Berita Bitcoin · 8 min read

Harga BTC Anjlok, Rp4,8 Triliun Terlikuidasi dalam Sehari!

Rp4,8 Triliun Aset Dilikuidasi

Harga Bitcoin yang anjlok di bawah US$20.000 telah menyebabkan likuidasi besar-besaran. Data Coinglass (10/3) menunjukkan, total aset yang dilikuidasi bernilai US$308,55 juta atau senilai Rp4,8 triliun dalam 24 jam terakhir.

Daftar aset dengan total likuidasi. Sumber: Coinglass

Besarnya likuidasi ini menunjukkan bahwa mayoritas trader dengan posisi LONG salah memprediksi pergerakan harga BTC dan kripto yang kini tengah diselimuti sejumlah sentimen negatif.

Baca Juga: Pasar Kripto Merah, Rp3,8 Triliun Terlikuidasi dalam 24 Jam!

Kapitalisasi Pasar Kripto Turun

Dalam sepekan terakhir, pasar kripto dilaporkan berada di zona merah. Menurut data Coinmarketcap siang (10/3), kapitalisasi pasar kripto sebesar turun sebesar 6,48% dalam 24 jam terakhir menjadi US$930 miliar, angka ini lebih rendah dibandingkan minggu lalu sebesar US$1,06 triliun (3/3).

Top kripto Bitcoin (BTC) diperdagangkan pada harga US$19.952, mencatat penurunan 7,91% dalam 24 jam terakhir. Selanjutnya, Ethereum (ETH) diperdagangkan pada harga US$1.411, mencatat penurunan 8,23% dalam sehari.

Baca Juga: Harga Bitcoin Melemah ke Level US$19.000! Ini Pemicunya

Adapun, token utilitas Binance Coin (BNB) diperdagangkan pada harga US$273, mencatat penurunan 5,56%. Kemudian, harga Cardano (ADA) US$0,3, masih mencatat penurunan sebesar 3,58%.

Baca Juga: Data Tunjukkan 80% Investor Koin ADA Alami Kerugian

Peristiwa yang Mempengaruhi Kripto

Pasar kripto menghadapi sentimen negatif pekan ini. Pada Rabu (8/3), Silvergate Bank mengumumkan akan menutup operasional dan melikuidasi asetnya.

Baca Juga: Bank Ramah Kripto Silvergate akan Tutup dan Likuidasi Aset

Peristiwa yang perlu diperhatikan para investor maupun trader selanjutnya adalah kebijakan suku bunga Amerika Serikat yang akan dipublikasikan di sidang FOMC pada 21-22 Maret 2023.

Saat ini suku bunga AS berada di angka 4,75%, The Fed sebelumnya menginformasikan bahwa tetap menjaga suku bunga berada di bawah 5,00%, maka dari itu masih ada peluang suku bunga akan naik 0,25%. 

Baca Juga: Otoritas AS Pindahkan Bitcoin Sitaan Senilai Rp15 Triliun dari Pasar Gelap Silk Road!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.