Berita Altcoins · 8 min read

7 Altcoin yang Berpotensi Meroket di 2023

tujuh altcoin berpotensi di 2023

Tahun 2022 jadi waktu yang berat bagi banyak aset kripto, banyak harga aset kripto anjlok besar-besaran. Walau 2022 merupakan tahun yang berat, namun masih ada prospek yang cukup menarik untuk diperhatikan di kripto 2023, di antaranya adalah altcoin yang memiliki potensi meroket tahun depan. Berikut ini tujuh altcoin dengan kapitalisasi rendah yang dianggap paling potensial untuk tahun 2023.

Optimism (OP)

Optimism merupakan layer-2 dari blockchain Ethereum berbasis Ethereum Virtual Machine (EVM), yang dapat berinteraksi dengan blockchain Ethereum untuk memungkinkan pengguna menjalankan dApps yang mendukung jaringan Optimisme di Ethereum.

Jika dilihat Total Lock Value (TVL), Optimism berada di urutan ke-7 di antara semua blockchain dan peringkat ke-3 dari semua layar-2 dibawah Polygon dan Arbitrum dengan total TVL sebesar $521 juta pada Rabu (28/12), menurut data DeFiLlama.

Pada awal rilis token, Optimism memberikan airdrop token OP kepada pengguna awal dan pengguna aktif dengan total airdrop per orang dalam rentang $1.000 – $50.000 dan menjadi salah satu airdrop tersukses pada tahun 2022.

Ini merupakan airdrop pertama Optimism, melansir dari dokumen Optimism, ada 14% token OP dari total supply yang kemungkinan besar akan di airdrop-kan di masa mendatang

Sementara, pada saat penulisan Optimism diperdagangkan pada $0,9142  dari level tertingginya di  $2,30, yang berarti potensi kenaikan sebesar 130% dari harga saat ini, jika kembali ke harga tertinggi. Optimism memiliki valuasi sebesar $211 juta dan menduduki peringkat 108.

Ethereum Name Service (ENS)

Selanjutnya, Ethereum Name Service (ENS) memungkinkan pengguna untuk mengakses alamat wallet Ethereum dengan bentuk alamat yang lebih mudah untuk diingat. ENS diibaratkan sebagai domain dengan extensi .eth. 

Jadi, daripada mengirimkan token ERC-20 ke alamat Ethereum dengan format “0x”, dengan ENS pengguna dapat mengirimkan token ERC-20 ke alamat “nama.eth”. Sistem kepemilikan domain ENS adalah menyewa sama seperti menyewa domain.

Domain ENS berbentuk Non Fungible Token (NFT) yang juga dapat dijual ketika ada yang menginginkan nama domain yang telah dibuat.

Sementara, tokennya (ENS) berfungsi sebagai governance atau tata kelola dari ENS DAO yang memungkinkan pemegang token untuk turut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kebijakan pada protokol ENS.

Proyek ENS layak untuk diperhatikan karena pada implementasi web3 yang kemungkinan akan booming di tahun depan, penggunaan protokol terdesentralisasi akan semakin lazim dan ENS akan mempermudah pengguna dalam bertransaksi dalam dApps.

Sejauh ini, sudah terdapat 590.000 pemegang domain ENS berbeda dengan 2,5 juta lebih nama domain tercipta semenjak pengguna mendapatkan airdrop token ENS pada November 2021 lalu.

Pada saat penulisan, harga ENS di level $10,98 dari harga tertinggi $85 dengan potensi kenaikan +541% jika kembali ke harga tertinggi. ENS memiliki valuasi $219 juta dan menduduki peringkat 104.

dYdX (DYDX)

dYdX merupakan protokol pada blockchain Ethereum yang penggunanya dapat melakukan trading perpetual futures pada aplikasi yang terdesentralisasi. Token DYDX difungsikan sebagai token tata kelola pada protokol dYdX.

Proyek dYdX banyak mendapatkan dukungan dari investor terkemuka seperti: Andressen Horowitz, Paradigm Capital, Dragonfly Capital, dan Polychain.

Kemudian, pada upgrade selanjutnya yang telah diumumkan pada Juni 2022, dYdX akan menjalani upgrade v4 dan membangun blockchain independen berbasis Cosmos SDK dengan harapan untuk performa yang lebih baik serta lebih terdesentralisasi.

Pada saat penulisan, harga dYdX diperdagangkan pada harga $1,09, dari level tertingginya senilai $29,42 dengan potensi kenaikan +1.641% jika kembali ke harga tertinggi. Sementara, valuasi DYDX adalah sebesar $69 juta dan menempati peringkat 246.

Baca juga: Cara Menggunakan Bursa dYdX untuk Jual Beli Crypto

Dao Maker (DAO)

Dao Maker merupakan sebuah protokol yang membantu proyek kripto dalam peluncuran token dan mendistribusikan token kepada pengguna awal secara terdesentralisasi. Maksudnya adalah, mekanisme launchpad proyek kripto pada CEX seperti Binance yang memberikan alokasi token proyek launchpad pada pemegang BNB.

Dao Maker melakukan hal yang serupa hanya saja peserta hanya perlu ke dApps Dao Maker dan melakukan staking token DAO, native token dari Dao Maker untuk dapat berpartisipasi. Dengan demikian, pengguna bisa berasal dari mana saja dan tidak terbatasi oleh KYC pada CEX.

Utilitas token DAO juga memberikan keuntungan bagi pengguna yang dapat mengakses launchpad dengan alokasi yang lebih banyak, mendapatkan imbal hasil dari staking, dan dapat berpartisipasi dalam tata kelola protokol Dao Maker.

Dao Maker menjadi altcoin yang berpotensial karena ketika bull run kembali, akan banyak proyek kripto baru bermunculan dan kemungkinan akan memperkenalkan tokennya melalui protokol yang simpel seperti Dao Maker.

Pada saat penulisan, DAO diperdagangkan senilai $0,87 dari level tertingginya di $8,90 dengan potensi kenaikan +923% jika kembali ke harga tertinggi. Sementara, valuasi DAO sebesar $80 juta dan menempati peringkat 186.

Baca juga: Apa Itu MakerDAO? Panduan untuk Pemula

Oasis Protocol (ROSE)

Oasis fokus di Decentralized Finance dan Data Economy, memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas data yang mereka miliki. Karena kegunaannya ini, banyak yang memiiki pandangan bullish dengan Oasis.

Oasis memiliki beberapa kelebihan yaitu memproses transaksi lebih cepat, pinjaman privat, pinjaman dengan jaminan rendah dan AMM privat.

Teknologinya sendiri merupakan gabungan Polkadot dan Ethereum, jadi Oasis punya keunggulan di skalabilitas, kecepatan, dan biaya yang lebih rendah. Selain itu, Oasis juga punya layer 2 yang namanya ParaTime. Layer 2 ini memungkinkan transaksi diproses secara paralel jadi jumlah transaksi lebih banyak.

Oasis juga menjalankan kerja sama strategis sala satunya dengan Meta yang berfokus pada privasi. Oasis juga bermitra dengan Equifax untuk KYC terdesentralisasi. Ekosistem Oasis pun sudah pernah bekerja sama dengan BMW, Chainlink, Balancer, Pantera, dan lain-lain.

Pada saat penulisan, ROSE, token utilitas Oasis, diperdagangkan senilai adalah $0,034 dari harga tertingginya $0,598 dan potensi kenaikan +1.290% jika kembali ke harga tertinggi. Sementara, valuasi ROSE adalah sebesar $197 juta dan menempati peringkat 113.

Decentraland (MANA)

Decentraland (MANA) merupakan platform realitas virtual di jaringan Ethereum. Salah satunya konsep besarnya yaitu dunia maya (metaverse). Decentraland (MANA) memungkinkan pengguna menjelajahi Metaverse, membeli tanah virtual, dan mengadakan event. 

Ada begitu banyak hal yang dapat dibeli oleh pengguna dan pengunjung Decentraland (MANA) melalui pasar di dalam situs, seperti pakaian digital, properti, dan nama kustom.

Sebagian besar transaksi ini terjadi dengan mata uang asli Decentraland (MANA). Karena sekarang ini, aktivitas Metaverse dan dunia 3D semakin populer dan didukung penuh, maka kemungkinan harga MANA dapat naik. 

Pada saat penulisan, harga MANA diperdagangkan di $0,3081 turun -94,8% dari level tertingginya  $5,90 dan potensi kenaikan +1.803% jika kembali ke harga tertinggi. Sementara, memiliki valuasi $571 juta dan menempati peringkat 58.

Baca juga: Apa itu Decentraland? Panduan untuk Pemula

Fetch.ai (FET)

Fetch.ai adalah blockchain berbasis AI yang membantu pengguna menciptakan ekonomi digital terdesentralisasi dalam satu buku besar. Fetch.ai memberikan kemampuan smart contract yang dapat menerapkan pembelajaran mesin atau solusi kecerdasan buatan, yang membantu dalam pemecahan masalah yang terdesentralisasi. 

Keunikan Fetch.ai dengan project kecerdasan buatannya, Fetch.ai mampu menyelesaikan masalah sehari-hari perusahaan yang menggunakan ML dan AI. Dengan bantuan kasus penggunaan, maka akan meningkatkan efisiensi melalui optimalisasi sistem yang ada. Dengan fungsinya tersebut, potensi FET bisa mengalami kenaikan.

Pada saat penulisan, harga FET diperdagangkan sebesar $0,095 dan turun -92,0% dari harga tertinggi $1,19, FET berpotensi naik +953% jika kembali ke harga tertinggi. Sementara, memiliki valuasi sebesar $77 juta dan menempati peringkat 188.

Baca Juga: Rekap Industri Kripto Indonesia 2022, dari NFT Sampai CBDC


Ingin tahu outlook Bitcoin dan kripto secara menyeluruh di 2023? Daftarkan diri kamu di Crypto Investor Outlook 2023 sekarang!


Disclaimer: Artikel ini hanya informasi dan bukan saran untuk investasi, selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan dalam berinvestasi.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.