Australia Siapkan Langkah Besar untuk Regulasi Crypto

Rossetti Syarief

21st March, 2022

Bergabung dengan negara pendukung crypto, Pemerintah Australia mengumumkan perencanaannya untuk merombak secara signifikan reformasi sistem pembayaran negara setempat, yang tentunya akan mengambil langkah serius untuk mata uang digital.

Menurut laporan media setempat, regulasi crypto yang nantinya akan dimuat di negara kangguru tersebut terutama akan berfokus pada pajak crypto, perlindungan investor, dan regulasi bank serta bursanya.

Menurut Menteri Jasa Keuangan Jane Hume, pemerintah bertujuan untuk memastikan bahwa semua pemain cryptocurrency beroperasi dalam ekosistem regulasi di tengah peningkatan adopsi berbagai aset.

“Pemerintah tidak dapat menjamin crypto-nya lebih dari yang dapat menjamin lukisan atau saham di sebuah perusahaan, dan seharusnya juga tidak. Tetapi kami dapat memastikan bahwa bursa, kustodian, dan pialang Australia beroperasi dalam kerangka peraturan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih terjamin,” katanya.

Australia Siapkan Langkah Besar untuk Regulasi Crypto

Niat Australia untuk mengatur crypto muncul sejak 2021 silam, setelah Bendahara Josh Frydenberg mengisyaratkan bahwa negara tersebut memiliki rencana untuk mengumumkan undang-undang baru.

Sesuai dengan yang direncanakan, pemerintah akan mengungkap tiga dokumen penting yang berupaya mereformasi sektor pembayaran. 

Dokumen tersebut bertujuan untuk mengumpulkan pendapatan dari pemain penting tentang lisensi aset digital dalam hubungannya dengan hak asuh.

Secara khusus, Departemen Keuangan merekomendasikan regulasi yang “memaksa bursa crypto untuk menjaga aset investor Australia tetap membumi.

Pernyataan yang dimuat dalam dokumen juga akan mengungkapkan hasil dua investigasi di sektor crypto yang akan memuat kerangka acuan. Sementara itu, investigasi awal tengah dilakukan oleh badan persaingan dan keuangan Australia.

Membahas tentang pajak, Dewan Perpajakan (BoT) diharapkan untuk memberikan laporan komprehensif kepada pemerintah mengenai kerangka kebijakan yang tepat untuk cryptocurrency. Pemerintah ingin BoT meminimalkan beban pajak sambil menawarkan rekomendasi untuk sektor crypto.

Anggota parlemen pun mengatakan akan mendukung dan berada di garis depan dalam mendorong regulasi crypto yang dipimpin oleh Senator Andrew Bragg. 

Selain reformasi, Departemen Keuangan sedang merancang lisensi pasar crypto sehubungan dengan persyaratan penjagaan lokal. Temuan ini diharapkan akan dipublikasikan pada awal Mei.

Terlebih, kurangnya kejelasan dalam peraturan crypto di Australia, negara tersebut telah mendapatkan reputasi sebagai yurisdiksi ramah mata uang digital yang merupakan rumah bagi beberapa bisnis terkait.

Baca Juga: Regulasi Crypto Eropa Ditetapkan, Bitcoin Tidak Dilarang

Laporan tersebut juga mendesak pemerintah Australia untuk melakukan tinjauan kebijakan atas kelayakan ritel Central Bank Digital Currency (CBDC) di Australia.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.