Berita Mining · 8 min read

Intel Luncurkan Prosesor Chip Khusus Penambang Bitcoin

Intel Luncurkan Prosesor Chip Khusus Penambang Bitcoin

Intel hari ini meluncurkan prosesor chip khusus penambang Bitcoin generasi kedua yang mereka sebut “Intel Blockscale ASIC”.

Chip ini memiliki hashrate 580 GH/s (gigahash per detik), namun hanya mengkonsumsi 26 J/TH (joule per terahash), yang membuatnya jauh lebih efisien.

Hashrate sendiri merupakan ukuran daya komputasi per detik yang digunakan saat menambang, sementara joule per terahash mengukur berapa banyak energi yang dikonsumsi untuk menghasilkan setiap terahash.

Keunggulan Chip Baru Buatan Intel

Prosesor chip buatan Intel hadir lebih ramah lingkungan untuk menanggulangi masalah ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) yang terus mengganggu industri.

Pendiri Ripple juga merasakan hal itu, oleh karenanya ia dan tim mulai mendukung kampanye mengakhiri penambangan Bitcoin sepenuhnya.

Ketakutan terkait energi bahkan memengaruhi pembuat kebijakan. Bulan lalu, Uni Eropa mengajukan larangan “de facto” pada penambangan Bitcoin sebagai bagian dari paket regulasi crypto.

“Untuk mendukung era komputasi baru ini, Intel memberikan solusi yang dapat menawarkan keseimbangan optimal antara throughput hashing dan efisiensi energi terlepas dari masalah lingkungan,” kata Wakil Presiden Balaji Kanigicherla dalam sebuah pers.

Chip baru itu dilaporkan akan memiliki kemampuan penginderaan suhu dan voltase on-chip.

Selain itu, karena sifat silikon yang digunakan, perusahaan mengklaim chip dapat dipasok dalam volume tanpa mengorbankan pasokan CPU dan GPU.

Menurut laporan Jack Dorsey selaku CEO Block, tahun lalu produksi dan pasokan silikon terlalu terkonsentrasi dan dibatasi, sebelum Intel mengambil alih prosesor.

Sementara itu, perusahaan Block dijadwalkan menjadi salah satu pelanggan pertama chip terbaru ini yang dijadwalkan pada kuartal ketiga tahun ini.

Baca Juga: CEO Konfirmasi Sistem Penambangan di Block, Hashrate Bitcoin Tembus ATH!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.