Uni Eropa Akan Melacak Transaksi Crypto?!

Rossetti Syarief

2nd April, 2022

Pada hari Kamis (31/03), anggota parlemen Uni Eropa mengumumkan jika mereka mendukung aturan perlindungan baru untuk melacak transfer Bitcoin dan aset crypto serupa. 

Hal ini dengan jelas menandakan bahwa regulator UE akan memperketat peraturan aset digital di Eropa.

Uni Eropa Akan Melacak Transaksi Crypto

Sektor crypto senilai $2,1 triliun (Rp30 kuadriliun) saat ini masih tunduk pada regulasi yang tidak merata di seluruh dunia.

Di bawah undang-undang yang pertama kali diusulkan tahun lalu oleh Eksekutif Komisi Eropa UE, perusahaan crypto seperti bursa harus mendapatkan, menahan, dan mengirimkan informasi tentang mereka yang terlibat dalam transfer.

“Regulasi itu akan memudahkan identifikasi dan pelaporan transaksi mencurigakan, pembekuan aset digital, dan pencegahan transaksi berisiko tinggi,” kata Ernest Urtasun, salah seorang anggota parlemen.

Saat ini, tidak ada persyaratan UE untuk melacak transfer aset crypto dan Komisi telah mengusulkan penerapan aturan baru untuk transfer senilai 1.000 euro (IDR 16 juta) atau lebih.

Namun pada hari pengumuman (Kamis lalu), anggota parlemen memilih untuk menghapus ambang ‘de minimis’, yang berarti semua transfer akan jatuh dalam ruang lingkup aturan terbaru.

Dengan aturan baru tersebut, perusahaan crypto harus mengumpulkan dan berbagi data tentang transaksi mereka.

Komite legislatif juga mendukung pengiriman transfer dari crypto wallet ‘tidak dihosting’ yang dipegang oleh individu, bukan bursa, di bawah aturan keterlacakan.

Chief Legal Officer Coinbase, Paul Grewal, mengatakan dalam sebuah blog yang diunggah pada 28 Maret bahwa uang tunai tradisional, bukan crypto, sejauh ini merupakan cara paling populer untuk menyembunyikan kejahatan keuangan.

Negara-negara Uni Eropa memiliki pendapat yang sama dengan parlemen mengenai rancangan undang-undang tersebut, dan perwakilan dari kedua belah pihak sekarang akan bertemu untuk menyepakati versi final dari RUU tersebut

Negara-negara telah sepakat di antara mereka sendiri bahwa tidak boleh ada de minimis.

Baca Juga: Regulasi Crypto Eropa Ditetapkan, Bitcoin Tidak Dilarang

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.