatakan bahwa Dolar Amerika akan tetap digunakan.

Tanggapan negatif dari IMF dan World Bank ini datang setelah El Salvador meminta pendapat kedua pihak tersebut dalam implementasi adopsi Bitcoin.

Namun permintaan bimbingan tersebut ditolak yang kemungkinan membuat adanya komentar yang “melawan” dari El Salvador.

Walaupun begitu tanggapan El Salvador ini menjadi tanda kuatnya pendirian negara tersebut dan juga menjadi potensi adopsi Bitcoin yang lebih luas oleh negara lain akibat memiliki contoh.

Tidak Akan Bisa Dihentikan

Menurut Presiden Bukele dalam wawancara di Youtube, adopsi ini tidak bisa dihentikan karena sudah menjadi hukum yang resmi di negara tersebut.

Hal ini juga disebabkan mayoritas pemerintah juga setuju terhadap adopsi, jadi bukan hanya kemauan dari Presiden Bukele.

Dikabarkan bahwa 75% dari seluruh pejabat pemerintah menyetujui hukum baru adopsi Bitcoin ini yang membuat sulitnya untuk dihentikan.

Oleh karena itu, saat ini El Salvador masih terus fokus untuk membentuk infrastruktur yang cocok dalam adopsi Bitcoin termasuk sumber energi terbaharukan yang cukup.

Presiden Bukele juga menambahkan bahwa beliau akan terus melindungi adopsi ini dan tidak akan membiarkan siapa pun menghentikannya. Ia menyatakan,

“Ingat, Bitcoin bergerak secara mandiri. Tapi tentu pemerintah akan membimbing adopsinya agar semua pihak di negara ini mendapatkan keuntungan terbesar dari Bitcoin.”

Presiden Bukele tetap tegas untuk terus mengadopsi Bitcoin dan menyatakan bahwa pihak luar yang melarang tidak berarti karena adopsi ini adalah keputusan El Salvador.

Nampaknya adopsi ini akan cukup besar dan semua orang di dunia akan melihat pergerakan baru di dunia keuangan secara besar.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.