Berita Altcoins · 6 min read

Ada Proyek Besar di Dogecoin, Harga Doge Diprediksi Naik Empat Kali Lipat!

Dogecoin 2023

Dogecoin merupakan salah satu kripto lawas yang masih eksis hingga tahun 2022 ini dengan menempati peringkat delapan berdasarkan kapitalisasi pasar.

Dilansir melalui web Dogecoin Foundation, terdapat beberapa proyek yang akan digarap pada blockchain Dogecoin yang akan menjadikan Dogecoin sebagai sebuah ekosistem layaknya Layer-1 seperti Ethereum dan sejenisnya. Berikut adalah proyek Dogecoin dan prediksi harga jangka panjang.

doge
Gambar: Perbandingan Dogecoin saat ini dengan Dogecoin di masa depan pada situs Dogecoin Foundation

Baca juga: Shiba Inu Publikasi Roadmap, Target 2022 Naik 30.000%

Libdogecoin & Dogecoin Standard

Libdogecoin akan menjadi library lengkap dari protokol Dogecoin yang akan memungkinkan siapa saja untuk membangun produk yang kompatibel dengan Dogecoin.

Alasan pengembangan ini adalah utilitas melalui adopsi, dan adopsi datang melalui integrasi. Dogecoin hanya dapat diprogram dengan bahasa C, dengan dikembangkannya Libdogecoin maka memungkinkan developer untuk menggunakan bahasa pemrograman lain untuk membangun aplikasi di atas blockchain Dogecoin nantinya.

Dogecoin Standard menjadikan Dogecoin sebagai hal dasar yang digunakan untuk membangun segala aplikasi yang berjalan di atas Dogecoin sehingga aplikasi dapat berinteraksi antar aplikasi. Selain itu, terdapat pengembangan Dogecoin Improvement Proposal (DIP) sehingga komunitas dapat berpartisipasi dalam pengembangan Dogecoin.

Upgrade ini bisa dikatakan lebih ke sisi developer daripada ke end user tapi upgrade ini penting untuk menuju Dogecoin lebih digunakan oleh banyak orang.

Baca juga: Dogecoin Salip Cardano, Begini Tanggapan Charles Hoskinson!

GigaWallet

Sederhananya, GigaWallet nantinya akan kompatibel dengan semua aplikasi yang dibangun di atas blockchain Dogecoin dengan DOGE sebagai native koinnya. Jika dianalogikan, mirip seperti Metamask yang kompatibel dengan semua aplikasi Ethereum.

Proyek GigaWallet adalah proyek opensource yang memungkinkan developer untuk menambahkan transaksi Dogecoin ke platform mereka. GigaWallet bertujuan untuk menyediakan dua level API, yang pertama untuk memproses dan memvalidasi transaksi Dogecoin tradisional, dengan arsitektur modern yang siap terhubung dengan antrean pesan dan API web. Yang kedua adalah API untuk diintegrasikan dengan Aplikasi & SDK Dogecoin Keyring.

Proyek Radio Doge memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi Dogecoin hanya dengan gelombang radio melalui satelit Starlink sehingga transaksi dapat terjadi tanpa adanya koneksi internet.

Developer Dogecoin berhasil mengirimkan transaksi pertama tanpa koneksi internet pada April 2022 lalu dan Radio Doge dalam tahap pengembangan secara masif.

Prediksi Harga Dogecoin Jangka Panjang

Melihat Dogecoin tetap dalam tahap pengembangan dengan berbagai proyek yang dibangun, terlihat proyek dan harga Doge masih layak mendapat perhatian.

Analisa teknikal ini menggunakan Fibonacci retracement dengan menarik garis dari harga tertinggi pada Agustus 2021 lalu dan tepat mengenai tiga higher low. Indikator ini membentuk satu support Doge yakni di $0,040 yang juga merupakan harga pada Februari 2021 lalu. Jadi ada kemungkinan Doge akan menyentuh harga ini.

Gambar: Grafik harga DOGE dengan Fibonacci retracement dan prediksi
Gambar: Grafik harga DOGE dengan Fibonacci retracement dan prediksi

Indikator juga membentuk resistance berlapis mulai dari level $0,115, $0,160, $0,197, dan $0,287.

Analisa ini juga melihat pola pergerakan bearish market 2018 menuju 2019 dimana Doge mengalami kenaikan 112%. Jika mengikuti pola ini, maka level resistance maksimal yang dapat dicapai pada 2023 adalah $0,160 melihat harga DOGE per 27 Desember 2022 diperdagangkan di harga $0,075, kenaikan 113% ke level tersebut.

Namun, hal ini harus dikonfirmasi oleh pergerakan harga Bitcoin. Jika Bitcoin dapat menyentuh level $32.000 pada kuartal kedua 2023 atau kenaikan 95% dari harga sekarang, maka ada kemungkinan altcoin, termasuk Doge untuk mengalami kenaikan lebih dari persentase tersebut.

Jadi, ada kemungkinan Doge menyentuh resistance lebih dari level $0,160 yakni $0,197 dengan potensi kenaikan 1,6 kali lipat dan $0,287 dengan potensi kenaikan hampir empat kali lipat dari harga sekarang.

Baca juga: Prediksi Harga Dogecoin untuk 2022 dan 2030


Perlu dicatat bahwa berbagai proyek di Doge belum memiliki waktu pasti kapan diluncurkan. Dilihat dari tahap pengembangan seperti Radio Doge yang sudah diuji coba, maka besar kemungkinan proyek ini akan dieksekusi paling cepat mulai tahun depan.

Disclaimer: Artikel ini hanya sebagai bahan pertimbangan dan bukan saran investasi. Selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan keputusan dalam berinvestasi.

Baca juga: Harga Bitcoin 2023 Bakal Sentuh $32.000, Ini Analisanya!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.