Aset Kripto · 7 min read

Pasar Kripto Merah, Rp3,8 Triliun Terlikuidasi dalam 24 Jam!

Pasar kripto likuidasi triliunan rupiah

Pasar kripto kompak merah alias menurun dengan pangsa pasar yang turun sebesar US$48 miliar atau Rp735 triliun dalam 24 jam terakhir.

Kapitalisasi pasar kripto pukul 09.00 WIB sempat berada di angka US$1,06 triliun, sebelumnya (2/3) kapitalisasi pasar berada di angka US$1,119 triliun.

Kapitalisasi pasar kripto yang anjlok dalam 24 jam. Sumber: Coingecko.

Top kripto seperti BTC mengalami penurunan -4,9% dari US$23.500 ke US$22.350, ETH turun -4,9% dari US$1.650 ke US$1.570, dan BNB turun -3,2% dari US$300 ke US$290.

Akibat koreksi ini pasar perdagangan futures menunjukan tingkat likuidasi yang tinggi dengan US$250,55 juta atau Rp3,8 triliun posisi terlikuidasi dalam 24 jam terakhir.

Koreksi Harga Tak Terduga, Rp3,8 Triliun Terlikuidasi

Data dari Coinglass menunjukan terdapat US$250,55 juta atau sekitar Rp3,8 triliun posisi futures terlikuidasi.

likuidasi kripto
Total likuidasi dalam 24 jam terakhir. Sumber: Coinglass.

Dilihat dari data tersebut, terdapat 92,97% posisi terlikuidasi adalah posisi LONG yang berarti penurunan harga ini diluar harapan banyak trader.

Pasang perdagangan BTC menjadi posisi dengan likuidasi terbesar yakni US$87,52 juta, diikuti ETH diposisi kedua dengan likuidasi sebesar US$49,93 juta, dan DOGE diposisi ketiga dengan likuidasi sebesar US$4,78 juta.

Rumor Silvergate

Harga Bitcoin (BTC) telah turun 4,91% dari US$23.500 menjadi US$22.350 dalam 24 jam terakhir di tengah gelombang ketidakpastian mengenai Silvergate Capital, salah satu bank yang “ramah kripto” yang terlambat mengajukan laporan keuangan tahunan.

Sebagian komunitas kripto berspekulasi bahwa koreksi ini ada hubungannya dengan Silvergate.

Pertukaran kripto Coinbase melalui twitter resminya mengumumkan untuk menghentikan deposit dan withdraw dari dan menuju Silvergate.

Baca juga: Harga Bitcoin Turun dan Masalah Silvergate

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.